Ilustrasi aplikasi serum pada wajah. (Sumber foto: Pexels/Koolshooters)

Segudang Manfaat Niacinamide, Cocok untuk Kulit Sensitif

31 January 2023   |   21:30 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Selain manfaat yang dibahas sebelumnya, berikut Hypeabis.id tambahkan kegunaan niacinamide dalam ulasan berikut ini. 


1. Agen Pembersih Pori-pori

Dilansir oleh situs web Paula's Choice, niacinamide juga bagus untuk kulit dengan masalah pori-pori. Meskipun secara ilmiah belum ada kesimpulan pasti, tampaknya bahan aktif ini memiliki kemampuan untuk menormalisasi lapisan pori. Niacinamide berperan dalam mencegah penumpukan kotoran, yang menyebabkan penyumbatan hingga kulit yang terasa kasar.

Saat penyumbatan terbentuk dan memburuk, pori-pori meregang untuk mengimbanginya sehingga menyebabkan pori-pori membesar. Dengan membantu semuanya kembali normal, penggunaan niacinamide membantu pori-pori kembali ke ukuran normalnya. 

Kerusakan akibat sinar matahari juga dapat menyebabkan pori-pori menjadi meregang, atau yang lebih sering disebut sebagai kulit jeruk. Konsentrasi niacinamide yang lebih tinggi dapat membantu mengencangkan pori-pori secara nyata dengan menopang elemen pendukung kulit. 


2. Cocok untuk Kulit Berjerawat & Sensitif

Penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi 2 persen (atau lebih) sangat efektif untuk membantu noda merah memudar lebih cepat. Ini berarti produk yang mengandung niacinamide adalah pilihan yang baik untuk mereka yang memiliki kulit berjerawat. 

Niacinamide juga merupakan pilihan yang baik untuk mereka yang memiliki kulit berminyak berlebih dengan mengontrol produksi minyak.

Namun dalam beberapa kasus, produk perawatan kulit  dengan niacinamide terkadang dapat menyebabkan munculnya breakout pada kulit yang rentan berjerawat. Jika kalian mulai mengalami lebih banyak jerawat saat menggunakan produk niacinamide, segera hentikan penggunaan.


3. Memudarkan Diskolorasi pada Kulit

Niacinamide juga bermanfaat untuk perubahan warna dan warna kulit tidak merata. Kedua kekhawatiran ini berasal dari kelebihan melanin (pigmen kulit) yang muncul di permukaan kulit. Niacinamide dalam konsentrasi 5 persen atau lebih, bekerja melalui beberapa cara, untuk menjaga agar perubahan warna baru tidak muncul. 

Pada saat yang sama, bahan aktif ini juga membantu memecah perubahan warna yang ada sehingga warna kulit terlihat lebih merata. Niacinamide dan bahan aktif lainnya yang membantu meratakan warna kulit bekerja sama dengan baik, seperti semua bentuk vitamin C, licorice, retinol, dan bakuchiol.

Secara umum, Genhype akan mulai melihat hasilnya setelah 2-4 minggu penggunaan dua kali sehari tergantung pada tingkat keparahan masalah kulit dan seberapa tinggi konsentrasi niacinamide pada produk yang kalian gunakan.

Perlu diingat, penggunaan berkelanjutan diperlukan untuk hasil yang lebih baik.

Perubahan akan terus meningkat dari waktu ke waktu tetapi jangan berharap kulit akan menjadi benar-benar tidak berpori atau poreless. Hal itu tidak mungkin dicapai oleh produk perawatan kulit apa pun. Apalagi, kulit membutuhkan pori-porinya untuk banyak fungsi vital.

Adapun, hasil yang bisa kalian harapkan dari penggunaan rutin niacinamide adalah pori-pori yang terlihat lebih kecil, warna kulit yang terlihat lebih rata, garis-garis halus dan kerutan yang terlihat berkurang, dan rona wajah yang lebih sehat secara keseluruhan.

Baca juga: 4 Alasan Rutin Konsumsi Buah Naga untuk Kulit Lebih Cantik dan Sehat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Identik Sebagai Tanaman Liar, Ini 5 Manfaat Tanaman Putri Malu Untuk Kesehatan Tubuh

BERIKUTNYA

5 Tim Esports Wanita Berprestasi, Rajin Mejeng di Turnamen Asia Tenggara!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: