Zaha Hadid (sumber Instagram)

6 Karya Monumental Zaha Hadid, Ibu Arsitektur Modern Dunia

23 February 2023   |   15:45 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

4. Dongdaemun Design Plaza (DDP) Seoul, South Korea

 

 Dongdaemun Design Plaza  (sumber gambar Zaha Hadid.com)

Dongdaemun Design Plaza (sumber gambar Zaha Hadid.com)

Bangunan yang berlokasi di pusat kebudayaan kota Seoul ini juga menampilkan proyek lengkungan indah yang menjadi ciri khas arsitektur Hadid. Pasalnya, saat mendesain DDP, Hadid berupaya menciptakan struktur yang mencerminkan nilai modern dan futuristik.

Adapun, bangunan ini menjadi salah satu landmark penting di Seoul dan menambah jumlah bangunan kota sebagai pusat fesyen terkemuka di dunia. Proyek yang terdiri dari aula konvensi, area pameran, ruko dan taman indah di bagian atap ini juga menjadi objek wisata penting para turis ketika berkunjung ke Korea Selatan.


5. Guangzhou Opera House, China

 

Guangzhou Opera House (sumber gambar Zaha Hadid.com)

Guangzhou Opera House (sumber gambar Zaha Hadid.com)

Saat dilihat dari jauh pada malam hari, bangunan ini tampak seperti batu kristal raksasa yang muncul di jalanan kota. Pasalnya, nyala lampu yang memantul dari kaca dan lekukan berhasil menimbulkan interior berombak yang sempurna sebagai gedung opera dengan akustik yang sangkil.

Tak hanya itu, gedung Opera Guangzhou juga menjadi karya arsitektur Zaha Hadid dalam merealisasikan hubungan perkotaan dengan sejarah dan budaya yang membentuk Guangzhou. Salah satunya dengan menciptakan desain futuristik mengenai impian masa depan. 

Hal itu diejawantahkan dalm garis lipat dalam lanskap yang menentukan wilayah dan zona di dalam Gedung Opera. yaitu dengan memotong ngarai interior dan eksterior yang dramatis untuk sirkulasi, lobi, dan kafe, dan memungkinkan cahaya alami menembus jauh ke dalam gedung. 


6. Bergisel Ski Jump Tower, Innsbruck, Austria

 

Bergisel Ski Jump Tower (sumber gambar Zaha Hadid.com)

Bergisel Ski Jump Tower (sumber gambar Zaha Hadid.com)

Dirancang Zaha Hadid pada 2002, arsitektur yang berada di Gunung Bergisel ini merupakan kombinasi dari bangunan raksasa dan sebuah jembatan. Adapun, bangunnan setinggi 164 kaki ini juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga, sebuah kafe dan dek balkon.

Struktur khas dari arsitektur ini adalah bentuk menara dan jembatan yang meniru topografi lereng. Uniknya, tower ini juga dilengkapi dengan eskalator yang bisa mengantarkan pengunjung untuk menuju kafe yang ada di puncak bangunan. Sehingga mereka bisa menonton para atlet yang sedang berlatih ski sembari menikmati pemandangan lanskap pegunungan Alpen.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

Cek Harga & Performa Jeep Wrangler Rubicon yang Dipakai Mario, Anak Pejabat Dirjen Pajak

BERIKUTNYA

Bunda, Cek Manfaat Sarapan Untuk Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: