Tim esports di ASL 2023 Spring (Sumber gambar: Instagram.com/garenaaov)

7 Tim Esports Bersaing di ASL 2023 Spring, Perjalanan Panjang Meraih Piala Dimulai!

14 February 2023   |   09:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Turnamen gim Arena of Valor Star League (ASL) 2023 Spring sudah dimulai. Garena sebagai penyelenggara sudah melakukan banyak seleksi hingga akhirnya mengukuhkan 7 tim esports yang bertanding demi piala ASL 2023 musim ini. Turnamen langsung dibuka dengan babak Regular Season pada 10 februari 2023 lalu.

Tidak hanya tim esports Indonesia, ASL 2023 Spring mempertemukan beberapa perwakilan negara seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina. Adapun tim esports yang ikut berkompetisi dalam turnamen ini adalah Dewa United Esports, kagendra, Draven, Hertz, Aesir, Crazy Goat, dan FKL Bankai. Mereka akan bersaing untuk merebut total prize pool senilai Rp365 juta.

Tidak hanya piala dan hadiah, pemenang ASL 2023 Spring berhak melenggang ke turnamen AOV di tingkat internasional. Sebelum terpilih 7 tim tersebut, mereka juga telah melalui banyak seleksi turnamen. Ketujuh tim esports sempat melalui tahapan ASL B Series 2023 Spring pada 18-28 Januari 2023 lalu. 

Baca juga: Hypereport: Masa Depan Esports yang Kian Kompetitif

Tim Hertz atau yang dikenal dengan Tobad Gaming melangkah ke ASL 2023 Spring ini sebagai pemuncak klasemen, mengungguli tim-tim dari Malaysia, Singapura, dan Filipina dengan kemenangan berarti. Di bawah Hertz, ada Aesir, Crazy Goat, dan FKL Bankai yang membuntut sebagai 4 besar di klasemen ASL B Series 2023 Spring tersebut.

Empat tim terbaik di ASL B Series 2023 Spring itu bertemu dengan tiga tim yang lolos di ASL 2022 Winter musim lalu. Tiga tim ini tergabung dalam format invitational, yaitu Dewa United Esports, Draven, dan Kagendra.

Mereka tampil tanpa ArchAngel yang seharusnya ikut dalam turnamen ini sebagai 4 besar di ASL 2022 Winter. Namun ArchAngel sebagai pemenang musim lalu memutuskan mundur dari turnamen ASL 2023. Hal itu ditengarai karena ArchAngel sedang bersiap dengan proses akuisisi oleh Kagendra.

Hendo Paska (Senko) dan Farhan Akbari (Albion) dari ArchAngel akan tetap tampil di ASL 2023 Spring ini. Hanya saja, mereka tampil dengan seragam baru mengingat Kagendra akan mengakuisisi penuh ArchAngel tahun ini. Tentu saja akuisisi ini makin menguatkan posisi Kagendra untuk menyongsong musim baru dengan skuad para juara dari Archangel. 

Setelah fase regular season berlangsung hingga 26 Februari 2023. Tim yang lolos akan melanjutkan ke babak Play-off dengan empat tim yang memiliki poin tertinggi di regular season. Format regular season yang sedang berlangsung ini akan mempertemukan masing-masing tim sebanyak 2 kali dalam Best of Five (Bo5).

Sementara pada babak Playoff nanti, empat tim akan bermain dengan sistem Double Elimination Best of Seven (Bo7). Play-off akan menyisakan 2 tim terkuat untuk bersaing memperebutkan piala ASL 2023 Spring pada 12 Maret 2023 yang juga akan dilaksanakan dengan format Bo7.

Seluruh pertandingan ASL 2023 Spring dapat disaksikan melalui kanal YouTube dan facebook Garena AOV Indonesia mulai 10 Januari hingga 12 Maret 2023. Penonton juga bisa mendapatkan skin gratis di momen grand final ASL nanti. 

Baca juga: Daftar Rosters 8 Tim Esports di MLBB Competitive Series Season 3, Ada Kagendra!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Makna Memberi & Menerima Bunga saat Valentine Menurut Psikolog

BERIKUTNYA

Simak Deretan Cokelat Termahal di Dunia, Harganya Sampai Miliaran Rupiah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: