Ilustrasi Wikipedia (Sumber foto wikipedia)

Beragam Pilihan Wajah Baru Tampilan Wikipedia

16 February 2023   |   17:46 WIB

Bila Genhype perhatikan, ada perubahan tampilan di Wikipedia. Ya, layanan rangkuman informasi Wikipedia tersebut pada 19 Januari 2023 lalu telah menampilkan desain baru untuk tampilan desktop, setelah 10 tahun lebih tidak melakukan perubahan perwajahan. Perubahan ini mendapat reaksi yang beragam dari penggunanya.

Ini wajar, karena kita sudah lama terbiasa dengan tampilan Wikipedia di layar komputer. Tetapi tahukah Genhype, bahwa sebenarnya kita bisa menggunakan Wikipedia dengan tampilan lain?

Tampilan lain yang mungkin lebih akrab bagi pemakai ponsel adalah tampilan mobile. Tampilan ini otomatis akan digunakan bila Wikipedia mendeteksi bahwa pembacanya menggunakan perangkat genggam. Tampilan ini dirancang untuk lebih optimal untuk layar sempit.

Selain itu, kita sebenarnya juga bisa menggunakan tampilan lain (“skin” atau kulit) untuk Wikipedia. Alternatif kulit ini bisa diatur dari dalam Wikipedia sendiri. Selain itu, situs seperti Wikiwand juga bisa menjadi solusi lain buat pembaca yang tidak puas dengan tampilan bawaan.

Pengaturan kulit  Wikipedia hanya dapat dilakukan bila Anda sudah terdaftar dan masuk log situs web ensiklopedi bebas tersebut. Bila Anda hanya menggunakan Wikipedia untuk membaca, Anda mungkin tidak merasa perlu mendaftar  dan membuat akun.

 

Tampilan baru Wikipedia (Sumber foto: tangkapan layar)

Tampilan baru Wikipedia (Sumber foto: tangkapan layar)



Namun bila Anda ingin mengendalikan lebih jauh tampilan Wikipedia, ini hanya dapat dilakukan dengan melakukan pendaftaran.

Setelah Anda mendaftar, pengaturan dapat dilakukan dari laman preferensi. Bila Anda mengakses Wikipedia bahasa Indonesia, laman ini dapat ditemukan dari tautan https://id.wikipedia.org/wiki/Istimewa:GlobalPreferences.

Ini akan mengatur preferensi global (di semua versi bahasa Wikipedia. Bila Anda ingin mengatur pengecualian di bahasa tertentu, Anda bisa masuk log di Wikipedia tersebut dan membuka laman preferensinya (misalnya, Wikipedia bahasa Indonesia di id.wikipedia.org/Istimewa:Preferensi).

Ada lima skin yang bisa dipilih di sini. Pertama adalah skin standar (Vector 2022), yang merupakan skin terbaru. Bila Anda lebih suka dengan tampilan lama, Anda bisa mengembalikannya dengan memilih skin Vector (Vektor). Untuk tampilan Wikipedia klasik (pra-2010) kita bisa memilih skin MonoBook.

MinervaNeue adalah skin yang digunakan untuk tampilan mobile. Desain ini juga bisa diakses dengan memaksa Wikipedia untuk menampilkan desain ponsel (misalnya, id.m.wikipedia.org, bukannya id.wikipedia.org).

Desain alternatif lain adalah skin Timeless, yang dirancang agar dapat ditampilkan dengan baik pada berbagai ukuran layar. Gunakan skin ini bila Anda ingin menggunakan skin yang sama baik pada layar komputer maupun layar ponsel.
 

Layanan Wikiwand

Bila Genhype enggan mendaftar hanya untuk mengubah tampilan Wikipedia, Anda bisa menggunakan layanan Wikiwand (https://wikiwand.com). Wikiwand mengambil isi artikel Wikipedia dan menampilkannya dalam format yang lebih menarik.

Kita dapat mengunjungi situs Wikiwand dan mencari judul artikel yang hendak dibaca. Sebagai alternatif, Anda dapat mengetikkan langsung alamatnya di bilah alamat peramban. Sebagai contoh, artikel versi bahasa Inggris Taj Mahal di Wikiwand dapat dikunjungi di laman https://www.wikiwand.com/en/Taj_Mahal. Anda dapat melakukan pengaturan skema warna dari halaman depan Wikiwand.

Untuk memudahkan penggunaan Wikiwand, tersedia pengaya peramban (ekstensi) untuk Mozilla Firefox dan Google Chrome.

Baca juga: Ekonomi Internet Tumbuh, Ini 5 Layanan Digital dengan Nilai Terbesar di Indonesia

Selain menggunakan tampilan alternatif, Wikiwand juga menawarkan fitur lain yang tidak dijumpai pada edisi standar Wikipedia. Wikiwand bisa memberikan ringkasan  (untuk artikel Wikipedia yang lebih panjang), serta pembacaan otomatis. Fitur ini baru tersedia dalam bahasa Inggris.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Fakta Film Guardians of The Galaxy 3, Asal Usul Rocket Racoon Terungkap

BERIKUTNYA

Grand Vitara Terbaru Meluncur, Cek Spesifikasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: