Ilustrasi mendengarkan musik. (Sumber foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Didominasi Aura Positif, Cek Tiga Mood Musik Teratas di Spotify 2023

18 February 2023   |   10:20 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Musik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental. Salah satunya adalah meningkatkan suasana hati atau mood. Lewat nada dan lirik yang bernuansa gembira dalam musik, menurut beberapa penelitian bisa memberi energi positif bagi pendengar untuk menjalani aktivitas.

Kendati 2023 baru berjalan satu bulan, tetapi telah melihat nuansa dan tren musik teratas yang naik daun. Berdasarkan playlist yang dibuat dan musik yang paling sering didengarkan oleh pengguna secara global, tiga mood teratas tahun ini adalah tentang rasa percaya diri, motivasi, dan produktivitas.

Baca juga: Spotify Luncurkan Fitur Folder, Bikin Koleksi Playlist Lagu Jadi Rapi

Uniknya, ketiga mood yang sedang naik daun di kancah global itu juga berlaku di Indonesia. Hal ini tentu saja menunjukkan bahwa para pendengar membutuhkan energi positif dan semangat untuk mengawali tahun serta menjalani aktivitas sehari-hari yang semakin menantang.

Nah, bagi Genhype yang penasaran musik beraura positif seperti apa saja yang didengarkan, berikut ini adalah daftar lagu dan playlist yang sedang didengarkan oleh pendengar di Indonesia dan seluruh dunia. 


1. Mood teratas #1: Percaya diri

Lagu-lagu dengan atmosfer percaya diri memiliki lirik yang mendorong kita untuk mencintai dan mensyukuri kelebihan serta menerima kekurangan diri sendiri. Beberapa di antaranya juga mengajak pendengar untuk belajar dari masalah serta kegagalan di masa lalu untuk bangkit dan menang. 

Adapun, musik yang bernuansa semangat itu adalah karya dari Confidence-Boosters yang bertujuan untuk membangkitkan rasa percaya diri. Beberapa di antaranya  adala lagu Flowers oleh Miley Cyrus, Confident oleh Demi Lovato, Boss Bitch oleh Doja Cat, Applause oleh Lady Gaga, NO oleh Meghan Trainor, Tutur Batin oleh Yura Yunita, dan Manusia Kuat oleh Tulus.


2. Mood teratas #2: Motivasi

Kemampuan musik untuk menjadi pereda stres tidak bisa diremehkan. Musik yang lembut bahkan  bisa memberikan stimulasi yang menenangkan serta memotivasi pikiran. Pada umumnya, lirik dari lagu-lagu yang masuk pada mood ini bertujuan untuk membuat pendengar agar tetap tegar menghadapi rintangan, percaya pada proses, tetap gigih, dan semangat dalam mengejar mimpi. 

Berikut ini beberapa Motivation Music yang mampu membuat para pendengar terus bergerak maju, seperti Unstoppable oleh Sia, Believer oleh Imagine Dragons, dan I’m Good (Blue) oleh Bebe Rexha dan David Guetta.  Ada juga Stronger (What Doesn't Kill You) oleh Kelly Clarkson, dan Can't Hold Us (feat. Ray Dalton) by Macklemore & Ryan Lewis, Macklemore dan Ryan Lewis, Untuk Hati yang Terluka oleh Isyana Sarasvati, dan Rehat oleh Kunto Aji.


3. Mood Teratas #3: Produktivitas

Jenis musik tertentu diketahui dapat meningkatkan fokus dengan catatan seseorang harus mengetahui terlebih dahulu musik mana yang tepat untuk meningkatkan daya konsentrasi mereka. Spotify juga memiliki rekomendasi musik yang santai hingga lagu bersemangat,  yang pas untuk menemani waktu bekerja supaya tetap fokus. 

Berikut adalah lagu-lagu Productivity Bops untuk meningkatkan produktivitas, di antaranya: Good Days oleh SZA, successful oleh Ariana Grande, We Can’t Stop oleh Miley Cyrus, Mastermind oleh Taylor Swift, 9 to 5 oleh Dolly Parton, Evaluasi oleh Hindia, dan Buka Semangat Baru oleh Ello, Barry, Ipang, Lala Karmela.

Selain itu, pendengar juga dapat menikmati lebih banyak lagu yang sesuai tiga rangkaian mood teratas ini, dengan mendengarkan beberapa rekomendasi playlist dari Spotify. Termasuk di antaranya seperti Confidence Boost, Feelin’ Myself, Good Vibes, neon cowgirl, dan Peluk Diri untuk mendorong kepercayaan diri. 

Ada juga Training Montage, Pumped Pop, Feeling Accomplished, Fresh Air, dan Yang Penting Happy untuk memberikan motivasi. Ada juga plus Chill Tracks, Sunny Day, Your Favorite Coffeehouse, Ready For The Day, dan Lebih Produktif untuk meningkatkan produktivitas.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Asal-usul Diselenggarakannya Comic Con, Pameran Komik Terbesar di Dunia

BERIKUTNYA

Instagram Kenalkan Fitur Broadcast Channel untuk Meyiarkan Pesan, Mirip dengan Telegram?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: