Ilustrasi pria memakai skincare. (Sumber gambar : Freepik/Wayhomestudio)

5 Kiat Perawatan Kulit Pria untuk Tampil Fresh dan Sehat

06 February 2023   |   09:21 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Rangkain perawatan kulit sangat penting guna menunjang penampilan. Rutinitas ini memang identik dilakukan wanita, tetapi dalam beberapa waktu terakhir, trennya di kalangan pria meningkat. Alhasil, kini tidak sedikit produk skincare diciptakan khusus untuk pria. 

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Hari Darmawan menyampaikan sejatinya pria memerlukan perawatan kulit yang jauh lebih intens dibandingkan wanita. Hal ini karena mereka paling sering beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga: Tak Lagi Identik Wanita, Ini Alasan Pria Mulai Rutin Pakai Skincare

Selain itu, tekstur kulit pria 20 persen lebih tebal dan memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif dibandingkan kulit wanita. “Kulit pria lebih rentan terhadap masalah jerawat hingga kusam,” ujar Hari, seperti dikutip Hypeabis.id dari keterangan resmi, Senin (6/2/2023).
 
Oleh karena itu, penting bagi pria merawat kulit mereka. Nah buat kamu kaum adam yang baru ingin mencoba, berikut kiat perawatan kulit yang bisa kamu lakukan. 


1. Lakukan Tiga Langkah Dasar

Hari menyampaikan, tahapan dasar pada skincare pria cukup dimulai dengan membersihkan wajah memakai sabun muka, menggunakan moisturizer untuk menjaga kelembaban wajah, dan memakai sunscreen pada pagi atau siang hari. Kelembaban adalah kunci kesehatan kulit. Cobalah pelembab organik yang mengandung minyak kelapa karena sangat menutrisi kulit dan dapat meresap dengan cepat. 


2. Kenali Jenis Kulit 

Sebelum memakai skincare, memang ada baiknya untuk mengetahui kondisi kulit kamu. Dengan demikian, perawatan kulit yang dipakai bisa maksimal dan justru tidak menimbulkan maslah baru.

Pria dengan kulit berminyak, menurut Hari dapat menggunakan toner berbahan aktif AHA dan BHA untuk memperkecil pori-pori wajah. Sedangkan pria dengan kulit kering bisa memakai pembersih wajah oil-based atau berbahan dasar minyak.


3. Gunakan Eye Cream untuk Cegah Penuaan Dini

Ciri penuaan dini pada pria yang paling sering ditemukan yaitu munculnya noda hitam, kerutan, atau kantung mata. "Eye cream merupakan produk skincare yang efektif untuk memperlambat terjadinya penuaan dini,” sebut Hari.

Kulit tipis di sekitar mata pun membutuhkan hidrasi khusus yang disediakan krim mata. Produk ini juga memiliki bahan-bahan yang menenangkan dan menutrisi area bawah mata. Teksturnya sangat lembut atau ringan, serta tidak berminyak. 


4. Minimalisir Risiko Kanker Kulit dengan Sunscreen

Salah satu penyebab utama kanker kulit adalah paparan sinar radiasi ultraviolet (UVA dan UVB) yang berlebihan. Oleh karena itu, Hari menyarankan untuk  menggunakan sunscreen dengan SPF 30-50 PA++++. "Ini untuk mengurangi risiko terkena kanker kulit,” imbuhnya.

Untuk perlindungan sepanjang haru, kamu perlu mengaplikasikan kembali tabir surya ini ketika berada di bawah sinar matahari selama lebih dari 2 jam. Oleskan kembali pula setelah berenang atau berkeringat. 

Tabir surya juga berfungsi untuk men lindungi kulit dari sunburn. Terlalu banyak paparan sinar matahari atau paparan sinar UV tanpa perlindungan, dapat menyebabkan luka bakar yang menyakitkan. 
 

5. Nutrisi dengan Makanan Baik

Rangkain produk skincare tidak akan maksimal jika kamu tidak memerhatikan asupan. Beberapa nutrisi berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Sebagai contoh vitamin C yang membantu dalam produksi kolagen. Asupan vitamin C yang tidak mencukupi dapat menyebabkan penurunan elastisitas dan kekuatan kulit. 

Kurangnya vitamin C juga dapat menyebabkan penyembuhan luka yang lebih lama bahkan meninggalkan bekas. Oleh karena itu, untuk memenuhi asupan vitamin tersebut, kamu bisa mengonsumsi  jus jeruk atau semangkuk stroberi. 

Selain vitamin C, asupan vitamin B juga penting. Vitamin B ditemukan dalam produk biji-bijian utuh, bibit gandum, dan susu. Vitamin B mencegah kulit bersisik, kering, atau berminyak dan mempercepat penyembuhan luka.

Jangan lupakan vitamin A yang ditemukan dalam sayuran hijau, kuning telur, dan hati. Sementara itu, vitamin D dalam susu dapat menekan gejala psoriasis.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Banyak Orang Minat Olahraga Yoga, Ternyata Ini Alasannya

BERIKUTNYA

Ide Bisnis Kuliner Praktis & Cuan, Coba 3 Resep Pisang Cokelat Ini Yuk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: