Pulau Siladen adalah salah satu destinasi wisata di Manado (Sumber gambar: Unsplash/ Crispin Jones)

Ini Wisata Alam Manado yang Wajib Dikunjungi

05 December 2022   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki beragam kekayaan alam yang akan memanjakan para wisatawan dari mana pun ketika datang. Salah satu dari banyak daerah di Indonesia yang memiliki destinasi wisata alam menawan adalah Manado.

Manado yang merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Utara sering disebut sebagai Menado. Kota yang terletak di Teluk Manado ini terdiri atas wilayah daratan dan perairan. Luas wilayah daratan Manado mencapai 15.726 hektare.

Tidak hanya itu, kota ini juga memiliki garis pantai mencapai 18,7 kilometer. Kemudian, perbukitan dan barisan pegunungan mengelilingi kota. Sementara wilayah perairan kota Manado meliputi Pulau Bunaken, Siladen, dan Manado Tua.

Dengan kondisi wialyah daratan dan perairan tersebut, berikut destinasi wisata Kota Manado yang wajib masuk dalam daftar kalian dilansir dari laman Pemerintah Kota Manado dan sumber lainnya.
 

Air Terjun Kima Atas

Air ini adalah salah satu dari banyak destinasi wisata di Manado yang tidak boleh kalian lewatkan. Terletak di sisi timur kota Manado, kalian dapat menikmati kesegaran air yang jatuh dari ketinggian 8 meter ketika mengunjungi tempat ini.

Tidak hanya itu, di bawah air terjun terdapat seperti tampungan air yang membentuk kolam, dan para wisatawan dapat menikmati air dengan berenang. Jarak dari pusat kota Manado ke tempat wisata ini sekitar 18 kilometer.
 

Gunung Tumpa

Destinasi wisata alam lainnya yang terdapat di tempat ini adalah Gunung Tumpa. Dengan ketinggian sekitar 600 meter, kalian dapat menikmati daratan kota Manado secara keseluruhan dan keindahan alam di sekitarnya.

Tidak hanya itu, kalian juga dapat menikmati langsung Gunung Lokon, Gunung Klabat, dan Pulau Gunung Manado Tua dari atas Gunung yang berada di sisi utara Kota Manado tersebut. Di Gunung Tumpa juga kalian akan menemukan tumbuhan dan hewan-hewan menakjubkan.


Taman Laut Nasional Bunaken

Tempat pertama yang tidak boleh kalian lewatkan ketika berkunjung ke Manado adalah Taman Laut Nasional Bunaken. Selain dapat menikmat birunya air laut, kalian juga dapat menikmati keindahan bawah laut di tempat ini.

Terumbu karang dan beragam ikan dapat kalian temukan ketika menyelam di tempat ini. Lebih dari 300 spesies karang dengan pesonanya terdapat di Taman Laut Nasional Bunaken.


Pantai Malalayang

Destinasi wisata lainnya yang terdapat di Manado adalah Pantai Malalayang yang terletak di sebelah utara. Pantai yang berbatasan dengan Desa Kalasey, Kabupaten Minahasa itu hanya berjarak sekitar 7 kiloemter dari pusat kota dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit.

Di tempat ini, para pelancong dapat menikmati pemandangan teluk Manado. Tidak hanya itu, Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, dan Pulau Sidan juga dapat dinikmati oleh para pelancong dari tempat ini saat cuaca cerah.


Pulau Siladen

Destinasi wisata lainnya yang tidak boleh kalian lewatkan ketika ke Manado adalah Pulau Siladen. Pulau ini memiliki morfologi daratan yang rata dan bentuk pulau yang bundar. Berjarak sekitar 18 kilometer dari Pelabuhan Manado, destinasi yang satu ini dapat ditempuh hanya sekitar satu jam.

Di tempat ini, kalian dapat menikmati titik-titik taman laut yang indah dan memesona dengan diving, snorkeling, dan berenang guna menikmati biota laut yang ada di pulau ini.

Editor: Dika Irawan 
 

SEBELUMNYA

5 Waktu yang Tepat Minum Air Putih, Bisa Cegah Depresi & Turunkan Hipertensi

BERIKUTNYA

Reborn Rich Pecahkan Rekor Extraordinary Attorney Woo, Jadi Drakor dengan Rating Tertinggi 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: