Cuplikan film Panduan Mempersiapkan Perpisahan (Sumber gambar: Bioskop Online)

Film Panduan Mempersiapkan Perpisahan Siap Bikin Baper Februari 2023 Mendatang

18 January 2023   |   16:27 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Platform streaming Bioskop Online kembali menyuguhkan film orisinal terbarunya berjudul Panduan Mempersiapkan Perpisahan. Disutradarai oleh Adriyanto Dewo dengan rumah produksi Relate Films, film ini merupakan adaptasi dari novel best seller terbitan Mojok karya Arman Dhani berjudul Eminus Dollere.

Panduan Mempersiapkan Perpisahan dibintangi oleh Daffa Wardhana yang berperan sebagai Bara dan Lutesha Sadhewa sebagai Demi. Keduanya akan berperan sebagai pasangan yang harus menghadapi ujian perpisahan di saat salah satu dari mereka sudah yakin untuk menuju ke jenjang berikutnya.

Baca juga: Autobiography, Debut Film Panjang Makbul Mubarak yang Filosofis

Cerita film ini berangkat dari sudut pandang Bara, pria berusia 25 tahun, yang selama bertahun-tahun memiliki hubungan tanpa status dengan Demi. Meski begitu, hubungan mereka kini sudah berakhir dan keduanya hidup terpisah selama beberapa waktu.

Hubungan keduanya pun menginspirasi Bara untuk menuliskan kisah mereka ke dalam sebuah buku yang berjudul Eminus Dolere. Di dalam buku tersebut, Bara menceritakan perjalanan kisah cintanya dengan Demi.

Dimulai dari pertemuan, kisah kebersamaan hingga perpisahan mereka. Dalam film ini, penonton akan mendengar kisah-kisah tersebut dalam sebuah fragmen memori. Memori mengenai bagaimana keduanya kerap menghabiskan waktu bersama dan jatuh cinta.

Hingga akhirnya, Bara mulai memiliki ekspektasi untuk hubungan yang lebih serius dengan Demi. Meski begitu, Demi memiliki ketakutan untuk memiliki komitmen dengan seseorang. Kisah perjalanan sekaligus problematika di antara Bara dan Demi inilah yang coba dieksplorasi dalam film.
 

Poster film Panduan Mempersiapkan Perpisahan (Sumber gambar: Bioskop Online)

Poster film Panduan Mempersiapkan Perpisahan (Sumber gambar: Bioskop Online)

Aktor Daffa Wardana mengatakan film ini akan menjadi satu tontonan yang menarik lantaran alur ceritanya yang tidak tertebak akan mengarah kemana. Dia memastikan bahwa penonton akan kesulitan untuk menebak ending atau akhir dari kisah perjalanan Bara dan Demi.

“Karena enggak ada yang bisa menjamin semua cerita cinta itu ending-nya harus bersama, kan? Di sini kami berusaha menyampaikan pesan itu lewat perjalanan Bara dan Demi. Ada perpisahan, ada juga godaan untuk kembali, dan enggak ada yang tahu akan seperti apa akhirnya," katanya.

Sepanjang film, Bara memang akan menjadi pencerita tentang kisahnya bersama Demi. Mulai dari pertemuan yang tak disengaja, kedekatan yang tak terduga, sampai perpisahan yang mau tidak mau harus mereka alami. Sampai di satu titik, Demi tiba-tiba muncul kembali dengan harapan bisa memperbaiki hubungan dengan Bara.
 

Dalam trailer yang dirilis, tampak hubungan antara Bara dan Demi semula baik-baik saja. Mereka sering menghabiskan waktu bersama seperti menonton film, pergi ke toko buku, hingga mengunjungi pameran seni.

Sampai suatu saat Bara menanyakan kejelasan status hubungannya dengan Demi. Sebaliknya, Demi justru menikmati waktu kebersamaannya dengan Bara tanpa mau diusik dengan status hubungan. Demi punya pandangan yang lain tentang cinta dan hubungan.

Perbedaan pandangan keduanya ini pun menyulut konflik di antara mereka. Bara menganggap selama ini dirinya hanya sebatas teman Demi, sementara Demi justru menemukan definisi cinta itu sendiri meski di tengah ketidakjelasan hubungannya.

Ajeng Parameswari selaku President of Digital Business Visinema menuturkan film ini mengemas kisah utuh, sebuah metamorfosa hubungan manusia. Hubungan itu diawali dengan pertemuan, yang berlanjut menjadi perjalanan bersama dan akan berujung pada perpisahan.

Akhir kisah yang akan berujung sedih atau bahagia, katanya, akan bergantung pada perspektif tiap-tiap penonton. "Karena happy ending itu bisa jadi bersama tapi jadi berpisah. Semua itu dirangkum dan menjadi poin menarik dari film Panduan Mempersiapkan Perpisahan," jelas dia.

Adapun, film Panduan Mempersiapkan Perpisahan akan tayang Februari 2023 di Bioskop Online.

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Intip Kiat Pemberian ASI Eksklusif untuk Ibu Pekerja

BERIKUTNYA

Peristiwa Bersejarah 18 Januari 1919, Berakhirnya Perang Dunia I & Kerugian buat Jerman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: