Karya seniman Cadio Tarompo berjudul Selamat Tinggal Corona (Sumber: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Optimisme Menuju Hari yang Lebih Baik dalam Lukisan 'Selamat Tinggal Corona'

07 February 2023   |   14:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Wujud Harapan dalam Karya Seni 

Kurator pameran New Hope, Arif Bagus Prasetyo, menuturkan bahwa lukisan yang dibuat Cadio Tarompo itu merupakan salah satu karya harapan baru dalam konteks pandemi Covid-19. Selain Cadio, beberapa karya dari seniman lainnya juga bersentuhan dengan situasi pandemi.

Dalam pameran tersebut, terdapat juga harapan yang dikaitkan dengan isu selain pandemi. Misalnya terkait dengan kesadaran lingkungan yang lebih baik. Pameran yang berlangsung hingga 23 Februari itu secara umum mengangkat tema harapan, dengan adanya keinginan memberi energi positif di tengah situasi saat ini. 
 

“Kami ingin seni memberikan semangat di tengah situasi sulit,” katanya. 


Dalam kuratorialnya, Arif menuturkan bahwa pameran ini mewartakan harapan akan datangnya hari baru yang cerah, menggantikan masa kelam dan sulit di tengah pandemi, peperangan, serta berbagai krisis yang melanda dunia kontemporer.

Ada empat kerangka yang digunakan dalam pameran ini untuk menerjemahkan gagasan tentang harapan. Kerangka pertama adalah tema. Dalam kerangka ini, sejumlah karya dalam pameran menampilkan tema atau subjek yang berkaitan dengan gagasan tentang harapan. 

Kerangka kedua yang digunakan pameran ini untuk menjabarkan tema harapan adalah ekspresi visual. Sejumlah perupa menerjemahkan ide tentang harapan secara ekspresif dengan bahasa artistik yang meriah dan bergelora.

Karya para seniman seakan memiliki jiwa gairah hidup yang meluap dalam perayaan riuh garis dan warna. Warna-warni cerah dapat ditemui mendominasi dalam karya-karya tersebut. Sapuan cat atau goresan garis seakan-akan menari, menggemakan suasana joie de vivre, kegembiraan hidup.

Kerangka ketiga adalah eksplorasi. Dalam kerangka ini, seni menghidupkan kreativitas. Seni diharapkan dapat tetap hidup dan berkembang selama api kreativitas tetap menyala dan eksplorasi berada di jantung kreativitas. 

Pameran ini mengibarkan harapan dengan menyambut momen eksplorasi seni. Sejumlah karya menunjukkan upaya eksplorasi pendekatan artistik. Beberapa perupa tampak berikhtiar menerabas batas konvensi demi menjelajahi wilayah kemungkinan baru.

Mereka memperlihatkan eksplorasi bentuk dan media untuk menantang paham konvensional tentang lukisan atau patung. Kerangka keempat, pameran ini mendekati tema harapan dengan kerangka generasi. Harapan akan masa depan sudah selayaknya diletakkan di tangan generasi baru.

Beberapa peserta pameran ini mewakili generasi baru perupa Indonesia. Pameran New Hope adalah tentang harapan yang mesti selalu ditumbuhkan dalam kehidupan kini, yang banyak dihantui kecemasan, ketidakpastian, dan kekalutan.

Baca juga: 5 Agenda Pameran Seni Sepanjang Februari 2023, Ada Art Jakarta Gardens dan The Big Picture

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

MWI 2023 Jadi Wadah Pro Player Ladies Unjuk Gigi di Kawasan Asia Tenggara

BERIKUTNYA

Tren Desain Interior 2023 Bakal Dipengaruhi Berbagai Faktor Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: