Makanan Khas Sunda (Sumber Foto: Unilever Food Solution)

5 Makanan Khas Sunda yang Populer, Ada Lotek dan Karedok

20 February 2023   |   20:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia kaya akan budaya dan wisata kulinernya yang beragam. Misalnya makanan khas Sunda yang seringkali kita temukan di berbagai daerah di Tanah Air. Sunda merupakan suku atau kelompok etnis yang ada di bagian barat Pulau Jawa, Indonesia yang juga terkenal dengan khazanah kulinernya yang beragam.

Salah satu alasan kenapa makanan khas Sunda banyak digemari adalah karena cita rasanya yang autentik dan cocok di lidah semua orang. Biasanya makanan khas Sunda identik dengan rasanya yang pedas. Selain itu, bahan dasarnya sebagian besar terbuat dari sayuran.

Berikut beberapa makanan khas Sunda yang terkenal di yang banyak disajikan di berbagai restoran, terutama di wilayah Jawa Barat.


1. Nasi Liwet

Budaya orang Sunda adalah menyantap makanan bersama-sama alias botram. Makanan yang disajikan saat botram biasanya ada nasi liwet dan aneka lauknya seperti ayam, tahu, tempe, ikan asin, lalapan, dan sambal. Nasi liwet sendiri merupakan nasi yang dimasak bersama bawang merah, bawang putih, santan, daun salam, lengkuas, sereh, garam dan penyedap rasa.

Nasi liwet biasanya dihidangkan bersama lauk pauk seperti telur dadar, ayam goreng, ikan goreng, ikan asin, tahu, tempe, pete, jengkol, tumis oncom, sayur asem, lalapan aatu sayuran seperti daun kemangi, dan sambal terasi. Uniknya budaya makan nasi liwet atau ngaliwet ini disajikan di atas hamparan daun pisang. 
 


2. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom adalah makanan khas Tasikmalaya yang terkenal gurih dan harum karena. Bahan utamanya nasi yang dicampur dengan oncom dan daun kemangi. Cara memasaknya pun mudah, pertama nasi putih dioseng bersama oncom bakar yang ditutug atau ditumbuk.

Kemudian nasi dan oncom ditumis bersama bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kencur, garam dan lada. Nasi tutug oncom biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, lalap dan sambal. Lebih nikmat lagi kalau nasinya dibungkus pakai daun pisang. 


3. Karedok


.
Karedok banyak sekali ditemukan di Jakarta, sehingga orang-orang mengira bahwa makanan ini adalah kuliner khas Betawi. Padahal karedok adalah makanan khas Sunda. Tampilannya memang mirip sekali dengan Gado-gado khas Jakarta. Karedok dibuat dari berbagai macam sayuran segar yang disiram dengan saus kacang tanah. Karedok paling enak disantap bersama nasi panas, tempe, tahu, dan kerupuk.


4. Lotek


Lotek mirip dengan karedok dan gado-gado. Namun, dilihat dari bahan-bahan dan cara pembuatannya, lotek mirip dengan pecel khas Jawa. Lotek adalah campuran sayuran segar yang sudah direbus dan disiram bumbu kacang. Bedanya dengan karedok, sayuran di Lotek sudah direbus matang. Lotek biasanya dihidangkan bersama potongan lontong dan kerupuk udang.
 

5. Laksa 


Laksa terkenal di negara-negara Asia Tenggara. Salah satu yang paling terkenal ada di daerah Bogor. Hidangan ini menyajikan mie bersama dengan oncom. Kuah kaldu yang sudah dicampur oncom lalu disiram ke piring berisi bihun, toge, suwiran ayam, telur rebus, dan daun kemangi.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hypereport: Mengurai Akar Persoalan dari Fenomena Perceraian Pasangan Muda

BERIKUTNYA

Kilas Balik Missing: The Other Side 2, Begini Cara Kim Wook Mencari Warga Industrial Complex 3

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: