Ilustrasi dua orang yang sedang melakukan latihan fisik (Dok. Olia Danilevich/Pexels)

6 Tren Kesehatan & Kebugaran yang Bakal Populer Tahun Ini

10 January 2022   |   19:18 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Semenjak pandemi, banyak orang yang lebih memperhatikan kesehatan tubuhnya baik secara fisik maupun mental. Virus Covid-19 yang masih terus menyerang manusia membuat banyak orang menjadi waspada dan berusaha menjaga kesehatan tubuhnya agar tetap fit dan sehat.

Tak hanya kesehatan fisik, belakangan ini orang-orang juga semakin peduli dengan kesehatan mental. Menurut analisis data pencarian oleh Klinik Kesehatan Bupa, tahun ini diprediksi orang-orang akan semakin menggandrungi olahraga yang bisa meningkatkan suasana hati.

Dilansir Stylist, Senin (10/1/2022), berikut 7 tren kesehatan dan kebugaran pada 2022 menurut direktur klinis asosiasi Bupa, Dokter Elizabeth Rogers.


1. Mengonsumsi makanan sehat


Dengan peningkatan pencarian di Google tentang kesehatan usus sebesar 83 persen, Dokter Rogers memprediksi orang-orang akan semakin memperhatikan makanan yang dikonsumsi untuk kesehatan pencernaan seperti usus.

Kesehatan usus merujuk pada sistem pencernaan yang juga dikenal sebagai saluran gastrointestinal atau keseimbangan bakteri di dalam usus.

“Usus mencerna makanan, menampung berbagai bakteri, menyerap energi dan nutrisi, serta membuang produk sisa,” kata Dokter Rogers.

Untuk menjaga kesehatan usus, Dokter Rogers merekomendasikan untuk menjalankan diet seperti mengonsumsi makanan utuh, buah dan sayuran, serta menghindari makanan olahan yang mengandung zat aditif dan pengawet. Tak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik, kebiasaan itu pun bisa meningkatkan kesehatan mental seseorang.


2. Lebih ramah lingkungan


Meningkatnya tingkat kecemasan pada lingkungan, membuat orang-orang akan semakin sadar dan mulai memperhatikan gaya hidup yang berkelanjutan. Menurut Dokter Rogers, hal itu akan membuat orang-orang mulai menjalani gaya hidup yang bisa menyelamatkan Bumi.

Agar kebiasaan gaya hidup ramah lingkungan bisa dilakukan secara konsisten, Dokter Rogers menyarankan untuk mulai dengan membuat perubahan kecil seperti memilih makanan produk lokal atau kurangi sebisa mungkin sampah yang dihasilkan dari makanan.


3. Fokus berolahraga


Beberapa pencarian istilah yang meningkat di Google seperti mindful moving, mindful exercise, dan mindful running, diprediksi akan semakin populer di tahun ini. 

Dokter Rogers mengatakan berdasar penelitian, menggabungkan kesadaran dengan olahraga memiliki banyak manfaat, termasuk menurunkan risiko depresi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, olahraga secara teratur juga dapat meningkatkan mood, menghilangkan stres, dan mengurangi kecemasan. 

Untuk berolahraga dengan berkesadaran, kamu bisa memulainya dengan fokus pada gerakan olahraga dan menghindari gangguan apapun. Rasakan tubuh bergerak dan nikmati suasana lingkungan di sekitar.

(Baca juga: 6 Buku Bergizi tentang Kesehatan Mental yang Menarik Dibaca)
 

Ilustrasi (Dok. Mikhail Nilov/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Mikhail Nilov/Pexels)


4. Menghindari stres


Kondisi pandemi dan kebiasaan baru bekerja dari rumah telah banyak membuat orang mengalami stres. Oleh karena itu, Dokter Rogers memprediksi bahwa akan lebih banyak orang menghindari stres di tahun ini.

Teknik relaksasi seperti latihan pernapasan adalah salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat stres. Menurut Dokter Rogers, cara ini bisa meredakan stres atau kecemasan yang kamu rasakan, termasuk merasa santai dan mencari tahu apa yang paling baik untuk diri sendiri.


5. Mencatat jurnal


Salah satu kegiatan untuk menjaga kesehatan mental yang akan populer juga adalah menulis jurnal suasana hati. Menurut Dokter Rogers, cara ini bisa menjadi tip sederhana untuk melacak emosi seseorang, untuk mengetahui akar dari perasaan negatif yang masih ada.

“Ini memungkinkan kamu mengenali emosi negatif dan mengambil tindakan untuk perasaan itu seperti membuka diri atau bertemu profesional mental. Menuliskan perasaanmu juga telah terbukti mengurangi perasaan cemas dan depresi,” kata Dokter Rogers.


6. Menjaga sistem kekebalan tubuh


Pandemi yang masih berlangsung dan munculnya beberapa varian Covid baru, membuat orang-orang akan semakin menjaga kekebalan tubuh mereka. 

“Sistem kekebalan yang kuat bukan sesuatu yang bisa instan, tetapi meningkatkan kesehatan dan kebugaran secara teratur akan memberikan dampak yang besar,” kata Dokter Rogers.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, tidur yang teratur, dan memenuhi kebutuhan dosis harian vitamin D.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Seperti Ini Seni Rupa Patung yang Diharap Ada di Ibu Kota Negara Baru

BERIKUTNYA

DVWN hingga STAYC, Ini 6 Penyanyi Korea yang Masuk Daftar Artis Baru NME

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: