Ilustrasi kopi (Sumber gambar: Allwaysfind/Unsplash.com)

4 Tips Sederhana Membuat Kopi di Rumah ala Barista Profesional

06 September 2022   |   18:04 WIB

Genhype, tahukah kamu jika kopi memiliki taste yang berbeda-beda? Tenyata, ada banyak faktor yang menyebabkan taste kopi yang berbeda, mulai dari dataran kebun kopi, perubahan iklim, hingga perawatan tanaman kopi. Hal ini akan membuat ragam varietas kopi yang berbeda-beda.

Tak ada kopi yang paling enak atau tidak enak, barista dan Roastery Manager Common Grounds, Yessylia Violin menyebut selera akan konsumsi kopi bergantung pada karakter dan preferensi masing-masing penikmat kopi.

Beberapa orang menyukai kopi yang lebih asam, bold, atau light, sehingga dalam pembuatan kopinya, masing-masing orang dapat membuat kopi sesuai dengan keinginannya.

Baca juga: Sama-sama Mengandung Kopi, Ini Bedanya Latte dan Cappuccino

Kebanyakan kopi yang laku keras di cafe-cafe Indonesia adalah kopi yang cenderung memiliki taste tebal. Yessylia menyebut mayoritas cafe di Indonesia menekankan taste fatty, chocolate, dan spicies sesuai dengan selera mayoritas penikmat kopi di Indonesia.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika beberapa penikmat kopi cenderung menyukai taste kopi yang floral dan fruity. Sayangnya, kopi dengan taste floral dan fruity masih jarang ditemukan, sehingga beberapa penikmat kopi memilih untuk membuat bubuk kopi sendiri di rumah.

Tidak harus selalu membeli kopi di cafe, kamu bisa bereksperimen sendiri membuat kopi dengan campuran biji kopi yang berbeda-beda. Dengan mengekspolari biji kopi yang bermacam-macam, kamu bisa menentukan bagaimana selera kopi andalan kamu untuk dikonsumsi sehari-hari.

Kali ini Hypeabis.id merangkum tips sederhana cara membuat kopi di rumah dari Yessylia. Yuk simak Genhype!
 

1. Pakai alat yang sama

Untuk menghadirkan rasa yang sama sesuai dengan selera kopi yang sudah kamu ekspolrasi, usahakan gunakan alat yang sama untuk pembuatan kopi selanjutnya. Dengan alat yang sama, secara tidak lagsung kamu mengetahui ukuran terbaik dari masing-masing komponen kopi yang akan dibuat. Misalnya, gunakan takaran sendok yang sama untuk menyendok dan mengaduk bubuk kopi.


2. Pastikan gramasi sudah pas

Banyak penikmat kopi yang mengeluhkan rasa yang berbeda dengan jenis kopi yang sama setiap harinya. Hal ini terjadi karena konsistensi gramasi kopi yang berbeda. Yessylia menyebut akan sangat baik jika kamu memiliki timbangan digital, sehingga kamu bisa mengukur tiap komponen kopi dengan pas sesuai takaran. Biasanya gramasi yang tidak sama ini terjadi karena kamu menggunakan alat yang berbeda setiap harinya. Jadi ingat ya Genhype, gunakan sendok dan gelas yang sama untuk membuat kopi kamu di rumah.


3. Pastikan air mendidih hingga 100 derajat celcius

Salah satu faktor yang membuat rasa kopi berbeda adalah penggunaan air panas. Menurut Yessylia, kamu harus memastikan jika air panas yang digunakan untuk membuat kopi adalah air mendidih dengan suhu 100 derajat. Hal ini akan membuat taste hingga aroma kopi lebih menonjol, sehingga akan lebih fresh untuk dinikmati.


4. Gunakan air mineral yang sama

Genhype mungkin setuju jika air mineral memiliki rasa yang berbeda-beda. Ternyata air mineral menjadi faktor penting loh dalam membuat kopi! Usahakan kamu menggunakan air mineral yang sama setiap harinya untuk direbus dan dihidangkan bersama kopi agar cita rasanya tidak hilang. Jika kamu menggunakan air mineral yang sama setiap harinya, kamu tidak akan kehilangan rasa favorit kopi yang pernah kamu buat.

Nah Genhype, itulah beberapa tips cara membuat kopi di rumah yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba ya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Mau Jadi Produser Film? Gabung aja ke Program Producer's Lab

BERIKUTNYA

Stres Pekerjaan Bikin Burnout? Ini 5 Cara Jitu Mengatasinya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: