Gerai omnichannel Sociolla (sumber gambar : sociolla)

Sociolla Kian Ekspansif Buka Gerai Offline, Ini yang Ditawarkan

16 February 2023   |   21:47 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Pandemi yang terjadi sejak 2020 lalu telah mengubah wajah sektor ritel Indonesia. Tak sedikit pelaku usaha mulai mengembangkan konsep omnichannel-retailer dengan memanfaatkan penjualan secara online sekaligus offline. Salah satunya Sociolla yang terbilang cukup agresif berekspansi secara omnichannel.

Hanya dalam kurun waktu 3 tahun sejak 2020, pertumbuhan ekspansi toko Sociolla mencapai 300 persen. Hingga saat ini, Sociolla telah membuka 50 gerai yang tersebar di 30 kota di pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa. Terlebih di Sumatra. Sociolla juga telah membuka toko di 7 dari 10 kota terbesarnya, di mana kota yang terbaru adalah di Bengkulu sebagai gerai ke-50.  

Chrisanti Indiana, CMO dan Co-founder Social Bella mengatakan bahwa jumlah pengunjung toko terus meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun, sebagian besar didorong oleh perilaku masyarakat yang secara bertahap kembali beraktivitas normal saat memasuki era pasca pandemi.

Berdasarkan laporan dari NielsenIQ, 6 dari 10 konsumen memiliki keinginan untuk mengunjungi toko fisik hanya untuk menelusuri pilihan produk kecantikan. Sociolla juga melihat beberapa tren belanja yang menghadirkan kemudahan bagi pelanggan sejak era pandemi diprediksi akan tetap ada.

Selain itu, sambungnya, strategi omnichannel menjadi lebih relevan dengan perilaku pelanggan saat ini.
"Bertahannya preferensi digital dan omnichannel di antara konsumen Indonesia adalah salah satu dari lima tema konsumen baru yang diperkirakan akan terus berlanjut pasca Covid-19," ujarnya.

Selama bertahun-tahun, akses yang dapat diandalkan untuk mendapatkan produk otentik dan berkualitas hanya terbatas di kota-kota besar seperti Jakarta.

Melalui peluncuran Sociolla.com pada tahun 2015, Sociolla ingin menghilangkan batasan tersebut. Data Sociolla menunjukkan bahwa konsumen masih sangat bergantung pada belanja online dengan peningkatan pengguna Aplikasi SOCO meningkat hingga 3 kali lipat pada tahun 2023 sejak pandemi.

Baca juga: E-commerce Kok Buka Toko Luring, Memangnya Omnichannel Bikin Untung Ya?

Namun, di satu sisi Sociolla memahami pentingnya kehadiran toko fisik dalam hal produk kecantikan, pelanggan membutuhkan wujud fisik untuk melihat dan menemukan produk sesuai dengan kebutuhan mereka. "Ini juga yang menjadi salah satu alasan perusahaan membawa konsep toko omnichannel di tahun 2019," tuturnya.

Ada beberapa fitur menarik yang disediakan Sociolla pada konsep omnichannel retailnya untuk menarik para pelanggan berbelanja di gerai offline.
 

1. Makeup Wall, Makeup Bar, Wall of Mask

Pelanggan dapat menemukan fitur-fitur menarik untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan pengalaman belanja kecantikan terbaik. Toko ke-50 Sociolla yang berlokasi di Bencoolen Mall, Bengkulu, juga memiliki fitur-fitur khusus seperti Makeup Wall, fitur toko tempat pelanggan dapat menemukan semua jenis produk makeup untuk riasan wajah mereka, Makeup Bar, fitur toko tempat pelanggan dapat mencoba tester produk makeup serta Wall of Mask, fitur toko tempat mereka dapat menemukan berbagai macam masker wajah untuk dipilih.
 

2. Click & Collect

Sociolla juga menyediakan berbagai fitur lainnya bagi pelanggan agar mereka dapat berbelanja sesuai dengan keinginan seperti Click & Collect, di mana pelanggan dapat memilih barang secara online melalui situs web Sociolla atau aplikasi SOCO dan mengambilnya di toko Sociolla pilihan mereka.
 

3. Shop & Deliver

Melalui fitur Shop & Deliver,  pelanggan dapat berbelanja di toko Sociolla pilihan mereka kemudian barang-barangnya akan diantarkan ke alamat pilihan mereka. Pelanggan juga dapat memanfaatkan opsi pengiriman gratis dan mengecek halaman toko pada aplikasi SOCO untuk melihat promo-promo yang bisa mereka temukan saat berbelanja di toko Sociolla pilihan mereka.

Melalui pendekatan unik dengan menggabungkan pengalaman online dan offline yang seamless, Sociolla dapat menghilangkan semua hambatan dan batasan bagi pelanggan untuk berbelanja sesuai keinginan mereka, di mana saja dan kapan saja.

Saat ini, selain di kota-kota besar Sociolla Store juga secara bertahap hadir di beberapa kota lapisan ke-2 dan 3, seperti Karawang, Sidoarjo, dan Purwokerto. "Ke depan, kami berencana untuk terus memperluas cakupan kehadiran toko fisik Sociolla di lebih banyak kota," tutur Chrisanti.


(Ikuti terus laporan Hypeabis.id di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Riset Menunjukkan Ratusan Anak-Anak Pemulung Rentan Terpapar Bahaya Limbah Elektronik

BERIKUTNYA

Strategi Kadaka Tingkatkan Penjualan Lewat Multichannel

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: