Tanaman Putri Malu (sumber gambar Flickr)

Identik Sebagai Tanaman Liar, Ini 5 Manfaat Tanaman Putri Malu Untuk Kesehatan Tubuh

31 January 2023   |   20:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Hampir semua orang mengenal tanaman putri malu sebagai tumbuhan liar yang tidak memiliki manfaat sama sekali. Padahal, menurut beberapa penelitian, tanaman dengan nama latin Mimosa Pudica L ternyata memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Putri malu, bagi sebagian orang memang hanya dijadikan sebagai tanaman untuk mengisi keisengan saat mereka melakukan berbagai aktivitas di kebun. Misalnya, dengan sengaja menyenggolnya, sehingga dapat menyebabkan daunnya yang mekar akan tertutup dengan cepat.

Baca juga: 5 Tumbuhan Yang Menghasilkan Oksigen Terbanyak

Namun, mengutip laman US National Library of Medicine, putri malu sebenarnya memiliki kandungan positif loh, Genhype. Beberapa di antaranya adalah antibakteri, anti depresan, antivenom, dan berbagai aktivitas farmakologis lain. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat daun putri malu untuk kesehatan:


1. Mengobati Diare

Manfaat pertama dari putri malu adalah dapat mengatasi diare dan sudah dijadikan obat tradisional masyarakat selama bertahun-tahun. Bagi yang ingin menerapkan pengobatan diare dengan daun putri malu, Genhype bisa mencampurkan dengan bijinya agar lebih berkhasiat.

Dikutip dari F&B Magazine, reaksi positif yang ditimbulkan setelah meminum ramuan tersebut adalah, terjadi di saluran pencernaan. Reaksi dari gel yang terbentuk di dalam, kemudian bakal bergerak melalui sistem pencernaan, mengeluarkan racun dan kuman berbahaya dari usus.


2. Kaya Antioksidan

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, tumbuhan putri malu juga kaya akan antioksidan dapat membantu menghentikan pembentukan molekul perusak yang dikenal dengan istilah radikal bebas. Tak hanya itu, menurut kajian Pharmacognosy Review daun putri malu juga memiliki potensi sebagai anti racun.

Kandungan antioksidan terbanyak dalam putri malu bisa ditemukan dari daun, batang, dan biji tanaman. Selain itu, putri malu juga terbukti memiliki sifat anti mikroba, anti jamur dan anti virus. Sehingga baik juga untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada tubuh.

Baca juga: 3 Tanaman Herbal Asal Kalimantan Ini Punya Banyak Manfaat Kesehatan
1
2


SEBELUMNYA

Data & Fakta 5 Penyakit Tropis yang Jadi Endemi di Indonesia

BERIKUTNYA

Segudang Manfaat Niacinamide, Cocok untuk Kulit Sensitif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: