The Banshees of Inisherin (sumber gambar: IMDB)

The Banshees of Inisherin, Film Datar yang Dipuji Kritikus

19 January 2023   |   18:19 WIB

Menonton film The Banshees of Inisherin yang disutradarai, ditulis, dan diproduksi bersama oleh Martin McDonagh itu seperti merasakan kegetiran hidup karena suatu sebab yang mungkin bagi sebagian orang bukanlah hal yang penting, yaitu tidak diajak bicara lagi oleh seorang teman.

The Banshees of Inisherin memang layak untuk ditonton. Selain mendapat banyak pujian dari kritikus, (Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes , 97 persen dari 310 ulasan kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 8,7/10). Film ini saat tayang perdana di Festival Film Internasional Venesia ke-79 pada 5 September 2022, dengan aktor utama, Colin Farrell memenangi Piala Volpi untuk Aktor Terbaik dan McDonagh memenangi Golden Osella untuk Skenario Terbaik.

Film ini juga dinobatkan sebagai salah satu film terbaik pada 2022 oleh National Board of Review, serta menerima delapan nominasi utama di Penghargaan Golden Globe ke-80 , dan memenangi tiga penghargaan, dari Film Musikal atau Komedi terbaik, Aktor Musikal atau Komedi  terbaik untuk Farrell, dan Skenario Terbaik.

Baca juga: Raih kategori Aktris Terbaik, Cate Blanchett Singgung Budaya Patriarki di Ajang Critics Choice Awards

Film bergenre komedi tragis dan gelap ini sebenarnya mengangkat cerita yang sederhana yaitu seseorang yang biasa periang, dicampakkan oleh seseorang yang dianggapnya sahabat, tanpa dia tahu penyebabnya.

Film berlatar belakang menjelang berakhirnya perang saudara di Irlandia pada 1923 ini berkesan datar, tetapi menjadi sangat istimewa dengan peran mantap para pemainnya serta pemandangan menakjubkan suasana perdesaan terpencil: Inisherin, sebuah pulau fiksi di Irlandia.
 


Penonton seolah tersihir untuk terus mengikuti kelanjutan kisah tersebut, dengan dialog yang kadang-kadang terkesan bodoh tetapi cukup bernas. Penonton bahkan bisa tertawa lepas hanya karena tokohnya saat mau melucu, tetapi dia sendiri lupa lawakan yang dia siapkan.  

Farrel memang layak mendapatkan banyak penghargaan dalam aktingnya sebagai Pádraic Súilleabháin. Penonton kadang merasa iba dan simpati saat dia ditinggalkan begitu saja oleh teman minumnya, Colm Doherty (Brendan Gleeson), tetapi kadang dibuat jengkel dengan perilakunya yang dianggap tidak memahami kemauan Colm yang sebenarnya sangat sederhana.

Colm yang seorang musisi dan disukai banyak orang karena kemampuannya menghibur ini, mendadak tidak mau lagi berteman dengan Pádraic, karena beranggapan bahwa mengobrol dengannya hanya menghabiskan waktu dan sangat membosankan.

Colm ingin memiliki karya lagu yang bisa diingat orang banyak setelah dia meninggal nanti sehingga butuh waktu untuk menyendiri guna menyelesaikan karyanya tersebut.

Namun, Padraic tidak bisa begitu saja melepaskan Colm sehingga suasana yang awalnya lucu dengan humor gelapnya, kemudian di tengah cerita berubah menjadi suram dan terasa tragis bagi kedua tokoh utama tersebut.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Golden Globes Awards 2023, The Fablemans Jadi Film Drama Terbaik

Kehidupan Pádraic menjadi tidak stabil karena kehilangan salah satu dari sedikit temannya tersebut, dan makin tertekan setelah Colm memberi ancaman akan memotong jarinya sendiri bila Padraic tetap mau mengganggu atau sekadar mengajaknya mengobrol.

Tokoh lainnya yang cukup membangkitkan suasana adalah adik perempuan Pádraic bernama Siobhán (Kerry Condon), seorang yang pintar dan paling mengenal Padraic tetapi akhirnya meninggalkannya untuk bekerja di luar pulau dan remaja pria bernama Dominic (Barry Keoghan), anak seorang polisi di daerah terpencil itu, tetapi selalu membuat masalah. Dominic sering memberikan masukan ke Padraic tetapi malah merunyamkan suasana.

The Banshees of Inisherin juga cukup mampu menarik penonton di bioskop. Per 17 Januari 2023, film ini telah meraup US$9,3 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan US$18,5 juta di pasar internasional, dengan total pendapatan kotor global sebesar US$27,8 juta.

Angka ini terbilang lumayan mengingat perubahan perilaku penonton di AS yang sering mengesampingkan untuk menonton film festival di bioskop  dan menyimpan uangnya untuk  menonton film waralaba berbujet besar atau film horor.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

5 Game Zombie Mode Multiplayer, Seru Buat Mabar!

BERIKUTNYA

Cerita Yulia Sang Produser Autobiography, Keliling Festival Film Dunia hingga Bangga Pulang ke Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: