Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau salah satu stan dalam acara Legendary Brand Festival di Jakarta, Sabtu (25/2/2023). (Foto: Hypeabis/Himawan L Nugraha)

Kolaborasi Jadi Kunci UMKM Go Internasional di Legendary Brand Festival 2023

25 February 2023   |   20:20 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Jenama produk lokal Indonesia kualitas dan namanya semakin dikenal di masyarakat. Namun, kerja kolaborasi perlu terus digalakkan untuk menaikkan kelas mereka di pasar global yang kian kompetitif. Hal inilah setidaknya yang menjadi alasan diadakannya Legendary Brand Festival 2023.

Adapun, pameran yang diadakan Shipper bersama e.ko.lab Kementerian Koordinator Perekonomian, dan Localfest itu bertujuan untuk mewadahi kolaborasi lebih dari 100 pelaku usaha legendaris Indonesia. Tak hanya itu, gelaran ini pun turut diikuti 10.000 pelaku UMKM dari berbagai daerah di Tanah Air. 

Baca juga: Brand Lokal Buka Jalan ke Pasar Global lewat Legendary Brand Festival

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pun turut mengapresiasi pameran tersebut. Karena Legendary Brand Festival tidak hanya menjadi wadah kolaborasi, tapi juga simpul pengembangan inovasi untuk berjejaring serta perluasan pemasaran produk di pasar lokal dan internasional. 

“Kunci peningkatan daya saing UMKM adalah kolaborasi. Kemendag berkomitmen meningkatkan daya saing UMKM melalui empat pilar yaitu pengembangan UMKM, sinergi UMKM dengan marketplace, akses pembiayaan bersama LPEI, dan akses pasokan produk UMKM ke ritel modern," kata Zulkifli Hasan dalam sambutannya, Sabtu, (25/2/23).

Pameran Legendary Brand Festival 2023, papar Zulkifli juga sejalan dengan misi Kementerian Perdagangan. Yaitu membangun ekosistem pasar yang lebih baik untuk mempertemukan para pelaku UMKM dengan retail modern hingga perusahaan grosir besar melalui ekosistem e.ko.lab di tengah geliat ekonomi nasional.

"Kita harus optimis, karena ekonomi Indonesia pada 2022 tumbuh 5,31 persen, lebih tinggi dibanding 2021. Tingkat inflasi Indonesia pada 2022 pun tercatat sebesar 5,51 persen, sehingga relatif lebih rendah dibanding dengan negara lain, dan kembali turun ke 5,28 pada Januari 2023," jelas Zulkifli.

 

Suasana stan UMKM dalam acara Legendary Brand Festival di Jakarta, Sabtu (25/2). Sumber gambar (Hypeabis,id/Himawan L Nugraha

Suasana stan UMKM dalam acara Legendary Brand Festival di Jakarta, Sabtu (25/2). Sumber gambar (Hypeabis,id/Himawan L Nugraha)


Sementara itu, Co-Founder & COO Shipper Budi Handoko mengatakan, lewat gelaran tersebut berharap dapat meningkatkan daya kompetitif UMKM di Indonesia. Sehingga kedepannya mereka dapat bertahan, atau bahkan bertumbuh serta mampu membangun bisnis yang lebih berkelanjutan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Dengan adanya berbagai tantangan perekonomian yang dihadapi para pelaku usaha tahun ini tak ayal akan membuat mereka harus memperhatikan perubahan tren konsumen, digitalisasi, dan inovasi produk serta layanan agar tetap bersaing dan berkembang," papar Budi Handoko. 

Platform Omnichannel Aloshop untuk Tingkatkan Penjualan UMKM  

Adapun, untuk memudahkan para pelaku usaha dalam memasarkan produk mereka, Shipper juga meluncurkan platform Omnichannel dan E-commerce Enabler AloShop. Peluncuran AloShop yang dilakukan di sela Legendary Brand Festival 2023 ini menjadi terobosan manajemen e-commerce karena menjadi one-stop solution pengelolaan dan pemasaran toko online. 

Chief Marketing Officer Shipper (CMO) Jessica Hendrawidjaja mengatakan, hadirnya Aloshop dapat memberikan solusi bagi pelaku bisnis online. Yaitu dalam pengelolaan operasional usaha  untuk meningkatkan penjualan, serta pada pengembangan bisnis dan perluasan skala usaha.

"Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengelola toko, produk, dan stok serta marketing secara efektif di seluruh saluran penjualan dengan satu platform. Kemudahan ini ditambah dengan integrasi penuh Shipper untuk melayani kebutuhan pergudangan dan logistik," jelasnya.

 

Momen saat Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan (kiri) mengunjungi booth Aloshop bersama AVP External Affairs Shipper, Even Alex Chandra (Kiri)  (sumber gambar Shipper)

Momen saat Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan (kiri) mengunjungi booth Aloshop bersama AVP External Affairs Shipper, Even Alex Chandra (Kiri) (sumber gambar Shipper)

Sementara itu, layanan Ecommerce Enabler juga dapat membantu pelaku usaha untuk melakukan operasional dan marketing penjualan online yang lebih efektif. Hingga saat ini, bahkan dia mengklaim Aloshop berhasil mendukung pemenuhan 1,1 juta order per bulan, 2,8 juta produk terjual, dan dipercaya lebih dari 1.000 pengguna. 

"Semua solusi AloShop dapat disesuaikan dengan skala dan kebutuhan masing-masing bisnis online dengan jaminan kemudahan penggunaan karena memiliki tampilan yang simple dan respon layanan pelanggan yang cepat," jelas Jessica Hendrawidjaja.

Baca juga: Kiat Zaskia Adya Mecca Membesarkan Bisnis Fesyen: Lihat Tren & Adaptif

?Legendary Brand Festival 2023 diselenggarakan secara hybrid dengan rangkaian acara forum bisnis, konferensi, dan pameran selama dua hari dari 25-26 Februari 2023  di City Hall, Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan. Beberapa merek yang turut meramaikan acara ini adalah Buccheri, Khong Guan, Wardah, Mustika Ratu, Olympic Furniture, Somethinc, dan masih banyak lagi.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Club Dangdut Racun Ajak Penonton Bergoyang di Konser Musik Life Fest 2023

BERIKUTNYA

Berbagai Inovasi Perhiasan Emas untuk Milenial & Gen Z

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: