Ilustrasi nasi (sumber gambar: Unsplash/Mgg Vitchakorn)

Miliki Bentuk Hampir Mirip, Ini Beda Pressure Cooker dan Magic Com

17 January 2023   |   14:41 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Like
Di zaman serba modern saat ini, peran ibu rumah tangga ternyata engga kalah sibuk dibandingkan dengan ibu yang bekerja loh Genhype. Mereka bukan hanya sebatas sibuk mengurus rumah dan anak, tetapi juga bisa memiliki banyak kegiatan, bahkan sampai mengelola bisnis dari rumah.

Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri, bagi para ibu modern untuk tetap berkomitmen mengurus keluarganya dengan baik di sela kesibukan sehari-hari.

Renny Hasibuan, Chief Marketing Officer SESA mengatakan salah satu tantangan yang kerap dialami para ibu saat ini adalah  menyiapkan masakan yang lezat bagi keluarga di tengah kesibukannya sehari-hari. "Setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik bagi keluarganya dengan menghadirkan makanan yang dapat dinikmati bersama," ujarnya.

Baca juga7 Makanan yang Penting untuk Jaga Kesehatan Anak

Beruntung saat ini sudah ada berbagai macam peralatan masak modern berteknologi canggih yang dapat membantu mempermudah para ibu menyiapkan masakan dalam waktu singkat.

Mungkin peralatan masak yang selama ini paling sering digunakan untuk membantu mempermudah ibu memasak di dapur adalah rice cooker. Ya, hanya dengan memasukan beras dan air sesuai takaran, lalu pencet tombol, beberapa menit kemudian berasnya langsung menjadi nasi.

Seiring perkembangan zaman, rice cooker mulai berevolusi menjadi magic com dan ada pula pressure cooker. Lantas, apa bedanya?
 

1. Magic Com

Magic com adalah inovasi paling canggih dari alat penanak nasi, yang merupakan gabungan dari rice cooker dan magic jar. Jika rice cooker hanya untuk menanak nasi, maka magic com memiliki fungsi yang lebih lengkap selain memasak dan menanak nasi, termasuk menjaga nasi tetap hangat dalam waktu yang lebih lama sekitar 48 jam.

Di samping itu, magic com memiliki fungsi tambahan yang lebih lengkap dari sekedar perangkat menanak nasi. Karena dapat digunakan untuk memasak lauk dan sayur, mengukus, merebus, bahkan ada yang dapat digunakan untuk membuat kue.

Magic com ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan rice cooker dengan tombol yang lebih beragam karena memiliki fitur yang berbeda sesuai fungsi dan kegunaannya.


2. Pressure Cooker

Secara bentuk dan cara kerja Pressure Cooker atau panci presto elektrik ini hampir sama magic com tetapi fungsi memasaknya jauh lebih banyak dibandingkan magic com.

Renny mengatakan bahwa pressure cooker memiliki beragam fungsi. Tidak hanya dapat digunakan sebagai panci presto yang dapat mengempukkan berbagai jenis makanan, tetapi juga sekaligus bisa untuk menanak nasi, slow cooker, menumis, membuat gula,  sup buntut, bubur, rendang hingga yogurt. Karena fiturnya yang dapat meningkatkan titik didih air normal, maka memasak dengan pressure cooker hanya membutuhkan sedikit air.

“Untuk menggunakannya, cukup dengan memasukan semua bahan lalu tinggal sekali tekan saja sesuai timer dan multicooker ini akan memasak semua bahan dan bumbu akan tercampur merata sempurna dan masakan akan langsung jadi, tidak setengah matang dan tidak juga kematangan,” ucapnya.

Meski dapat memasak berbagai jenis masakan beraroma kuat, Pressure Cooker memiliki fitur dan bahan dasar stainless steel sehingga bau yang berasal dari masakan sebelumnya akan hilang dan bersih secara sempurna.

Pressure cooker juga memiliki teknologi yang membuat waktu memasak menjadi 2 hingga 6 kali lebih cepat sehingga kandungan nutris di dalam masakan pun tidak hilang, bahkan bisa menghemat energi hingga 70 persen.
 
Namun, ukuran pressure cooker lebih besar dengan bobot yang jauh lebih berat sehingga agak susah untuk dibersihkan. Karena bertekanan tinggi, pressure cooker juga cenderung berisiko daripada rice cooker.

Baca jugaResep Nasi Kuning Rice Cooker yang Praktis & Lezat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Alumni American Idol CJ Harris Meninggal Karena Serangan Jantung

BERIKUTNYA

Kisah Adhitia Marwan Bangun Bisnis TVF Footwear yang Sukses Raup Omzet Miliaran per Bulan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: