Ilustrasi gerakan yoga (Sumber gambar: Content Yoga)

Peminat Yoga Terus Bertambah, Tarifnya Mulai dari Ratusan Ribu hingga Puluhan Juta Rupiah

05 February 2023   |   18:53 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Disadari atau tidak, kehidupan modern saat ini bergerak sangat cepat, terlebih di kota-kota besar seperti Jakarta. Hampir setiap hari, kaum urban dituntut untuk terus mengejar segala pencapaian baik dalam hal materi, karier, maupun status sosial.

Kondisi dan rutinitas yang cenderung penuh tekanan seperti itupun tak jarang membuat banyak orang cepat lelah dan stres. Meski demikian, tak sedikit orang kini mulai mencoba berbagai cara untuk mendapatkan ketenangan jiwa sekaligus menjaga kebugaran tubuh dengan yoga.

Baca juga: Mau Berat Badan Turun? Coba Pose Yoga Ini Yuk

Yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik. Olahraga yang berasal dari India ini memang sudah dipraktikkan sejak lama dan telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi.

"Yoga sekarang menjadi salah satu gaya hidup menuju well being karena sifatnya olahraga yang holistik atau keseluruhan, mulai dari tubuh, pikiran, dan jiwa," kata Pelatih Yoga, Hartati, saat dihubungi Hypeabis.id.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari yoga khususnya bagi keseimbangan mental dan emosi apabila dilakukan dengan rutin dan benar. Dari segi fisik, yoga bisa juga membantu perubahan struktur badan, sehingga organ tubuh berfungsi dengan baik.

Secara umum, yoga memiliki beberapa jenis seperti ashtanga, kripalu, bikram, dan vinyasa. Olahraga satu ini juga identik dengan gerakan-gerakan yang menuntut kelenturan badan, hingga pose-pose melipat badan yang terbilang ekstrem, terlebih bagi pemula.

Namun, Hartati mengatakan seiring waktu, yoga sebagai salah satu jenis olahraga juga mengalami perkembangan yang relatif cepat dan didukung oleh ilmu pengetahuan ilmiah, sehingga lebih mengutamakan gerakan-gerakan yang aman dari risiko cedera.

"Kembali ke tujuan utamanya adalah sebagai alat untuk mengendalikan pikiran dalam mengatasi masalah kehidupan masing-masing," jelasnya.
 


Minat & Tarif Latihan Yoga

Sebagai pemilik salah studio yoga, Hartati mengatakan minat masyarakat untuk olahraga yoga saat ini cukup besar. Selain tertarik melakukan pose-pose menarik, menantang, dan indah, sebagian besar orang menjalani yoga pada umumnya ingin mengurangi stres dengan sesi meditasi dan pernapasan.

Selain itu, karena alasan mengikuti saran dokter sebagai pendamping dari perawatan kesehatan di mana yoga sebagai bagian dari terapi, hingga kaum perempuan yang ingin menurunkan berat badan, menaikkan vitalitas, dan mengubah struktur tubuh sehingga lebih fleksibel dan kuat.

Di studio Content Yoga yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang, terdapat beberapa jenis yoga yang ditawarkan dengan rentang harga mulai dari Rp300.000 hingga Rp60 juta untuk kelas privat. 

"Kebanyakan klien kami mengambilnya kelas privat, karena latihannya menyesuaikan dengan tubuh masing-masing orang dan didampingi oleh pelatih khusus," ucapnya.
 
Jenis latihan yang ditawarkan pun beragam mulai dari kelas grup meditasi, pernapasan, relaksasi, stretching, terapi, hingga kelas yang membutuhkan stamina tinggi.

Selain itu, ada pula kelas privat bagi orang yang ingin mencapai tujuan tertentu dengan yoga, misalnya ingin menguasai pose tertentu. Adapun, Hartati mengatakan bahwa saat ini latihan yang cukup diminati praktisi adalah latihan handstands untuk melatih kesabaran dan keseimbangan tubuh.

Termasuk lifestyle medicine untuk mengatasi sejumlah keluhan kesehatan yang diakibatkan oleh gaya hidup modern saat ini seperti sakit punggung, tulang belakang, atau insomnia. "Yoga menjadi semacam self care juga, meluangkan waktu untuk lebih mengenali sekaligus mengevaluasi diri," katanya.

Oleh sebagian orang, tarif tersebut mungkin terbilang mahal dibandingkan dengan kelas-kelas yoga lainnya. Namun, Hartati mengatakan tarif dari latihan yoga bergantung dengan edukasi latihan yang diberikan termasuk sertifikasi yang dijalankan oleh pelatihnya.

Sebab, training atau pelatihan yang harus dijalankan oleh seorang guru yoga pun terbilang mahal. Dia menuturkan untuk pelatihan guru yoga selama satu bulan minimal bisa mengeluarkan biaya sebesar Rp150 juta.

Setelah itu, tak jarang mereka juga harus mengambil kelas anatomi dan fisiologi tubuh.

Baca juga: Ini Lho 10 Manfaat Yoga untuk Genhype yang Sedang Tinggal di Rumah

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

6 Film & Reality Show Romantis yang Pas Ditonton Saat Momen Valentine

BERIKUTNYA

Daftar Rosters 8 Tim Esports di MLBB Competitive Series Season 3, Ada Kagendra!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: