Toyota rilis All-New Agya (Sumber gambar: Toyota)

All-New Agya & All-New Agya GR Sport Meluncur, Cek Spesifikasinya

13 February 2023   |   18:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Penggemar Agya mari merapat. PT Toyota-Astra Motor baru saja meluncurkan All-New Astra Toyota Agya dan Toyota Agya GR Sport. Kedua kendaraan dengan segmen berbeda ini mendapatkan transformasi secara menyeleuruh setelah hampir satu dekade.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, mengatakan perusahaan melihat ada perkembangan kebutuhan masyarakat seiring dengan evolusi tren dan gaya hidup masyarakat di dalam negeri.

Baca juga: Resmi Meluncur, Intip Spesifikasi & Harga Toyota Kijang Innova Zenix

Menurutnya, masyarakat tidak hanya menjadi mobil berdasarkan harga jual yang terjangkau. Banyak calon pelanggan mendambakan mobil dengan kualitas dasar yang lebih baik, fitur yang advanced, tampilan sporti, dan performa yang mumpuni. “Untuk menjawab kebutuhan ini, di generasi ke-2 Agya kami tidak hanya hadirkan 1. Namun, 2 model sekaligus,” katanya dalam rilis yang dilihat Hypeabis.id.

Dia menuturkan bahwa All-New Agya adalah kendaraan untuk individu yang mencari mobil pertama, yang exciting dan memberikan kedamaiana pikiran. Sementara itu, All-New Agya GR Sport untuk individu pencari sporti.

Di All-New Agya GR Sport, perusahaan menyematkan kendaraan dengan special tuning di beberapa bagian untuk menghadirkan performa dan handling yang superior. Berikut spesifikasi kedua kendaraan tersebut:


Mesin

Perusahaan memberikan pembaruan menyeluruh untuk meningkatkan efisiensi mesin dan menghemat bensin. Tidak hanya itu, perusahaan juga mengklaim menawarkan dan performa yang lebih baik.

Toyota menyematkan All-New Agya dengan mesin baru berkode WA-VE dengan ukuran kubikasi 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i, yang menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 rpm. Penerus tenaga mesin ke roda depan menggunakan transmisi CVT yang lebih ringkas, kompak, dan efisien.

Mesin 3-silinder yang tersemat memiliki keunggulan dan kelebihan berupa efisiensi dalam mengolah bahan bakar, sehingga konsumsi bensin lebih hemat dan memroduksi torsi lebih tinggi dibandingkan mesin 4-silinder dengan volume sama.

Karakter torsi kuat yang didapatkan sejak putaran mesin rendah memberikan akselerasi lebih cepat dan sigap dari model sebelumnya tanpa mengorbankan konsumsi bahan bakar. Transmisi CVT baru juga disebut turut menyumbang efisiensi mesin saat berkendara.


Performa

Kendaraan All-New Agya tersemat platform monocoque yang dikembangkan bersama suspension system yang sanggup meredam guncangan dan fleksibel terhadap kondisi jalan Indonesia yang dinamis. Handling Agya juga jadi lebih lincah, stabil, dan peluang body roll yang lebih kecil.

Improvement pada platform disebut sanggup meningkatkan kekakuan lateral, sehingga bodi belakang lebih stabil. Sementara itu, ubahan pada torsion beam yang lebih kaku membuat mobil lebih mudah dikendalikan. Perusahaan juga turut meningkatkan kineerja Electronic Power Steering (EPS) guna membuatnya lebih responsif dengan radius putar lebih kecil.


Eksterior & Interior

Dari sisi Eksterior, All-New Agya mendapatkan perubahan pada tampak depan yang membuatnya tampak lebih sporti. Kemudian, kendaraan ini juga terdapat siluet bodi dari samping yang menunjukkan postur tubuh terlihat tampak lebih besar.

Perusahaan juga menyematkan garis desain yang terlihat tajam guna memberikan kesan agresif terhadap penampilannya. Di dalam kendaraan, All-New Agya mendapatkan konsep desain horizontal.

Panel instrumen dan door trim mengadopsi tekstur tiga dimensi. Kemudian, konsol tengah dan tuas transmisi dipindahkan lebih tinggi dengan tujuan menjaga ergonomi pengemudi.

Kendaraan ini juga mendapatkan perubahan pada desain dan layout pedal agar pengemudi mendapatkan posisi duduk yang natural dan rileks.

Penggunaan advanced all-new platform untuk memperbesar dimensi kabin dengan menjaga bodi tetap kompak. Dimensi baru Agya memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm dan wheelbase 2.525 mm. Daya angkut ditingkatkan dengan menambah panjang bagasi menjadi 610 mm.


All-New Agya GR Sport

Agya GR Sport yang sebelumnya dikenal dengan harga terjangkau dan tampilan sporti di line-up GAZOO Racing di Indonesia, telah meningkatkan peran guna mempertahankan gaya sporti dan menguatkan feeling sporti.

Perusahaan menerapkan setelah khusus guna meningkatkan performa dan handling pada All-New Agya GR Sport. Di model ini tersemat aero kit yang terpasang di eksterior guna membantu meningkatkan aerodinamika sporti hatchback.
 

Sumbr gambar: tangkapan layar unggahan IG @toyotaid

Sumbr gambar: tangkapan layar unggahan IG @toyotaid



Tidak hanya itu, terdapat juga penambahan downforce kendaraan yang membuatnya dapat bermanuver dengan stabil dan lincah tanpa khawatir kehilangan kendali. Grip ban diklaim semakin baik berkat aliran udara yang dialihkan sehingga tidak menekan ban belakang.

All-New Agya GR Sport juga mendapatkan perubahan di sistem suspensi dan EPS. Exclusive shock absorber dan coil spring dibuat supaya sanggup memberikan daya redam lebih maksimal ketimbang model standar. EPS juga mendapatkan rasio roda gigi lebih rapat untuk membuatnya lebih lincah saat bermanuver. Sementara sport tires yang dipilih secara khusus diklaim mampu menambah traksi ban di jalan lurus dan menjaga grip-nya di jalan berliku.

Baca juga: Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi & Harga All New Toyota bZ4X

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Hypereport: Masa Depan Esports yang Kian Kompetitif

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Film dan Serial Netflix yang Cocok Ditonton saat Valentine

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: