Apple Mac Mini M2 & M2 Pro (Sumber gambar: Apple)

Apple Umumkan Mac Mini dengan Chip M2 & M2 Pro, Cek Keunggulannya!

18 January 2023   |   10:10 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi kalian pengguna perangkat Apple. Pasalnya, raksasa teknologi itu telah resmi mengumumkan bakal mengeluarkan versi terbaru Mac Mini yang ditenagai dengan cip M2 dan M2 Pro. Prosesor tersebut menjanjikan kinerja yang lebih mumpuni dibandingkan dengan versi M1. 

Dalam presentasi daring melalui kanal YouTube resminya, Erin Turullos, Senior Engineering Program Manager Mac menuturkan bahwa Mac Mini dengan chip M2 dapat membantu banyak orang memenuhi tuntutan pekerjaan yang lebih tinggi bagi para pemakainya. 

Baca jugaApple Rilis iPad 10, Sudah Pakai USB Type-C & Punya 4 Pilihan Warna 


Chip M2

M2 yang memiliki central processing unit (CPU) dan graphic processing unit (GPU) generasi terbaru membuatnya menjadi lebih cepat, bandwidth memori yang jauh lebih tinggi, dan mesin yang lebih kuat untuk kinerja yang luar biasa. Cip ini memiliki memori low Power DDR (LPDDR) 5 sampai 24 gigabyte, teknologi generasi kedua 5 nanometer, transistor lebih dari 20 miliar, dan sebagainya. 

“Jadi, anda akan melakukan tugas sehari-hari di antara aplikasi favorit Anda, dan jadilah super produktif,” katanya.

Turullos menuturkan bahwa Mac Mini dengan chip M2 dapat membuat pengeditan gambar seperti di aplikasi Photoshop dapat lebih cepat sampai 50 persen jika dibandingkan dengan Mac Mini yang dilengkapi oleh chip M1.

Kemudian, dengan akselerasi ProRes yang disematkan ke perangkat juga bisa membuat pengeditan video seperti di Final Cut Pro menjadi dua kali lebih cepat. Tidak hanya itu, kalian penggemar gim juga dapat memainkan judul-judul seperti No Man’s Sky, bahkan dengan frame rate yang lebih cepat.

Dia mengklaim bahwa Mac Mini dengan M2 memiliki kinerja yang lebih cepat jika dibandingkan dengan pesaingnya, bahkan lima kali lebih cepat daripada desktop Windows terlaris.
 

Chip M2 Pro

Selain itu, Apple juga memperkenalkan Mac Mini dengan chip M2 Pro. “Dengan M2 Pro, pengguna Mac Mini kini dapat berjalan dengan alur kerja berkinerja tinggi yang menurut Anda tidak mungkin dalam desain yang begitu ringkas,” katanya.

Menurutnya, Mac Mini dengan chip M2 Pro memiliki kecepatan hingga 14 kali lebih cepat dari Mac Mini tercepat yang berbasis Intel. Dia menuturkan para profesional dapat melakukan berbagai hal yang sebelumnya tidak pernah terdengar di Mini.

Musisi dapat menciptakan musik dengan plug-in yang sangat kuat dan memberikan efek tanpa kehilangan beat, fotografer dapat menyesuaikan gambar megapiksel besar dalam sekejap, kreator dapat bekerja dengan mulus di multicam dengan berbagai format kamera - termasuk video ProRes, dan gamer dapat memainkan gim sperti Resident Evil Village dengan kualitas konsol.

Performa bermain gim memakai cip ini juga mengalami peningkatan 15 kali lebih cepat jika dibandinkan dengan Mac Mini berbasis intel terkuat. Dalam video yang sama, Tim Millet, VP Platform Architecture Apple, mengatakan bahwa M2 Pro merupakan peningkatan arsitektur dari M2. Chip ini menggunakan teknologi generasi kedua 5 nanometer.

Kemudian, chip seukuran ujung jari ini juga memiliki 40 miliar transistor, dan memiliki arsitektur memori terpadu yang memungkinkan untuk memiliki kinerja tinggi, sistem memori dengan bandwitdh tinggi untuk akses data yang sangat cepat dan efisien.

M2 Pro menghasilkan bandwithd memori 200 gigabyte per detik atau dua kali lipat jika dbandingkan dengan M2 dan mendukung memori hingga 32 gigabyte. Kemudian, chip ini juga memiliki fitur CPU 12 core generasi berikutnya dengan delapan core berperforma tinggi dan empat core efisiensi tinggi.

“Untuk kinerja hingga 20 persen lebih besar daripada M1 Pro,” katanya.

Sementara itu, chip M2 Pro juga memiliki GPU generasi berikutnya sampai 19 core, sehingga memberikan kinerja grafis 30 persen lebih baik. Kemudian, dukungan Neural Engine juga mempercepat kinerja mesin seperti pemrosesan video dan gambar sebesar 40 persen.

Baca jugaIntip Bocoran Harga & Spesifikasi Seri iPhone 15

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cerita Jenna Ortega di Balik Dance Wednesday Viral di TikTok, Enggak Bisa Tidur 2 Hari

BERIKUTNYA

Cek Fakta Seputar Olahraga Dansa yang Viral

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: