Para gamer esports perempuan di IESPL Women Championship (Sumber gambar: IWC)

2 Tim Esports Perempuan Indonesia Bakal Berlaga di Mobile Legends Women Invitational 2023

16 January 2023   |   16:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Industri game dan esports di Indonesia kini telah menjadi salah satu pilihan dan peluang untuk meraih prestasi, bahkan jadi pekerjaan yang menjanjikan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya turnamen esports yang terselenggara dalam beberapa tahun terakhir, juga banyaknya tim esports asal Indonesia yang berprestasi di kancah internasional.

Tak hanya populer di kalangan laki-laki, esports juga kini sudah mencetak banyak gamer perempuan. Perkembangannya di Asia pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Data dari Google dan Niko Partners menyebutkan saat ini populasi gamer perempuan telah menyentuh 38 persen dari 1,33 milyar populasi gamer keseluruhan di Asia. 

Baca jugaTren Esports 2023: Kompetisi Makin Digemari & Gim Lokal Unjuk Gigi 

Untuk memberikan wadah bagi para gamer perempuan berprestasi, KINCIR menggelar turnamen IESPL Women Championship (IWC) untuk memeriahkan skena kompetitif Mobile Legends perempuan. Dalam turnamen ini, sebanyak 12 tim akan saling bertanding memperebutkan gelar juara. 

Mereka adalah MBR Delphyne, Dewa United Eve, FOES WIN, Echo Aeris, AURA Phoenix, Tigerwong Seiren, RRQ Mika, GPX Basreng, Geek Girls, Bigetron Era, Nigma Galaxy, dan A8.

Pelaksanaan turnamen IWC sendiri dibagi menjadi 2 babak kualifikasi yaitu Grup A yang dimenangkan oleh MBR Delphyne & Nigma Galaxy, dan Grup B yang dimenangkan oleh GPX Basreng & Bigetron Era.

Pemenang dari masing-masing grup nantinya akan masuk di babak playoffs dan bertanding untuk memperebutkan gelar juara serta berhak meraih total hadiah sebesar Rp30 juta. Nantinya, dua pemenang dalam turnamen IWC akan melaju mewakili Indonesia dalam turnamen Mobile Legends Women Invitational (MWI) 2023 yang diselenggarakan oleh KINCIR dan Moonton. 


Rangga Danu Prasetyo, Ketua Penyelenggara IESPL Women Championship dan Chief Committee of Mobile Legends Bang Bang Women’s Invitational, mengatakan IESPL Women Championship merupakan komitmen pihaknya untuk terus mendukung ekosistem esports Indonesia secara keseluruhan tanpa membatasi gender apapun. 

Dengan adanya turnamen IWC, sambungnya, dia berharap ke depannya esports di Tanah Air akan mendapatkan tempat tersendiri di tengah masyarakat. "Dengan begitu, para gamer khususnya pro player memiliki lebih banyak kesempatan untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan membawa esports Indonesia ke tingkat global," ujarnya.

Turnamen MWI 2023 akan mulai berlangsung pada 8 Februari 2023, dengan babak playoffs yang akan diselenggarakan pada 11 dan 12 Februari 2023. Turnamen tersebut akan mempertemukan atlet esports perempuan terbaik dari seluruh penjuru Asia Tenggara, dan memperebutkan total hadiah sebesar US$30.000.

Ginta Kamka, Wakil Penyelenggara IESPL Women Championship dan Secretary General of Mobile Legends Bang Bang Women’s Invitational, menuturkan turnamen MWI 2023 merupakan puncak acara bergengsi bagi para gamer khususnya perempuan. 

"Kami merasa sangat bangga karena dapat berpartisipasi mengirimkan 2 tim terbaik dari Indonesia, yang kami harapkan dapat mewakili kualitas esports Indonesia, dan kedepannya akan menjadi inspirasi bagi para gamer pemula untuk terus mengejar passion-nya di cabang esports,” ujarnya.

Adapun, pada perhelatan MWI 2023 nanti, akan ada 10 tim esports perempuan dari 7 negara Asia Tenggara yang akan bertanding untuk memperebutkan trofi juara. Sejumlah negara yang akan ikut bertanding adalah Indonesia, Filipina, Myanmar, Singapura, Kamboja, Malaysia, dan satu perwakilan dari regional Mekong (Laos, Thailand, Vietnam).

Baca juga5 Event Esports Terbesar yang Digelar 2023, Dota TI hingga Valorant Champions Tour

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kilas Balik Pertemuan Thailand vs Vietnam Sebelum Bertemu di Final Leg 2 Piala AFF 2022

BERIKUTNYA

Viral Fenomena Ngemis Online di Medsos, Begini Respon Sosiolog

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: