Pisang cokelat lumer. (Sumber foto: Frisian Flag)

Ide Bisnis Kuliner Praktis & Cuan, Coba 3 Resep Pisang Cokelat Ini Yuk

06 February 2023   |   10:02 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bisnis kuliner menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Tidak perlu rumit, kamu bisa memanfaatkan bahan makanan yang sehari-hari dikonsumsi atau mudah ditemukan. Salah satunya pisang dan cokelat. Selain harganya yang relatif murah, pisang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan.

Pisang kaya akan vitamin dan serat. Buah yang identik berwarna kuning kulitnya jika matang, sumber karbohidrat, vitamin A, magnesium, dan kalium. Menurut catatan dari Kementerian Kesehatan, pisang merupakan salah satu buah yang mengandung mangan cukup tinggi. Oleh krena itu, mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menyehatkan tulang.

Baca juga: 5 Makanan Unik yang Identik dengan Hari Valentine di Berbagai Negara, Ada Sup Ikan Piranha

Menurut catatan dari Kementerian Kesehatan, pisang merupakan salah satu buah yang mengandung mangan cukup tinggi. Oleh krena itu, mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menyehatkan tulang.

Zat besi yang terkandung dalam pisang baik bagi orang yang kekurangan darah merah. Tepatnya dapat mengatasi anemia. Buah dari tanaman herba ini juga kaya kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Di balik ragam manfaatnya, mengolah pisang menjadi ide bisnis kuliner pun cukup mudah. Selain digoreng dengan tepung, kamu bisa mengkreasikannya dengan cokelat. Sajian lezat ini pasti digemari anak-anak hingga orang dewasa.

Nah buat kau yang ingin memulai bisnis kuliner, coba tiga resep pisang cokelat yang mudah ini yuk. Untuk porsi, disesuaikan saja ya, Genhype.


1. Pisang Cokelat Lumer


Bahan
  • 5 buah pisang
  • 20 lembar kulit lumpia
  • Keju parut
  • Kental manis cokelat atau cokelat batang (potong dadu atau iris tipis)

Cara Membuat

  1. Kupas pisang, potong menjadi dua sisi. Bisa dibelah juga menjadi empat sisi memanjang
  2. Siapkan kulit lumpia di atas wadah datar. Isi kulit lumpia dengan potongan pisang
  3. Tambahkan kental manis cokelat atau cokelat batang sesuai selera. Setelah itu, taburkan keju parut di atasnya
  4. Olesi pinggir kulit lumpia dengan air sebagai perekat. Lipat kulit lumpia berisi cokelat hingga tertutup merata menjadi persegi empat, seperti bantal. Ulangi sampai potongan pisang habis.
  5. Siapkan penggorengan dan minyak. Biarkan sampai panas. Goreng kulit lumpia hingga berwarna kecoklatan. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  6. Kamu bisa menambahkan keju parut di atasnya. 
  7. Pisang cokelat lumer siap disajikan


2. Pisang Keju Cokelat Goreng


Bahan
  • Pisang 
  • 1 sdm garam dapur
  • Susu kental manis
  • Keju Cheddar
  • Keju Spready
  • Coklat batang manis
  • Tepung terigu
  • Minyak goreng
  • Air mineral

Cara Membuat
  1. Campurkan tepung terigu, air mineral, dan satu sendok garam dapur ke dalam sebuah wadah. Aduk hingga meratadan adonan berubah teksturnya menjadi kental
  2. Kupas kulit pisang, potong menjadi irisan-irisan kecil. Usahakan irisan tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal
  3. Siapkan wajan penggorengan. Tuangkan minyak goreng ke dalamnya, dan tunggu sampai minyak panas
  4. Seraya menganggu minyak panas, masukan pisang yang sudah dipotong menjadi irisan kecil ke dalam wadah berisi adonan tepung terigu, air mineral dan garam dapur. Biarkan beberapa saat hingga meresap
  5. Masukan irisan pisang yang telah dilumuri dengan adonan tepung terigu ke dalam penggorengan. Tunggu hingga pisang berubah warna menjadi kecoklatan dan tampak lapisan kulit garing
  6. Angkat dan tiriskan pisang goreng. Gunakan kertas minyak untuk mempercepat proses penirisan. Dinginkan pisang yang sudah digoreng
  7. Sementara itu, ambil keju cheddar, parut menjadi butiran keju panjang. Lelehkan pula coklat batang manis sebagai topping. Bisa juga diparut saja
  8. Letakan pisang goreng pada satu wadah baru. Campurkan topping keju yang sudah diparut dan coklat batang manis yang dilelehkan atau diparut. Kemudian Oleskan keju spready sebagai topping untuk memperkuat cita rasa gurih keju. Sajikan.
1
2


SEBELUMNYA

5 Kiat Perawatan Kulit Pria untuk Tampil Fresh dan Sehat

BERIKUTNYA

2 Kasus Baru Gagal Ginjal Akut, 1 Anak Meninggal Pasca Minum Obat Penurun Panas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: