Michelle Yeoh menjadi wanita Asia pertama yang memenangkan kategori aktris terbaik di SAG Awards untuk filmEverything Everywhere All at Once. (Sumber foto: Screen Actors Guild Awards)

Michelle Yeoh Raih Penghargaan Aktris Terbaik di SAG Awards 2023

27 February 2023   |   19:43 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Aktris Michelle Yeoh menceta sejarah di Screen Actors Guild Awards sebagai wanita Asia pertama yang memenangkan penghargaan kategori aktris terbaik. Dengan penuh haru, bintang film Everywhere All at Once itu menerima penghargaannya menyusul nominasi Aktris Terbaik di Piala Oscars ke-95.

Nama aktris Michelle Yeoh kembali moncer di dunia internasional. Setelah meraih nominasi Aktris Terbaik di Piala Oscars ke-95, kini, aktris asal Asia itu kembali bersinar dalam ajang Screen Actors Guild Awards (SAG) 2023, yang digelar pada Minggu, (26/2/23) di Amerika Serikat. 

Pada perhelatan SAG ke-29 yang dihelat Minggu (26/2/23), Yeoh dinobatkan sebagai Outstanding Performance by a Female Actor lewat perannya dalam film Everything Everywhere All at Once. Yeoh adalah wanita Asia kedua yang dinominasikan untuk kategori tersebut, bersama dengan Ziyi Zhang untuk film Memoirs of Geisha.

Pada saat yang sama, lawan mainnya Ke Huy Quan membuat sejarah bersama dia menjadi pria Asia pertama yang memenangkan penghargaan akting film individu.

Baca juga: Profil Michelle Yeoh, Aktris Asia Tenggara Pertama Peraih Golden Globes 2023

"Saya berterima kasih untuk penghargaan ini. Piala ini bukan hanya untuk saya, tapi untuk semua gadis yang terlihat mirip seperti saya," kata Yeoh di atas panggung SAG Awards saat menerima penghargaannya.

Saat pengumuman berlangsung dan namanya dipanggil sebagai pemenang sebagai aktris terbaik, Michelle Yeoh pun sempat merasa emosional dan tampak beberapa kali menahan air mata. Namun, dia akhirnya bisa mengendalikan diri di atas podium serta menenangkan diri.

“SAG-AFTRA, untuk mendapatkan ini dari Anda yang memahami apa yang mesti dilakukan untuk mencapai titik ini. Kalian semua tahu perjalanannya, perjuangannya, naik turunnya. Namun, yang terpenting kita tidak pernah menyerah," kata artis asal Malaysia itu.
 
 


Yeoh juga menjadi wanita Asia kedua yang memenangkan penghargaan untuk kategori film mengikuti jejak Youn Yuh-jung. Adapun, Yuh-jung sebelumnya menang dalam nominasi Outstanding Performance by a Female Actor in a Supporting Role berkat perannya sebagai Soon-ja dalam film Minari (2020).

Selain Michelle Yeoh, Ke Huy Quan dan Stephanie Hsu yang juga dinominasikan sebagai aktris pendukung terbaik atau kategori pria dan wanita di ajang SAG Awards 2023. Quan berhasil meraih nominasi tersebut, tapi untuk Stephanie, kategori penghargaanya justru jatuh pada rekannya, Jamie Lee Curtis.

Meski populer di dunia film, karier Michelle Yeoh sebenarnya bermula dari ajang kontes kecantikan. Yaitu, Miss Malaysia yang berhasil menobatkannya sebagai pemenang serta mewakili negeri Jiran untuk Miss World 1983 di London. Namun, artis berdarah China ini akhirnya mulai merambah ke dunia lewat sinema bela diri yang populer pada 1985.

Michelle langsung meroketkan popularitasnya di dekade 1990-an, ketika namanya mulai dilirik untuk film-film barat seperti franchise James Bond, Tomorrow Never Dies (1997). Adapun, di film tersebut, dia memerankan Wai Lin, sosok wanita yang bekerja sebagai agen rahasia China yang hendak membongkar rencana CMGN.

Karier Michelle semakin naik daun pada 2000-an saat mwmainkan peran di film-film ternama seperti Guardians of the Galaxy Vol 2, Sang Chi and Legend of Ten Rings, hingga Avatar 2. Adapun, penghargaan lainnya pernah diterima Michelle adalah lewat film Crazy Rich Asians untuk kategori Outstanding Achievement in Cinema di The Asian Awards 2019. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Bikin Pusing Pengabdi Cashless, Ini Penyebab Layanan MBanking BCA Eror

BERIKUTNYA

Simak Cerita Awal Mula Callista Aldenia, Desainer 16 Tahun yang Mendapatkan Orderan dari Billie Eilish

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: