Skuad Thailand saat menjuarai Piala AFF 2020 (Sumber gambar: Instagram.com/affmitsubishielectriccup)

Kilas Balik Pertemuan Thailand vs Vietnam Sebelum Bertemu di Final Leg 2 Piala AFF 2022

16 January 2023   |   15:47 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Laga Piala AFF 2022 akan resmi ditutup hari ini, 16 Januari 2022 melalui pertandingan sengit antara Thailand vs Vietnam. Dua timnas ini berhasil membuktikan taringnya sebagai skuad sepak bola terkuat di Asia Tenggara. Tentu saja Thailand cukup diunggulkan sebagai tuan rumah di laga final terakhir ini.

Stadion Thammasat akan menjadi saksi saling sikut antara dua timnas ini tepat pukul 19.30 WIB nanti. Sebagaimana diketahui, Piala AFF 2022 menggunakan format dua leg dalam pertandingan semifinal dan finalnya. Setelah menghancurkan asa timnas Indonesia dan Malaysia di laga semifinal, keduanya bisa melenggang puas duduk sebagai grand finalis.

Vietnam yang dalam semifinal leg pertamanya tidak memecahkan telur, tiba-tiba tampil agresif di leg ke-2 mengalahkan Indonesia dengan skor 2-0. Sementara Thailand yang sempat ditekuk Malaysia 1-0 dalam semifinal leg pertama justru membalikkan keadaan. Sang Gajah Putih ini menorehkan skor 3-1, menang agregat dari Malaysia.

Keduanya melangkah pasti ke babak final leg pertama pada 13 Januari 2022. Hasil pertandingannya pun cukup mengejutkan sekaligus menegangkan, dimana Vietnam dan Thailand mengakhiri pertandingan dengan skor seri 2-2. Keseruan keduanya akan berlanjut di final leg kedua sekaligus pertandingan terakhir di Piala AFF 2022 ini.

Artinya, siapapun yang menang akan membawa pulang piala sepak bola paling bergengsi di Asia tenggara, sementara tim yang kalah harus berpuas dengan gelar runner up.

Apabila menilik pertemuan keduanya, Thailand dan Vietnam memang terlihat sengit. Keduanya sudah bertemu puluhan kali dalam pertandingan persahabatan atau turnamen tingkat Asia Tenggara bahkan tingkat Asia. Thailand pertama kali menemui Vietnam pada 1956 dalam sebuah pertandingan persahabatan, dimana Gajah Putih kalah dengan skor tipis 2-1.
 


Turnamen pertama tempat keduanya bertemu adalah SEAP Games 1959 di Bangkok, lagi-lagi kejayaan kembali direngkuh Vietnam kala itu. Dua di antara laga penting di perjalanan klub mereka adalah babak kualifikasi AFC Asian Cup 1968 yang berlangsung di Hong Kong dan Asian Games 1970, dimana Vietnam masih mendominasi dua permainan hingga mengukuhkan skor 0-1 dari Thailand di dua laga tersebut.

Dua tim paling subur di Asia Tenggara ini juga pernah bertemu untuk turnamen sepak bola dunia sekelas Piala Dunia 1974, meski hanya sebatas kualifikasi saja, dimana Thailand kembali tertunduk 1-0 dari Vietnam. Kebangkitan skuad Thailand baru terlihat di ajang Piala AFF 1996.

Bertemu di semifinal, Thailand membungkam Vietnam dengan skor 4-2. Kemudian tiga tahun setelahnya, Thailand beringas di laga final SEA Games 1999 dimana mereka menyapu Vietnam 2-0, mengalungkan medali emas bergengsi di ajang olahraga Asia Tenggara itu.

Mulai dari sanalah jejak Thailand menang dari Vietnam terus bergulir. Thailand belum pernah terkalahkan selama 12 tahun hingga tibalah final leg pertama Piala AFF 2008, dimana mereka kalah 1-2 dari Vietnam. Apabila melihat dua tahun terakhir, dua tim yang langganan bertemu ini cenderung mengantongi skor imbang.

Misalnya apda kualifikasi Piala Dunia 2022, dimana keduanya main imbang 0-0 hingga tambahan waktu. Piala AFF 2020 leg kedua juga berakhir 0-0, meski Thailand akhirnya menang secara agregat 0-2 kala itu.

Terakhir pada final leg pertama yang berlangsung 3 hari lalu, lagi-lagi keduanya bermain dengan skor imbang 2-2. Dengan kekuatan keduanya yang tampak seimbang beberapa waktu ini, kira-kira siapa yang akan mengangkat trofi Piala AFF 2022 kali ini?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Menilik Sosok Moon Maniac, Pembunuh Berantai Tersadis yang Dieksekusi 16 Januari 1936

BERIKUTNYA

2 Tim Esports Perempuan Indonesia Bakal Berlaga di Mobile Legends Women Invitational 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: