Raksasa teknologi Apple akhirnya meluncurkan produk terbarunya, iPad 10. (Sumber gambar: Apple)

Apple Rilis iPad 10, Sudah Pakai USB Type-C & Punya 4 Pilihan Warna

19 October 2022   |   22:28 WIB

Apple akhirnya resmi meluncurkan seri tablet iPad terbaru dalam koleksinya. iPad generasi ke-10 ini punya sejumlah pembaruan menarik dibandingkan dengan para pendahulunya. Mulai dari segi desain hingga fitur konektivitas, produk termutakhir ini bakal segera menyapa para pengguna di seluruh dunia. 

Melalui rilis terbarunya, Apple menyebutkan bahwa iPad generasi ke-10 ini menggunakan chipset A14 Bionic dan sistem operasi iPadOS 16 yang diklaim bisa memberikan performa lebih efisien secara daya baterai. Prosesor ini memiliki CPU 6-core, grafis 4-core, serta Neutral Engine 16-core yang serupa dengan chipset pada iPhone 12 dan dikembangkan dari A13 Bionic.

Perangkat kerasnya juga didukung dengan layar Liquid Retina sebesar 10,9 inci yang merupakan desain terbaru yang diunggulkan dalam iPad Gen 10 dan berukuran lebih besar dibandingkan generasi terdahulu. Spesifikasi ini cukuo serupa dengan iPad Air, tapi layar ini mendukung penggunaan Apple Pencil generasi pertama dan memiliki lapisan yang lebih simpel dengan lapisan anti sidik jari.

Desain layar ini juga hadir bersamaan dengan tampilan yang lebih rapi dengan ujung gawai yang lebih datar serta letak kamera webcam ke sisi tablet yang lebih panjang. Sebagai tambahan, ada empat warna yang dibawa untuk tablet ini dengan ciri khas serupa sistem warna grafis CMYK: silver, biru, pink, dan kuning. 

Baca jugaApple Resmi Rilis iOS 16.0.3, Bawa Perbaikan Bug Kamera hingga Notifikasi
 

(Sumber gambar: Apple)

(Sumber gambar: Apple)

Tak hanya itu, iPad ini membawa konektivitas baru melaui penggunaan port USB Type-C yang belum banyak dipakai dalam produk-produk Apple lainnya. Mengutip The Verge, model porta ini merupakan salah satu bentuk peralihan dari porta Lighning yang sudah dipakai Apple sejak lama.

Konektivitas ini diperkuat dengan adanya penggunaan Touch ID pada bagian tombol power, dukungan koneksi Wi-Fi 6 dan ,jaringan 5G sehingga menjadi salah satu pengembangan produk tablet yang serupa dengan iPad Air dan iPad Mini yang memakai teknologi yang sama. 

Beralih ke sektor memori, iPad 10 memiliki dua jenis penyimpanan yaitu 64GB dan 256GB yang sama dengan seri sebelumnya seperti iPad Air. Sementara itu, baterai yang digunakan mendukung pencarian internet dan menonton video hingga 10 jam dengan pengisian daya menggunakan port USB-C berkekuatan 28,6 W.

Kamera pada tablet generasi ke-10 ini beresolusi 12MP untuk kamera depan ultrawide dan kamera dengan resolusi yang sama pada bagian belakangnya. Fitur yang didukung pada kamera ini adalah pengambilan video hingga resolusi 4K, zoom hingga lima kali, panorama hingga 63MP, serta stabilitas gambar dan format JPEG dan HEIF.

Selain itu, tablet ini mendukung penggunaan stylus Apple Pencil generasi pertama dan keyboard Magic Keyboard Folio yang akan dijual terpisah. iPad Gen 10 sendiri diperkirakan akan dijual dengan US$449 (Rp6,9 juta) untuk model 64GB dan US$599 (Rp9,2 juta) untuk model 256GB, di mana harga ini lebih murah dibandingkan iPad Air yang saat ini beredar dengan harga Rp10,99 juta. 
 

Baca juga: Dibanderol Hampir Rp12 Juta, Ini 7 Keunggulan Apple Watch Ultra

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

4 Tip Meracik Korean Milk yang Fresh dan Sajian yang Instagramable

BERIKUTNYA

Tayang Hari Ini, Intip 5 Alasan Kenapa Kalian Harus Menonton Film Perfect Strangers

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: