Will Smith (Sumber gambar: Will Smith Official Instagram)

Pertama Kali Sejak Insiden Oscar, Will Smith Tampil di Panggung Penghargaan AAFCA

03 March 2023   |   11:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Will Smith akhirnya menghadiri ajang penghargaan untuk pertama kalinya sejak insiden penghargaan Oscar 2022. Smith datang ke American Film Critics Association Awards (AAFCA) untuk menerima Beacon Award pada Rabu, (1/3/23) waktu setempat.

Pidato di AAFCA menandai speech tatap muka Will Smith perdana di sebuah acara penghargaan sejak dia menampar Chris Rock di atas panggung Academy Awards 2022. Smith bersanding dengan sutradara Antoine Fuqua untuk kemenangan film Emancipation.

Dalam pidatonya, Will Smith menceritakan perannya sebagai Peter, seorang budak yang berjuang mewujudkan kebebasannya sebagai manusia merdeka. Emancipation mengambil latar Louisiana pada 1860an, pasca Presiden Abraham Lincoln mendeklarasikan perbudakan di AS. 

"Emancipation adalah film individu tersulit yang pernah ada di sepanjang karier saya. Sangat sulit untuk memindahkan pemikiran modern ke periode waktu dan tingkat ketidakmanusiawian itu," kata Will Smith dikutip dari The Hollywood Reporter, Jumat, (3/3/23).

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang SAG Awards 2023, Film Everything Everywhere All at Once Mendominasi
 

Dia juga mengenang momen pengambilan gambar saat diludahi lawan mainnya yang berkulit putih untuk film tersebut. Meski menjadi bagian film tapi adegan itu sempat membuatnya emosi, dan mengkonfrontasi lawan mainnya. Bahkan dia sempat ingin mengadu ke sutradara.

Namun, keinginan tersebut diurungkan Smith karena dia ingin mendalami karakter seorang budak kulit hitam di era perbudakan AS. Hal inilah yang tidak bisa dia bayangkan seandainya dirinya hidup di era tersebut ketika manusia tidak menghargai antar sesamanya.

"Saya hanya bertahan saat itu, dan hal tersebut membuat saya berlinang air mata. Sekarang, ada bagian dari diri saya yang bersyukur karena saya benar-benar mengerti saat adegan tersebut dihilangkan. Saya tahu bahwa Tuhan itu nyata," papar Will Smith.

Kembalinya Will Smith ke ajang AAFCA menandai momen pertama kalinya aktor berusia 54 tahun itu muncul ke publik usai insiden di Oscar 2022. Ketika itu, dia menampar komedian Chris Rock ketika mempersembahkan kategori untuk film dokumenter di Academy Awards ke-94 di Los Angeles.

Sebelum membacakan pemenang kategori itu, Chris Rock membuat lelucon tentang Jada Pinkett Smith, istri Will Smith, yang mencukur rambutnya sampai habis karena mengalami alopecia. Rock juga membandingkan penampilan Pinkett Smith dengan Demi Moore di film GI Jane (1997). Dia mengatakan tidak sabar untuk melihat Pinkett Smith, yang menderita penyakit tersebut untuk membintangi GI Jane 2.

Will Smith kemudian naik ke panggung dan langsung menampar wajah Chris Rock. Rock pun terlihat tak menyangka ketika dia menerima tamparan tersebut karena Smith sempat tertawa terhadap leluconnya. Kejadian itu sempat menuai kontroversi dan menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Imbasnya, Will Smith akhirnya memutuskan mundur dari keanggotaan The Academy kurang dari sepekan setelah Piala Oscar digelar. Dia juga menegaskan bahwa siap menerima segala konsekuensi apa pun yang dianggap pantas diterimanya dari pihak The Academy.

Baca juga: Cek Juara 9th Anime Trending Awards 2023, Bocchi The Rock! Mendominasi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Jadwal MPL ID Season 11 Hari Ini, 3 Maret 2023

BERIKUTNYA

Pendiri HYBE Bang Si-hyuk Muncul Jawab Polemik Akuisisi Saham SM Entertainment, Bantah Hal Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: