Kendaraan ini memiliki harga mulai dari Rp1,19 miliar (Sumber gambar: tangkapan layar laman Toyota Astra)

Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi & Harga All New Toyota bZ4X

10 November 2022   |   17:30 WIB

PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan mobil listrik berbasis baterai produksi masal pertama perusahaan yang dipasarkan di Indonesia, yakni All New Toyota bZ4X. Peluncuran kendaraan listrik membuat sektor otomotif khususnya electric vehicle di Tanah Air kian ramai.

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda, mengatakan bahwa kendaraan ini merupakan salah satu bentuk realisasi visi perusahaan dalam menghadirkan kendaraan listrik sebagai sarana mobilitas yang bebas polusi dan ramah lingkungan.

“Sejalan dengan komitmen mobility for all, kami melengkapi pilihan teknologi elektrifikasi yang sudah ada dengan All New bZ4X sebagai produk battery EV Toyota pertama yang dipasarkan untuk pelanggan Indonesia,” katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id.

Baca juga: Wow Ada Mobil Listrik Tanpa Awak di BSD, Tertarik Mencoba?

Dia menambahkan bahwa Toyota telah menghadirkan produk elektrifikasi sejak 2009 dan pilihan produk serta teknologi yang tersedia terus bertambah di Indonesia. Hingga kini, TAM secara total melalui Toyota dan Lexus memiliki 14 pilihan produk elektrifikasi, dengan teknologi Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV.

Berikut spesifikasi kendaraan yang memiliki harga on the road (OTR) Jakarta mulai dari Rp1,19 miliar tersebut:


Platform e-TNGA

All New bZ4X dibangun oleh perusahaan dari basis platform e-TNGA yang merupakan peningkatan dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, dioptimalkan dan didedikasikan untuk kendaraan listrik berbasis baterai.

Unit bateri yang ramping terletak di bawah lantai kendaraan. Baterai yang ada di kendaraan ini merupakan bagian integral sasis yang membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang, dan bodi tinggi yang rigit.

Tidak hanya itu, posisi baterai juga membuatnya aman dari benturan dari berbagai sisi. Guna menstabilkan suhu untuk menjaga performa dan keamanan baterai, kendaraan ini juga memiliki fitur water cooling system yang menyatu dengan sistem AC mobil.


Baterai & Motor

Baterai yang tersemat di kendaraan ini adalah baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh yang dengan total voltase 355 volt, dan dapat memiliki jarak tempuh hingga 500 kilometer.

Sementara motor yang terdapat di kendaraan ini adalah AC synchronous electric generator dengan output maksimal 150 kw dan torsi 266,3 Nm.


Desain Interior

Desain interior kendaran bZ4X memiliki tema kenyamanan dan kelapangan yang memberikan suasana kabin ala living room. Tidak hanya itu, layar 12,3 inch juga tersedia di dalam mobil dengan menu navigasi dan fitur konektivitas ke gawai.
 

Fitur

Kendaraan ini juga memiliki beragam fitur seperti advance park yang dirancang untuk membantu pengemudi saat parkir paralel atau mundur. Dengan fitur ini, pengemudi tidak perlu menggerakkan kemudi.

Selain itu, kendaraan All New bZ4X juga memiliki fitur safety aktif berupa Toyota safety sense (TSS) 3.0. kemudian, fitur telematika T intouch, yang merupakan teknologi yang dapat menghubungkan pengguna dan mobil dengan beragam layanan.

Pelucuran All New Toyta bZ4X di Indonesia membuat pasar kendaraan mobil listrik kian ramai. Sebelumnya, sejumlah agen pemegang merek (APM) tercatat telah menjual kendaraan listrik full baterai di dalam negeri. Kendaraan-kendaraan tersebut seperti Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air EV.

Dilansir dari laman Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan ke dealer atau wholesale seluruh ragam tipe Ioniq 5 mencapai 947 unit dari Januari sampai dengan September 2022. 

Sementara itu, masih dalam data Gaikindo, penjualan ke dealer seluruh tipe Wuling Air EV dari Januari sampai dengan September 2022 sebanyak 2.708 unit.


Editor: Indyah Sutriningrum

 
SEBELUMNYA

MOA Bangun, HYBE Umumkan TXT Siap Comeback Januari 2023

BERIKUTNYA

5 Destinasi Wisata Ini Menarik & Layak Dikunjungi Ketika Berlibur ke Qatar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: