Salah satu karya patung di Arta Jakarta Gardens 2023 (Sumber gambar: Suselo Jati/ Hypeabis.id)

Intip 5 Karya Instalasi & Patung yang Jadi Sorotan di Art Jakarta Gardens 2023

08 February 2023   |   21:40 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

4. The Light of Journey 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Art Jakarta (@artjakarta)



Perupa FX Harsono pun turut menghadirkan katya instalasi bertajuk The Light of Journey yang terinspirasi dari Lien. Yaitu sebuah puisi yang dituliskan di sebuah pintu dalam interior rumah keturunan Tionghoa di Indonesia. Namun,  Namun, tradisi tersebut kini sudah mulai hilang dan tidak diterapkan lagi oleh mereka.

Karya instalasi berbentuk perahu itu dibuat oleh sang seniman untuk mengangkat kembali spirit tradisi Lien dengan pendekatan baru dalam memaknai kebudayaan China. Perupa asal Blitar, Jawa Timur itu juga menggunakan medium perahu kayu  yang dulunya menjadi transportasi andalan masyarakat China saat bermigrasi ke berbagai daerah.

Adapun, puisi Lien yang ditemukan oleh FX Harsono dari artefak di rumah Tionghoa itu adalah kata-kata bijak yang berbunyi, bercita-cita besar tak lupa moral. Menurutnya kalimat tersebut mempunyai makna mendalam. Pasalnya yang terpenting dalam hidup adalah langkah tahap demi tahap, alih-alih mengedepankan tujuan akhir.


5. Aquifer 

 

Studio fabrikasi Digital Nativ asal Jakarta yang piawai memadukan seni, kerajinan, dan teknologi, juga mempresentasikan karya bertajuk Aquifer, dengan dukungan iForte, untuk mengangkat lingkungan. Dalam karya instalasi yang dipacak dekat rerimbunan pohon ini pengunjung bakal dimanjakan dengan warna-warna lampu Led yang menyala indah di malam hari.

Adapun, melalui instalasi interaktif berukuran 3x3 meter ini Digital Nativ ingin mengungkap hubungan antara kota dan salah satu sumber daya terpentingnya, yaitu air tanah. Aquifer terdiri dari rangkaian tabung laser otomatis yang menyala, masing-masing mewakili titik ekstraksi air tanah di wilayah kecamatan sekitar Jakarta dan didorong oleh kumpulan data historis dan proyeksi.

Nah, itulah dia Genhype beberapa karya seni patung dan instalasi yang bisa kalian nikmati saat berkunjung ke Art Jakarta Gardens 2023 di di Hutan kota by Plataran. Jadi, sudah berencana ke sana dalam waktu dekat ini? 

Editor: Fajar Sidik 
1
2


SEBELUMNYA

20 Franchise Anime Terlaris 2022, Bisnis Pop Kultur Jepang Ikut Cuan

BERIKUTNYA

5 Ide Kado untuk Orang Tersayang pada Hari Valentine

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: