Ilustrasi (Sumber gambar: freepik)

Tips Sederhana Agar Tetap Fit Selama Work From Home

09 February 2022   |   20:21 WIB

Kasus penularan Covid-19 mengalami peningkatan drastis sepanjang pekan ini sehingga hampir sebagian besar kantor memberlakukan sistem work from home. Namun, tidak semua orang yang tinggal di kota-kota padat memiliki kemewahan untuk pergi keluar untuk berolahraga.

Oleh karena itu kita harus tetap aktif, bahkan dari meja, agar tetap sehat meskipun tampaknya kita harus tinggal lebih lama di dalam rumah.
 
Sistem kerja work from home mungkin kurang ideal untuk sejumlah orang dengan ruang kerja terbatas. Kursi atau meja yang tidak sesuai bisa mengacaukan postur dan membuat tubuh cepat pegal.

Untuk mengatasi ini, kita harus lebih sering bangun dan melakukan peregangan dari waktu ke waktu. Selain itu, hal ini juga akan bermanfaat pada produktivitas.

Beberapa dari kalian mungkin akan mengatakan, "Duh, tidak ada waktu untuk itu." Jangan salah, ternyata untuk tetap fit dan sehat saat bekerja dari rumah tidak menyita banyak waktu, kok.

Berikut ini beberapa latihan sederhana dan efektif yang dapat dilakukan dengan cepat, bahkan dari meja kerja.
 

Push-up 

Ini push-up alternatif yang bisa kalian lakukan dengan bersandar pada dinding atau meja kerja. Pastikan meja kalian kuat untuk menahan beban tubuh sebelum melakukan langkah ini.

Letakkan tangan pada permukaan meja atau dinding, sedikit lebih lebar dari panjang bahu. Mulai push-up dengan cara biasa. Lakukan minimal 20 kali. Jika bersandar pada dinding, pastikan saja inti tubuh (core) tetap aktif.
 

Squat

Squat di kursi dapat dilakukan saat melakukan pekerjaan bahkan di tengah-tengah zoom meeting. Yang perlu kalian lakukan adalah berdiri lalu ambil posisi jongkok ke arah kursi tanpa duduk, kemudian bangun lagi. Biarkan tumit menopang berat badanmu. Ulangi hingga 10 kali.
 

Skipping

Kalau kalian punya tali skipping, latihan satu ini bisa jadi olahraga yang paling efektif. Jika tidak, kalian bisa melompat tanpa tali. Lompatlah dengan intensitas yang sama seperti saat kalian memegang tali.
 

Oblique Twist

Langkah satu ini akan efektif melatih core jika kalian punya kursi putar. Yang harus kalian lakukan adalah duduk tegak di kursi, angkat kaki sedikit ke atas agar tidak menyentuh lantai, pegang meja agar tidak jatuh atau terpeleset, lalu lakukan gerakan  iring dengan memutar kursi dari samping. ke samping. Ulangi setidaknya 15 kali.
 

Neck Roll

Ini mungkin latihan paling dasar dan direkomendasikan bagi siapa saja yang menghabiskan lebih dari satu jam di depan komputer.

Seringkali saat bekerja kita begitu asyik sehingga kita lupa leher kita kaku. Setelah setiap 1,5-2 jam, putar leher searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam 10 kali. Ini akan mengendurkan otot dan membuatnya lebih fleksibel. 
 

Shoulder & Upper Back Stretch

Latihan dasar lain yang akan memastikan otot tubuh bagian atas tetap dalam kondisi prima saat bekerja dari rumah adalah peregangan bahu dan punggung.

Yang harus dilakukan adalah memegang satu tangan dengan yang lain, angkat lurus di atas kepala dengan telapak tangan ke arah langit-langit. Ambil sekitar 2-3 napas dalam-dalam saat melakukannya untuk langsung merasakan otot-otot lebih rileks.

Atau, pegang kedua tangan di depan, dalam garis lurus, menghadap ke bawah. Turunkan kepala sedemikian rupa sehingga sejajar dengan lengan belakang, saat melihat ke bawah posisikan punggung sedikit melengkung. Ambil sekitar 2-3 napas dalam-dalam untuk mengendurkan otot-otot.


Editor: Gita
SEBELUMNYA

Pementasan Lakon Sampek Engtay Diundur ke 5-6 Maret 2022

BERIKUTNYA

Nintendo Gaet ITZY untuk Promosi Terbaru Gim Pokémon Legends: Arceus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: