Belanja online sudah menjadi gaya hidup banyak orang (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

4 Tip Belanja Online Biar Kantong Enggak Boncos

06 February 2023   |   07:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Belanja online atau daring boleh dibilang telah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat. Kini, dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, orang-orang lebih mengandalkan platform marketplace hingga media sosial karena menawarkan kemudahan dan kepraktisan dalam berbelanja.

Selain itu, berbelanja online juga tak jarang memberikan banyak keuntungan bagi para konsumen seperti promo potongan harga hingga gratis ongkos kirim. Namun, setiap orang perlu selalu cermat dan hemat saat berbelanja, khususnya untuk kebutuhan bulanan rumah agar keuangan dapat dikelola secara optimal.

Baca juga: 6 Langkah Mewujudkan Resolusi Finansial Lebih Sehat pada 2023

Pastikan bahwa barang yang kalian beli merupakan kebutuhan dan bukan keinginan semata. Dengan menyadari hal ini, kalian akan lebih mudah untuk memutuskan barang yang sebaiknya dibeli atau tidak perlu dibeli meskipun harganya tidak mahal.

Nah, agar kalian dapat belanja kebutuhan rumah dan harian dengan lebih cermat dan bijak, yuk simak dan coba terapkan 4 tips berikut ini.


1. Buat rencana daftar belanja

Menyusun daftar belanjaan dan menentukan perkiraan jumlah uang yang dibutuhkan sangat penting untuk dibuat sebelum berbelanja. Adanya daftar belanja membuat kegiatan belanja kalian jadi lebih terarah, tidak makan waktu lama, dan terhindar dari barang kebutuhan yang lupa terbeli.

Selain itu, kalian juga bisa mengetahui skala prioritas belanjaan dan tidak mudah tergoda dengan banyaknya tawaran menggiurkan mulai dari produk baru hingga barang diskon yang mungkin saja hanya keinginan sesaat.


2. Cek informasi dan deskripsi produk

Sebelum membeli sebuah barang secara online, jangan lupa untuk menggali banyak informasi terlebih dahulu dengan memeriksa gambar dan deskripsi produk dengan cermat. Umumnya, penjual sudah menjelaskan produk secara lengkap di deskripsi sehingga membuat pembeli jadi lebih mudah untuk kenal produknya.

Namun, tak ada salahnya untuk melakukan survei harga produk terlebih dahulu agar kalian bisa mendapatkan harga dan kualitas terbaik. Kalian bisa mulai membandingkan harga dan tawaran terbaik dari beberapa penjual. Selain itu, perhatikan juga sejumlah faktor lain misalnya garansi, kualitas produk, dan testimoni pembeli agar kalian bisa mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan.
 

Dahulukan kebutuhan daripada keinginan saat berbelanja (Sumber gambar: Andrea Piacquadio/Pexels)

Dahulukan kebutuhan daripada keinginan saat berbelanja. (Sumber foto: Andrea Piacquadio/Pexels)


3. Cermat memilih metode pembayaran

Kemudahan berbelanja online kini juga didukung oleh tersedianya metode pembayaran yang sangat beragam untuk memberikan kenyaman dan kepuasan konsumen. Banyak pilihan metode pembayaran yang dapat digunakan mulai dari metode transfer bank, virtual account, membayar dengan e-wallet, hingga bayar di tempat atau seringkali disebut dengan Cash On Delivery (COD).

COD dihadirkan untuk menjangkau pengguna yang belum memiliki akses ke keuangan digital, dimana pengguna dapat memilih untuk COD atau ‘Bayar di Tempat’ secara tunai kepada kurir sesuai dengan nilai transaksi. Bagi pelaku usaha, metode ini juga dapat memperluas jangkauan produk dengan konsumen.


4. Manfaatkan penawaran menarik

Biar lebih hemat, manfaatkan program promo dan diskon yang ditawarkan toko saat belanja online. Saat ini, sudah banyak platform marketplace atau media sosial yang menawarkan beragam penawaran menarik, mulai dari potongan harga hingga gratis ongkos kirim.

Selain itu, biasanya di momen-momen tertentu seperti double day, sejumlah marketplace akan melakukan flash sale atau diskon besar-besaran hingga promo cashback. Tentunya momen ini bisa kalian manfaatkan untuk membeli barang-barang kebutuhan dengan harga yang lebih terjangkau.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

7 Rekomendasi Game Ringan Untuk PC, Anti Lag dan Seru!

BERIKUTNYA

Banyak Orang Minat Olahraga Yoga, Ternyata Ini Alasannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: