Cuplikan film Autobiography (Sumber gambar: KawanKawan Media)

5 Fakta yang Mungkin Kalian Belum Tahu soal Film Autobiography Karya Sutradara Makbul Mubarak

24 January 2023   |   19:45 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

4. Gunakan Lensa Kamera Khusus

Makbul cukup serius dalam memilih lensa kamera untuk pengambilan gambar dalam film Autobiography. Dia ingin lensa yang digunakan mampu merekam sekaligus menunjang ruang atau suasana yang menekan dari cerita filmnya.

"Karena kalau kita pakai lensa sembarangan, rasanya akan beda. Aku mau misalnya karakter Rakib tetap sama, tetapi dunia di sekitarnya itu seperti bengkok," katanya.

Dari puluhan lensa yang dicoba, dia akhirnya menggunakan lensa Kowa Anamorphic buatan Jepang pada tahun 1970 yang disewanya langsung dari Los Angeles, Amerika Serikat. Bahkan, Makbul juga bekerja sama dengan sinematografer asal Polandia, Wojciech Staron, dalam menggarap filmnya.

Hal itu dilakukannya lantaran dia ingin membuat film dengan suasana yang gelap, sehingga intensitas dalam filmnya makin menguat. "Kebanyakan film di Indonesia itu terang, hangat, dan warna-warni. Bekerja dengan sinematografer Polandia itu sangat membantu karena dia terbiasa dengan cahaya yang gelap di negaranya," jelasnya.
 

5. Syuting di Bojonegoro

Proses syuting film Autobiography berlangsung selama 40 hari lebih, dilakukan secara penuh di Bojonegoro, Jawa Timur. Ada alasan tersendiri mengapa Makbul memilih Bojonegoro sebagai lokasi syuting filmnya. Menurutnya, Bojonegoro adalah salah satu daerah di Indonesia yang cenderung memiliki kondisi cuaca yang panas, sehingga mampu mendukung suasana yang coba dibangun dalam film.

"Lantaran karakter saya di film ini pemarah. Mungkin aura panas ini memberi sumbangsih pada amarah tokoh-tokoh dalam film ini," katanya.

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Keren, Distrik di Papua Ini Sudah Pakai Kendaraan Listrik Sejak 16 Tahun Silam

BERIKUTNYA

Tuai Kontroversi, Kylie Jenner Berkostum Replika Kepala Singa di Paris Fashion Week

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: