Model memperagakan busana dalam pertunjukan bertema Nusantara Heritage saat berlangsungnya Indonesia Fashion Week (IFW) 2023. (Sumber foto: Bisnis)

Gemerlap Indonesia Fashion Week 2023 dalam Lensa

01 March 2023   |   13:44 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Ajang fesyen terbesar di Indonesia yakni Indonesia Fashion Week (IFW) hadir kembali setelah vakum 2 tahun akibat pandemi Covid-19. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ajang peragaan busana terbesar di Tanah Air ini mengusung fesyen dengan menggunakan wastra Nusantara yang kaya dan unik.

Indonesia Fashion Week 2023 kali ini mengusung tema Sagara Dari Timur dan dilangsungkan di Jakarta Convention Center (JCC), selama 22-26 Februari 2023 lalu. Salah satu yang menarik adalah fashion dengan tema sulam Karawo yang merupakan kesenian asli dari Gorontalo, Sulawesi Utara, di mana proses pembuatan kerajinan kain tradisional ini cukup rumit dan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

Namun tak hanya Karawo, desainer daerah lain juga dibebaskan membawa kreasi dari produk heritage masing-masing daerahnya untuk diperkenalkan di atas panggung IFW 2023. Seperti desainer senior, Lenny Hartono yang baru saja tampil di New York Fashion Week ini turut menghadirkan koleksi Songs of Archipelago pada session Nusantara Heritage.

Baca juga: Kekaguman Pengusaha Ciputra terhadap Karya Seniman Hendra Gunawan

Koleksi dari desainer yang memiliki brand Lenny Hartono Jewelry & Lifestyle ini memperlihatkan salah satu dari sekian banyak jenis kain tenun Indonesia, yaitu songket Bali. Songket ini didominasi dengan warna bold merah dan emas yang terlihat mewah, lalu dipadukan dengan kain berwarna kebumian.

Poppy Dharsono selaku Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) berharap para desainer harus dapat berkolaborasi dengan Dekranas dan pemerintah daerah, serta UKM industri kreatif di masing-masing daerah untuk mengekplorasi budaya setempat dan heritage-nya.

"Dua tahun kita telah kehilangan roda berputar dalam roda ekonomi industri kreatif karena pandemi, khususnya tekstil dan garmen. Tetapi insan fesyen tetap bergairah dan berkreasi. Sehingga ajang IFW ke-10 ini dilaksanakan dengan penuh semangat dan gelora," kata Poppy.

Kolaborasi antara berbagai pihak ini diharapkan mampu memberkuat dan meningkatkan usaha yang dapat memberikan kemandirian di bidang ekonomi kerakyatan. Terdapat sekitar 300 perancang busana, 20 slot pagelaran busana, dan 400 booth exhibitor talk show, trunk show, dan bazar kuliner yang ikut serta di IFW 2023.

Selain dibanjiri desainer muda, yang membedakan IFW kali ini dengan sebelumnya adalah tampilan yang lebih segar dan kekinian. Banyak desain fashion yang hadir mengikuti tren, tetap dengan identitas kebudayaan Indonesia yang menjadi konsep utama dari setiap penyelenggaraan IFW dari tahun ke tahun.

Hypeabis.id sebagai bagian dari grup media Bisnis Indonesia, memiliki dokumentasi foto yang lengkap dan autentik dalam kanal Kilas Foto dan Hypevirtual tentang perhelatan fesyen tahunan tersebut.

Yuk Intip momen-momen Indonesia Fashion Week lainnya di sini.
 

Tampilan Kilas Foto mengenai IFW 2023 di Hypeabis.id

Tampilan Kilas Foto mengenai IFW 2023 di Hypeabis.id


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hadirkan 128 Merek Lokal, Ajang Muslim Life Fair Terselenggara Bulan Ini

BERIKUTNYA

Tiga Playlist Pilihan Spotify Hadir di Tiga Bar Jakarta, Yuk Cek Lokasinya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: