Ilustrasi ChatGPT (sumber gambar Unsplash/Om siva Prakash)

Tak Hanya ChatGPT, Yuk Coba 5 Platform Chatbot Canggih Berbasis AI Ini

17 February 2023   |   08:01 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Implementasi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dalam kehidupan sehari-hari makin ramai dibicarakan warganet. Pasalnya, teknologi berbasis kecerdasan buatan itu digadang dapat memberikan penawaran baru terhadap berbagai jenis kebutuhan manusia.

Kehadiran ChatGPT dari OpenAI misalnya, dinilai dapat mempermudah pekerjaan, termasuk dari kalangan pekerja kreatif hingga pelajar. Platform tersebut bisa dipakai untuk membuat berbagai konten, seperti penulisan otomatis, pembentukan percakapan, lirik lagu dan puisi berbasis algoritma.

Sayangnya, belakangan ini Open AI tengah membatasi pengguna ChatGPT karena semakin membludaknya peminat aplikasi tersebut. Namun, Genhype tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa platform  canggih lain dengan konsep berbasis AI yang bisa kalian coba, berikut beberapa di antaranya.

Baca juga: Kenalan dengan ChatGPT, Chat Bot Cerdas dari OpenAI
 

1. Bard LaMDA

Google baru-baru ini juga meluncurkan proyek terbaru AI bernama Bard dengan dukungan Language Model for Dialogue Applications (LaMDA). Sebelumnya, perusahaan asal Amerika Serikat ini sudah mengenalkan LaMDA pada 2022 dan kini terus memperbarui teknologi di dalamnya untuk digunakan publik.

Keunikan dari Bard bila dibanding platform lainnya adalah mereka memiliki kemampuan berpikir AI yang berada di atas rata-rata. Pasalnya, Bard menggabungkan berbagai informasi valid dari web dan kreativitas model jawaban untuk pengguna berdasar bahasa percakapan eksperimental. 
 

2. Chatbot AI: ChatSonic

ChatSonic adalah chatbot yang dibuat oleh platform pembuatan konten AI WriteSonic, yang bisa menjadi alternatif bagi Genhype yang ingin mencoba aplikasi berbasis AI. Keunikan dari platform ini adalah mampu memberikan informasi terbaru berdasarkan grafik pengetahuan yang banyak dicari pengguna di laman pencari.  

ChatSonic juga memiliki keunggulan lain dibandingkan ChatGPT. Salah satunya dapat membuat gambar yang dihasilkan AI, dan kalian bisa membuat 100 gambar per bulan secara gratis dengan aplikasi tersebut. Tak hanya itu, ChatSonic juga tidak hanya akan menjawab dengan teks saja, melainkan suara, layaknya Siri atau Google Assistant.
 

3. YouChat

Platform YouChat juga bisa menjadi rekomendasi chatbot alternatif selain ChtaGPT. Pasalnya, software berbasis AI ini diklaim dapat merangkum berbagai informasi dari internet, sehingga kamu bisa mendapat informasi yang lebih mudah dibanding saat memakai mesin pencari mainstream.

Adapun, salah satu keunggulan YouChat adalah kalian bahkan tidak perlu membuat akun untuk masuk layaknya ChatSonic dan ChatGPT. Selain itu, YouChat juga akan menampilkan artikel yang ditulis oleh manusia, sehingga kamu dapat mencari informasi terbaik dari jawaban yang diinginkan.
 

4. Perplexity AI

Cara kerja Perplexity AI mirip dengan mesin pencari. Bedanya, Perplexity menghasilkan jawaban yang menggabungkan informasi dari hasil web teratas, jadi, bukan hanya memberi daftar seperti yang dilakukan oleh Google. Tak hanya itu, platform ini diklaim dapat menyusun jawaban yang lebih rapi dan kredibel.

Selain itu, Perplexity AI disebut mampu memberikan kemudahan dalam menjawab maupun membantu pengguna untuk menemukan informasi yang ditanyakan secara lebih cepat dibanding platform lain. Sehingga dapat membantu kerja kalian lebih efisien dalam meningkatkan produktivitas berdasarkan informasi yang akurat dan terpercaya. 
 

5. Character AI

Platform chatbot lainnya yang patut dicoba adalah Character AI. Pasalnya, program kecerdasan buatan ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan simulasi karakter terkenal dari film dan acara TV yang dibuat secara artifisial, tokoh masyarakat, dan selebritas terkenal di dunia.

Salah satu fitur menarik dari Character AI adalah mereka dapat membuat bot karakter pengguna dengan sangat mudah. Adapun, yang harus kalian lakukan hanyalah memikirkan apa yang ingin dilakukan chatbot dengan menetapkan beberapa parameter pencarian. Lalu, biarkan platform tersebut bekerja dengan membuka banyak literatur dan teks tertulis untuk jawaban yang ingin kalian temukan.

Nah, itulah 5 chatbot berbasis AI yang bisa kalian coba dan tentunya tak kalah canggih dengan ChatGPT Genhype. Dari daftar di atas, platform apa saja yang sudah pernah kamu coba, apakah jawabannya memuaskan kalian?

Baca juga: Potensi Masalah yang Bisa Muncul dari Pemanfaatan Mesin Pencari Berbasis AI 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Festival Sinema Australia Indonesia Adakan Masterclass Untuk Insan Film, Cek Jadwalnya

BERIKUTNYA

Generasi Muda Makin Doyan Belanja Online, COD jadi Pilihan Pembayaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: