Will Smith berperan sebagai Richard Williams, ayah dan pelatih petenis Venus dan Serena Williams. (Dok. Warner Bros.)

Penuh Kesan, Ini 20 Lagu Ikonik dalam Film King Richard

22 November 2021   |   21:07 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Selain penampilan akting Will Smith yang sudah tidak perlu diragukan lagi, faktor yang membuat film King Richard begitu dinanti adalah soundtrack dan lagu-lagunya. Ada begitu banyak lagu ikonik, yang terbentang dari berbagai genre dan zaman.

Disutradarai oleh Reinaldo Marcus Green, King Richard menceritakan kisah Richard Williams dan bagaimana dia membesarkan putrinya Serena (Demi Singleton) dan Venus (Saniyya Sidney), yang kemudian menjadi dua pemain tenis wanita terhebat di dunia.

Kisah dalam film ini berlatar belakang tahun 1990-an, dimulai dengan Richard yang berupaya menemukan pelatih tenis papan atas untuk Venus dan Serena yang rela melatih kedua putrinya secara gratis.

Mereka kemudian dipertemukan dengan Paul Cohen (Tony Goldwyn) yang setuju untuk melatih hanya Venus dan membimbingnya menjadi pemain tenis profesional.

Cohen berhasil menempatkan Venus di bawah radar untuk menjadi atlet nasional sebelum Richard bertemu dengan Rick Macci (Jon Bernthal) untuk membawa putrinya ke tingkat berikutnya. 

Meskipun Serena dan Venus adalah anggota keluarga Williams yang paling terkenal, King Richard memfokuskan ceritanya pada upaya Richard untuk mengubah putrinya menjadi bintang.

Dirilis di bioskop dan di HBO Max pada November 2021, King Richard adalah salah satu film dengan ulasan terbaik tahun ini dengan skor kritik 92 persen di Rotten Tomatoes.

Sementara sebagian besar ulasan berfokus pada penampilan Will Smith yang layak mendapatkan nominasi Oscar, satu aspek yang tidak boleh ketinggalan untuk diulas adalah soundtrack-nya.

(Baca juga: 4 Lagu Show Me The Money 10 Dominasi Tangga Lagu Domestik Korea Selatan)
 

King RIchard (Dok. Warner Bros.)

King RIchard (Dok. Warner Bros.)

Dilansir Screen Rant, berikut panduan lengkap lagu-lagu di film King Richard.

Get Me Back on Time, Engine Number 9 (PT. 1 & PT. 2) - Wilson Pickett
Lagu ini diputar di awal film ketika Richard Williams ditampilkan membawa Serena dan Venus untuk berlatih di lapangan tenis.

Bass - King Tee
Bass dimainkan selama sesi latihan awal Serena dan Venus, yang terdengar dari sebuah mobil saat mereka berlarian di dalam lapangan.

Appetite For Destruction - N.W.A
Penonton dapat mendengar Appetite For Destruction dimainkan dari sound system mobil setelah latihan selesai dan Richard keluar dari lapangan tenis.

The Greatest Love of All - Williams Bersaudara
Kedua kakak beradik ini menyanyikan sebagian lagu The Greatest Love of All saat mereka mempersiapkan makan malam. Lagu itu adalah pilihan Serena untuk dinyanyikan pada setiap acara keluarga.

I Wanna Dance With Somebody - Shannon Rubicam dan George Merill
Lagu I Wanna Dance With Somebody tidak diputar secara langsung, tetapi Venus dan Serena terdengar menyanyikannya di latar belakang sementara Richard dan Brandy berbicara tentang Serena dan masa depan Venus.

I Shall Be Released - Nina Simone
Lagu ini diputar saat Richard menyapa gadis-gadisnya selamat malam dan lagunya terus diputar saat dia tiba untuk bekerja sebagai penjaga keamanan shift malam.

Cissy Strut - The Meters
Cissy Strut adalah lagu yang digunakan Richard sebagai musik latar untuk video tenis Serena dan Venus yang dia tunjukkan kepada instruktur tenis Vic Braden.

The Love You Gave - Dolly Parton 
Lagu ini dapat didengar saat Richard mengantar Serena dan Venus untuk memberikan kunjungan kejutan ke pelatih tenis Paul Cohen.

Cruel Summer - Bananarama
Cruel Summer diputar saat Richard mengizinkan Venus berkompetisi di turnamen tenis junior.

Main Title/Cinderella- Cinderella Chorus
Lagu tema dari animasi klasik Disney Cinderella dapat didengar ketika Richard memutar filmnya untuk ditonton bersama keluarga.
 

King RIchard (Dok. Warner Bros.)

King RIchard (Dok. Warner Bros.)

California Dreamin - Bobby Womack
California Dreamin dapat didengar selama laporan berita di TV tentang petugas LAPD memukuli seorang pria kulit hitam tak bersenjata, dan berlanjut menjadi presentasi "Just Say No" oleh Nancy Reagan menjelang pertandingan tenis lainnya.

Kyrie - Mr. Mister
Lagu ini dapat didengar saat Venus dan Serena Williams duduk di tepi kolam renang sambil makan makanan ringan dengan pemain tenis muda lainnya.

Lunatic Fringe - Red Rider 
Sebagian dari lagu Lunatic Fringe dapat didengar sepanjang adegan pengantar Rick Macci saat dia melatih beberapa pemain tenis.

Born Killer - Scarface
Born Killer dapat didengar di film King Richard ketika Richard membawa Rick bersamanya untuk melihat seberapa bagus permainan tenis  Venus dan Serena.

The Gambler - Kenny Rogers 
Lagu terkenal Kenny Rogers ini diputar saat keluarga Williams melakukan perjalanan ke Florida agar Venus dan Serena dapat mulai berlatih dengan Rick.

Only the Young - Journey 
Only the Young diputar setelah keluarga Williams melintasi garis negara bagian Florida hingga saat mereka tiba di pusat pelatihan Rick.

Plush - Stone Temple Riots 
Lagu ini dapat didengar di latar belakang saat Venus dan Serena bertemu Jennifer Capriati, juga saat Richard memberi tahu Rick bahwa anak-anaknya tidak akan bermain di liga junior lagi.

Welcome to Paradise -  Green Day
Lagu Welcome to Paradise dimainkan saat Venus menyaksikan Anna Kournikova berlatih di lapangan dan memohon kepada Rick untuk meyakinkan ayahnya agar mengizinkannya bertanding di turnamen mendatang.

Perfect Combination - Stacy Lattisaw dan Johnny Gill
Lagu ini dapat didengar sebentar melalui radio mobil keluarga Williams saat mereka tiba di rumah dari perjalanan ke Disney World.

Be Alive - Beyoncé
Soundtrack original yang dinyanyikan Beyoncé ini dimainkan ]selama epilog film yang menyoroti karier Venus dan Serena, dan terus diputar hingga kredit film.
 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Disney Bocorkan Tampilan Hotel Star Wars yang Akan Dibuka pada 2022

BERIKUTNYA

Jika Masyarakat Abai Prokes, Kasus Covid-19 Diprediksi Melonjak hingga 430% pada Akhir Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: