Aplikasi warna Wild Wonder dalam hunian. (Sumber gambar: PT ICI Paints Indonesia)

Wild Wonder Jadi Tren Warna 2023, Bikin Hunian Kental Nuansa Alam

19 February 2023   |   11:10 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pandemi yang terjadi secara tidak langsung membuat perubahan tren gaya hidup pada masyarakat. Kesehatan baik fisik maupun mental kini menjadi hal yang mendapatkan perhatian lebih oleh banyak orang. Saat ini, tak sedikit orang yang mulai menerapkan gaya hidup yang selaras dengan alam demi mendapatkan keseimbangan dalam hidupnya.

Hal ini memunculkan tren mendekorasi rumah dengan menggunakan palet warna bernuansa alam, untuk memberikan inspirasi serta membangun kesehatan mental yang baik.

Di tengah kondisi tersebut, munculah tren warna yang diprediksi akan menjadi pilihan bagi masyarakat pada 2023 yang diberi nama Wild Wonder. Yudhy Aryanto, Country Commercial Head PT ICI Paints Indonesia, menjelaskan wild wonder dipilih sebagai tren warna tahun ini untuk memberikan inspirasi dengan menghadirkan suasana hangat, nyaman, dan tenang.

Baca juga: Tren Desain Arsitektur 2023, Gaya Simpel & Material Lokal Jadi Incaran

"Wild wonder akan membawa energi dan hal-hal positif ke dalam rumah di seluruh dunia, sehingga mampu meningkatkan kreativitas dan produktivitas terutama dalam hunian," katanya.

 

Aplikasi warna Wild Wonder dalam hunian (Sumber gambar: PT ICI Paints Indonesia)

Aplikasi warna Wild Wonder dalam hunian (Sumber gambar: PT ICI Paints Indonesia)

Warna-warna dari wild wonder berusaha mendekatkan orang-orang dengan suasana alam di dalam hunian, serta membantu meningkatkan mindfulness mereka atau tingkat kesadaran akan lingkungan sekitar, sehingga menciptakan inspirasi, ketenangan, dan keseimbangan batin.

Dibuat berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh AkzoNobel Global Aesthetic Centre di Amsterdam, Belanda, wild wonder sendiri terdiri dari empat palet warna yakni lush, buzz, raw, dan flow. Lush merupakan palet yang terinspirasi dari warna-warna hutan yang identik dengan warna hangat, lembut yang mampu memberikan suasana nyaman dan menenangkan hati.

Sedangkan buzz adalah palet warna yang terinspirasi dari hamparan padang rumput hijau yang terinspirasi oleh keanekaragaman hayati dan ladang bunga liar, yang mengagumkan dan memberikan keseimbangan dalam harmoni dengan suasana yang menenangkan.

Sementara itu, raw merupakan warna yang terinspirasi dari musim panen yang menggambarkan kekayaan sumber daya alam, yang mampu mengembangkan kreativitas dan semangat produktivitas. Adapun, flow terinspirasi dari warna pantai yang memberikan kesan siklus kehidupan yang teratur, damai, dan tenang.
 

Aplikasi warna Wild Wonder dalam hunian (Sumber gambar: PT ICI Paints Indonesia)

Aplikasi warna Wild Wonder dalam hunian (Sumber gambar: PT ICI Paints Indonesia)

Founder Design Intervention, Nikki Hunt, mengatakan palet warna yang ada dalam wild wonder dapat memberikan inspirasi sekaligus menerjemahkan suasana alam yang mampu meningkatkan kualitas hidup ke dalam desain dan kreasi arsitektur yang berkelanjutan.

Warnanya yang didominasi oleh hijau hingga kekuningan dapat diterapkan di berbagai ruangan mulai dari ruang tamu, kamar tidur, dapur, hingga kamar mandi. Warna-warna natural yang dibuat seolah ingin menghubungkan manusia dengan alam, sehingga merasa lebih baik di rumah mereka.

"Ide dan inspirasi warna ini diciptakan untuk membantu orang-orang membuat tampilan baru yang menarik untuk interior rumah mereka sekaligus menciptakan hunian yang memberikan inspirasi dan menenangkan hati," ujarnya.

Seluruh palet warna tersebut dihasilkan dari riset yang dilakukan oleh beberapa ahli desain interior dari berbagai negara, yang diawali dengan memetakan tren gaya hidup masyarakat secara global saat ini. Mulai dari tren sosial, tren ekonomi, tren desain global, hingga tren budaya.

"Kami menentukan apa yang disebut penting oleh orang-orang dan tren apa yang berubah dari mereka. Ketika diskusi dengan beberapa ahli, kesehatan mental ternyata menjadi hal yang penting bagi banyak orang saat ini," imbuhnya.

Baca juga: 5 Kota dengan Bangunan Arsitektur Terbaik di Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Bisnis Hiburan Milik Artis & Influencer, Mulai RANS hingga KUY! Entertainment

BERIKUTNYA

Bakal Jadi Tren, Ini Pentingnya Pameran Karya Seni di Ruang Publik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: