Buah naga (Sumber gambar: Samuel Holt/Unsplash)

4 Alasan Rutin Konsumsi Buah Naga untuk Kulit Lebih Cantik dan Sehat

26 December 2022   |   19:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Kalian pasti tidak asing dengan buah naga. Buah eksotis ini sangat unik dengan tampilan luar berwarna pink dengan motif sisik yang menyerupai kulit naga. Dalam istilah tanaman, buah naga termasuk dalam jenis tumbuhan kaktus dari genus Hylocereus dan Selenicereus.

Bagian dalam buahnya memang memilki warna yang berbeda-beda. Sejauh ini, daging buah naga yang paling banyak ditemui memiliki warna merah dan putih. Dilansir dari Ere Sources, keaslian buah naga bermula dari negara di Amerika tengah tepatnya di Meksiko.

Baca juga: Segarnya Sorbet Buah Naga & Pisang, Coba Bikin Yuk

Namun, saat ini buah tersebut terkenal dan banyak di tanam di negara-negara Asia tenggara. Buahnya memiliki tekstur lembut dan berair dengan biji-biji hitam yang manis ketika dimakan. Di balik kelezatannya, ternyata buah ini memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit loh Genhype. Yuk simak!


1. Melawan Kulit Kusam

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, buah naga kaya akan vitamin C yang berperan penting membantu melawan kulit kusam. Kandungan vitamin C yang paling besar ditemukan dalam buah naga diikuti dengan kandungan penting lainnya seperti vitamin E dan vitamin K1. Kandungannya akan membuat kulit tampak lebih segar dan bersinar. Buah naga juga bisa membantu meremajakan kulit yang tidak sehat. Cukup jadikan buah naga sebagai segelas jus kemudian minum untuk membantu merawat kulit lebih sehat.


2. Menangkal Radikal Bebas

Selain menmbuat kulit terhindar dari kulit kusam, vitamin C juga berperan menangkal radikal bebas. Menurut jurnal yang dipublikasikan Mahmood Sherzad, vitamin C bisa berperan sebagai antioksidan untuk regenerasi vitamin E dari komposisi radikal yang menyebabkan stress oksidatif. Radikal bebas akan membuat kulit kering dan terlihat lebih tua sebelum waktunya. Mengonsumsi buah naga bisa membantu tubuh melawan radikal bebas.
 

Ilustrasi konsumsi buah naga (Sumber gambar: Brooke Lark/Unsplash)

Ilustrasi konsumsi buah naga (Sumber gambar: Brooke Lark/Unsplash)
 

 

3. Membantu Terhindar dari Penuaan Dini

Penuaan dini memang bisa terjadi karena berbagai faktor. Misalnya gaya hiduop yang buruk, tidur yang kurang cukup, pola makan yang salah, hingga paparan sinar matahari yang merusak kulit. Semua faktor tersebut bisa membuat proses penuaan kulit semakin cepat terjadi. Biasanya, penuaan dini ditandai dari kulit yang mulai kusam, kering, bergaris, hingga keriput. Buah naga yang antioksidan dipercaya mampu menjaga kulit tetap lembab dan sehat.


4. Menghidrasi Kulit

Punya masalah dengan kulit kering? Rutin mengonsumsi buah naga bisa menjadi penolog untuk membuat kulit tetap terhidrasi. Dehidrasi pada kulit kerap membuat kulit tampak kering dan tidak bercahaya. Buah naga memiliki banyak kandungan air yang bisa melawan dehidrasi kulit tersebut. Selain itu, buah yang rendah kalori ini juga mengandung vitamin B yang bisa membuat kulit lebih lembab dari dalam.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Menteng untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Anemia


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Lagi Viral, Ini Penyebab Hingga Risiko Jika Ogah Nikah & Punya Anak

BERIKUTNYA

Membanggakan, Pelajar Indonesia Ini Meraih Penghargaan di Ajang Kompetisi Matematika Internasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: