Film Sakra diadaptasi dari novel populer karya Chin Yung berjudul Demi Gods and Semi Devils karya Chin Yung (sumber gambar Mandarin motion pictures)

Tayang Jelang Imlek, Yuk Intip 5 Fakta Film Sakra Karya Teranyar dari Donnie Yen 

20 January 2023   |   12:19 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Penggemar cerita silat atau wuxia siap semringah di awal tahun 2023 ini. Pasalnya, di jelang tahun baru Imlek ini novel Demi-Gods and Semi-Devils, akhirnya berhasil diadaptasi ke layar lebar. Kisah laga yang  disutradarai oleh Donnie Yen dengan judul Sakra itu pun kini sudah bisa disaksikan di bioskop sejak Rabu 18 Januari 2023.

Demi Gods and Semi Devils merupakan novel yang dibuat oleh penulis Chin Yung. Di Indonesia, kisah tersebut dikenal dengan nama Pendekar Negeri Tayli dan sempat populer pada masanya. Tentunya, dengan hadirnya Sakra di bioskop, bakal memberikan momen tersendiri bagi pencinta Wuxia.

Baca juga: 6 Film Vampir Mandarin 90an yang Bikin Rindu Sekaligus Merinding

Sesuai dengan bukunya, Demi Gods and Semi Devils akan berlatar pada tahun awal Dinasti Song 960-1127 di China. Film ini akan berpusat pada sosok Qiao Feng, seorang pemimpin dari Sekte Pengemis yang dihormati tokoh dunia seni persilatan karena kehebatan dan kewibawaannya. 
 
 


Namun, suatu hari dia dituduh membunuh wakil dari ketua partai pengemis. Tak hanya di situ, Qiao Feng juga disalahpahami sebagai seorang Khitan, yaitu musuh utama dari kerajaan Song Utara. Untuk membersihkan namanya, dia pun berkelana mencari tahu siapa dalang di balik fitnah tersebut.

Dari sinopsisnya saja, Genhype pastinya sudah penasaran bukan mengenai kisah petualangan sosok Qiao Feng. Tapi, sebelum menonton filmnya di bioskop, yuk simak dulu fakta menarik Sakra yang dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber dalam ulasan berikut.
 

1. Donnie Yen Jadi Aktor Sekaligus Sutradara

Keunikan dari film ini adalah diarahkan langsung oleh Donnie Yen. Tak hanya itu, adaptasi Demi-Gods and Semi-Devils juga akan dibintangi oleh dirinya sendiri dengan memerankan karakter Qiao Feng. Oleh karena itu film ini pastinya sudah ditunggu-tunggu penggemar sejak akting terakhirnya di film Come Back Home pada 2022.

Dalam sinema martial arts nama Donnie Yen memang sudah akrab dikenal khalayak. Hal itu bisa disimak lewat film-film seperti Ip Man Enter The Dragon (2008), Ip Man 2: Legend of The Grandmaster (2010), Kung Fu Killer (2015), The Monkey King (2015), dan Special Id (2015). Film Sakra sendiri disebut-sebut akan menjadi film terakhir aktor berusia 60 tahun itu.


2. Adaptasi Novel Populer Karya Chin Yung

Film Sakra diadaptasi dari novel populer karya Chin Yung berjudul Demi-Gods and Semi-Devils atau Kisah Pendekar Tayli yang populer pada dekade 1960-an. Sosok Chin Yung sendiri merupakan maestro kisah wuxia dengan reputasi Top Chinese Best Selling Writer. Tak hanya itu, dia juga dikenal sebagai sosok yang mempopulerkan seni bela diri ke seluruh dunia lewat tulisan-tulisannya.

Selama hidupnya Chin Yung telah menulis lebih dari 15 judul cerita silat. Hasil karyanya pun sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia, termasuk Inggris, Korea, Jepang, Vietnam, dan Indonesia. Beberapa karyanya yang terkenal antara lain Pedang Ular Emas, Pendekar Hina Kelana, Kisah Si Rase Terbang, dan Pedang Ular Emas.


3. Durasi Film Lebih dari 2 Jam

Film Sakra memiliki durasi 2 jam 10 menit dengan narasi mengikuti perjalanan Qiao saat mencari dalang siapa sosok yang telah memfitnahnya. Selain itu juga akan menyingkap tabir mengenai latar belakangnya sebagai orang yang disalahpahami dan dianggap orang keturunan Khitan.

Tak hanya itu, dalam kisahnya sang tokoh utama secara tidak sengaja akan bertemu dan jatuh cinta  pada sosok Azhu (diperankan Chen Yuqi) yang merupakan seorang gadis pelayan. Lewat perkenalan inilah nantinya secara perlahan tabir misteri mengenai siapa dalang fitnah dan sosok dirinya yang sebenarnya pun bakal terungkap.


4. Awalnya Hanya Tayang OTT di China

Film Sakra pada awalnya hanya diperuntukkan untuk jaringan Over The Top (OTT) di China, dan didaftarkan di National Radio and Television Administration. Tapi, pada Mei 2022 konsep posternya kemudian dirilis di Festival Film Cannes. Di Indonesia, Lembaga Sensor Film (LSF) juga  mengklasifikasikan film laga ini hanya untuk usia 17 tahun ke atas.


5. Dibintangi Aktor dan Aktris Berbakat

Selain Donnie Yen, film Sakra juga dibintangi oleh deretan aktor dan aktris berbakat spesialis kisah-kisah laga dunia persilatan. Beberapa di antaranya termasuk Kara Wai, Eddie Cheung, Yase Liu, Ray Lui, dan Grace Kwan-Hing Wong.

Selain itu, film ini juga didukung dengan efek visual dan teknologi computer generated imagery (CGI) yang bakal memanjakan mata penonton. Terlebih dengan banyaknya adegan pertarungan dari berbagai karakter di dalamnya yang pastinya menghibur penggemar film wuxia.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Adopsi Kripto Bakal Pesat di Tengah Rintangan pada 2023  

BERIKUTNYA

Warna-warni Kritik Sosial Seniman Daniel Kho dalam Pameran bertajuk Owalah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: