Cara Menghapus Aplikasi TikTok (Sumber Foto: Pexels)

Cara Menghapus Akun TikTok Sementara dan Permanen, Ikuti Langkah-langkahnya

18 February 2023   |   15:24 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Belakangan ini TikTok menjadi aplikasi media sosial yang populer di kalangan milenial dan Gen Z. TikTok menyuguhkan konten-konten dengan beragam fitur menarik. Saat ini penggunanya mencapai 800 juta di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri jumlah pengguna media sosial ini cukup fantastis.

Tik Tok merupakan sebuah aplikasi di mana penggunanya bisa membuat, mengedit, dan berbagi video pendek berdurasi 60 detik atau setara dengan 1 menit. Klip video yang kita buat juga diberi fitur-fitur menarik seperti penambahan filter dan musik.

Baca juga: Hal-Hal yang Harus Dihindari saat Live Selling di TikTok

Menyimak sejarah TikTok, aplikasi yang berasal dari Tiongkok ini diluncurkan pada awal September 2016 oleh seorang pengusaha Zhang Yiming. Dia juga merupakan pendiri ByteDance, yakni sebuah perusahaan berbasis teknologi yang berkantor pusat di Beijing.

Dulunya TikTok dikenal dengan sebutan Douyin, pengguna hanya menggunakannya untuk berbagi video pendek dengan durasi 15 detik kepada pengguna lainnya. Tak disangka-sangka aplikasi ini ternyata mendapat respon positif dan populer di berbagai negara termasuk Indonesia.

Namun, popularitas TikTok mampu membuat penggunanya kecanduan bahkan sampai lupa waktu. Beberapa orang mungkin mempertimbangkan untuk menghapus akunnya. Misalnya menonaktifkan akun sementara atau menghapusnya secara permanen.

Sebelum menghapus akun, ingat dulu sebelumnya bahwa kamu tidak dapat membatalkan pilihan ini. Ketika akun dihapus otomatis semua unggahan, riwayat tontonan, pengikut, dan likes akan dihapus secara permanen dari platform. Kecuali pesan obrolan atau DM mungkin masih dapat dilihat oleh sebagian pengguna, bahkan setelah kamu menghapus akun. 

Mengutip dari laman resmi TikTok, begini cara menghapus akun sementara ataupun menghapus akun secara permanen, yuk simak langkah-langkahnya!


1. Cara Menghapus Akun TikTok Sementara

Untuk menghapus akun TikTok sementara, caranya buka tab profil lalu ketuk ikon berlabel "Saya" di pojok kanan bawah. Selanjutnya ketuk ikon tiga garis atau "..." untuk mengakses pengaturan. Kemudian ketuk "Kelola Akun saya" dan ketuk "Hapus akun" di bagian bawah layar.

Jawablah alasan kenapa menghapus akun TikTok. Selanjutnya pilih "Unduh" atau "Tidak" semua data di akun TikTok dan klik lanjutkan. Selesaikan verifikasi akun TikTok terakhir dan klik Hapus akun. Apabila ingin mengakses akun lagi dalam waktu kurang dari 30 hari setelah tanggal penghapusan. Maka akunmu akan kembali.
 

2. Cara Menghapus Akun TikTok Permanen

Menghapus akun TikTok secara permanen sebetulnya sama saja. Bedanya adalah kita harus menunggu selama 30 hari supaya akun benar-benar dihapus secara permanen. Cara menghapusnya pertama ikuti seluruh petunjuk dan klik hapus akun.

Selain itu, apabila akun Google ditautkan ke TikTok, kamu mungkin harus lulus tes verifikasi email.  Apabila tidak, akunmu akan dihapus segera setelah menekan konfirmasi. Apabila kamu tidak akan mengakses akun TikTok lagi setelah melewati batas 30 hari, maka akunmu akan dihapus permanen.

Baca juga: Keajaiban TikTok, Novel Thriller yang Terbit 11 Tahun Lalu Jadi Buku Terlaris di Amazon

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Snack Buah Kering Lagi Viral, Ahli Gizi Ingatkan Risiko Kesehatan Ini

BERIKUTNYA

Cara Mengurus Sertifikat Halal MUI Online untuk Badan Usaha, Simak Persyaratannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: