Program Playdate dari Blibli (Sumber gambar: Blibli)

100 Ibu dan Anak Lakukan Playdate Bersama Guna Kembangkan Motorik & Jiwa Sosial Anak

06 February 2023   |   16:18 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ibu menjadi sosok penting bagi tumbuh kembang anak. Tak hanya mengurus keperluan sehari-hari, kecerdasan anak juga turut menjadi bagian dari keperluan anak yang harus diperhatikan. Salah satu bagian dari kecerdasan yang harus diperhatikan adalah kecerdasan motorik.

Kecerdasan motorik berkaitkan dengan kemampuan gerak anak yang bertumbuh seiring pertumbuhan sarafnya. Untuk itu, kecerdasan ini harus dilatih agar anak mampu menumbuhkan minat dan talenta anak di masa depannya. Sudah banyak contoh kegiatan pengembangan motorik yang dilakukan oleh para ibu. Salah satu yang paling populer adalah bermain bersama atau playdate.

Playdate menjadi salah satu metode mengembangkan kecerdasan motorik dengan cara yang asyik, membuat anak-anak senang dan nyaman sambil belajar. Apalagi, kegiatan bermain ini dilakukan bersama-sama dengan anak yang lainnya. Hal itu membantu menumbuhkan semangat belajar dan bermain serta pengembangan kehidupan sosial anak.

Baca juga: Bunda, Yuk Pahami Lagi Kenapa Bermain Jadi Stimulasi Terbaik Untuk Anak

Berdasarkan survei Milieu Insight, pengembangan anak masih menjadi prioritas bagi 66 persen ibu di Indonesia. Mendukung laporan itu, sekitar 100 pasangan ibu dan anak melakukan playdate untuk mendorong perkembangan motorik anak. Kegiatan ini dilakukan oleh Komunitas Sahabat Ibu Pintar dari Blibli, berkolaborasi dengan Rumah Dandelion.

Kegiatan itu ditujukan memberi pengetahuan kognitif dan membangun kemampuan motorik lewat kegiatan bermain. Program ini pun dibuat sebagai bentuk kesadaran akan pentingnya pelatihan fisik motorik anak sejak usia dini.
 

Program Playdate dari Blibli (Sumber gambar: Blibli)

Program Playdate dari Blibli (Sumber gambar: Blibli)


Playdate menjadi sarana dan wadah bagi orang tua mengasah kemampuan kognitif dengan metode yang efektif. Berlangsung di Jakarta pada 4 Februari 2023, 100 keluarga memiliki waktu panjang untuk bermain bersama anak. Kegiatan yang ditujuk untuk motoric anak ini dilakukan secara interaktif. Mulai dari storytelling, dance, DIY lantern, hingga DIY playdough di ruangan terbuka.

Sempat dilaksanakan pada Juli 2022 dengan jumlah peserta terbatas, kali ini program besutan Blibli itu mengundang lebih banyak keluarga. Kali ini, program itu juga membawa Rumah Dandelion sebagai pusat layanan psikologi yang fokus pada pemberian kegiatan orangtua dan anak usia dini. Rangkaian kegiatan dibuat untuk tumbuh kembang yang lebih optimal.

Mengandeng Komunitas Sahabat Ibu Pintar, komunitas yang ditujukan mendukung gaya hidup para ibu termasuk dalam pengetahuan parenting. “Saat ini memiliki 30 anggota, semuanya saling berbagi pengetahuan dan mencari solusi pintar seputar pola asuh anak dan self-esteem,” kata Devina Tandian selaku Vice President Social Media & Community Blibli.

Psikolog dari Rumah Dandelion, Binky Paramitha menyebut, ibu memiliki peran krusial untuk mendukung perkembangan anak dengan optimal. Beberapa hal yang harus dilakukan adalah melatih pengetahuan kognitif, motorik, bahasa, sosial serta emosional anak sedari dini.

"Bermain adalah salah satu cara yang efektif dalam menstimulasi tumbuh kembang anak. Program playdate bia memberi ide bermain antara anak dan orang tua serta meningkatkan bonding di antara mereka. Selain itu juga ada kesempatan luas untuk bersosialisasi," jelas Binky.

Baca juga: Kembangkan Imajinasi Anak dengan Bermain & Bercerita

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

9 Cara Mematahkan Kecanduan Smartphone

BERIKUTNYA

Begini Respons KPAI Terkait Maraknya Isu Penculikan Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: