Ilustrasi (dok. Freepik)

5 Tips Es Batu untuk Wajah Glowing Bebas Jerawat

26 June 2021   |   02:18 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype mau punya kulit bercahaya dan bebas jerawat di tengah cuaca yang terik? Tampaknya, enggak harus skin care mahal, cukup pakai es batu. Kok bisa?  Ya, karena manfaat es batu bukan hanya menyegarkan minuman, es batu juga bisa membantu mengobati kulit bermasalah.

Sebut saja mulai dari fleks kulit akibat terpapar sinar matahari, mengurangi jerawat, mengencangkan kulit, hingga mengurangi pori-pori kulit.

Es batu juga meminimalkan produksi minyak pada wajah, mengurangi kemungkinan kemerahan, mengobati jerawat dan komedo, dan menghilangkan lingkaran hitam.

Namun untuk hasil ekstra, kamu bisa lho berkreasi dengan menggunakan sejumlah bahan alami. Berikut resep es batu untuk perawatan wajah yang bisa kamu buat di rumah. 

1. Air beras
 

Ilustrasi (Dok Luba Ertel/Unsplash)

Ilustrasi (Dok Luba Ertel/Unsplash)


Air beras adalah bahan utama dalam produk perawatan kulit Jepang. Air ini mengandung antioksidan, pati, dan protein yang membantu dalam penyembuhan dan mencerahkan kulit.

Kamu bisa membuat es batu dari air beras. Bilas beras secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran, kemudian masukkan beras dan gandakan jumlah air yang disaring ke dalam mangkuk, biarkan tertutup selama 2-3 jam.

Bekukan air fermentasi tersebut lalu gunakan es di seluruh wajah kamu sampai mencair. Jangan mengusap wajah, biarkan udara mengering agar efeknya bertahan lebih lama.

2. Mentimun 
 

Ilustrasi (Dok Alena Darmel/Pexels)

Ilustrasi (Dok Alena Darmel/Pexels)


Mentimun secara alami menenangkan kulit, mengandung vitamin C, dan asam caffeic yang dapat mengurangi peradangan serta menghidrasi kulit.

Untuk membuatnya, haluskan mentimun, lalu tambahkan beberapa tetes perasan lemon dan 1 sendok teh madu. Tuangkan campuran ke dalam nampan es dan bekukan.

Gosokkan es batu dengan lembut ke seluruh wajah dan leher lalu bersihkan setelah 15 menit menggunakan air hangat.

3. Lidah buaya 
 

Ilustrasi (Dok Pisauikan/Unsplash)

Ilustrasi (Dok Pisauikan/Unsplash)


Lidah buaya dikenal kaya akan antioksidan dan mengandung sifat pendinginan yang dapat membantu mengurangi bintik hitam, melembabkan dan menghidrasi kulit, serta mengobati kulit yang terbakar sinar matahari.

Caranya, hancurkan 10-15 daun kemangi dan secangkir air hingga menjadi pasta. Kemudian, tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya alami dan campurkan dengan pasta kemangi.

Bekukan campuran ke dalam nampan es dan saat akan digunakan, gosok es dengan lembut dengan gerakan melingkar sampai meleleh.

4. Es susu
 

Ilustrasi (Dok Alexas Fotos/Pexels)

Ilustrasi (Dok Alexas Fotos/Pexels)


Susu memiliki banyak manfaat, terutama untuk kulit kamu. Susu bertindak sebagai toner dan pelembab kulit, menyembunyikan garis-garis halus dan kerutan, serta menyembuhkan bekas jerawat.

Cukup tuangkan secangkir susu ke dalam nampan es setelah tercampur rata. Gosokkan milk cube ini dengan lembut dan merata ke seluruh wajah dan leher, biarkan selama 30 menit. Cuci bersih dengan air dingin.

5. Es kayu manis dan Rosehip
 

Ilustrasi(Dok Mart Production/Pexels)

Ilustrasi(Dok Mart Production/Pexels)


Kayu manis membantu mengurangi garis-garis halus dengan mengencangkan kulit dan rosehip mengandung vitamin C dan E yang membantu mengurangi peradangan kulit dan mendorong pencerahan kulit.


 

Ilustrasi (Dok Katya/Pexels)

Ilustrasi (Dok Katya/Pexels)

Campurkan 1 batang kayu manis yang dipotong kecil-kecil dengan 2 sendok makan rosehip dalam 2 gelas air. Rebus air dan bahan-bahan hingga berubah warna menjadi coklat-oranye. Bekukan air, setelah dingin, lalu oleskan es batu ke wajah kamu ya.



Editor: Roni Yunianto


 

SEBELUMNYA

Perjalanan Tentara dan Anjingnya dalam Video Trailer Serial Televisi Turner & Hooch

BERIKUTNYA

Akar Kekuatan Keluarga dalam Video Trailer Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: