Ilustrai event Esports (Sumber gambar: Emanuel Ekstrom/Unsplash)

5 Event Esports Terbesar yang Digelar 2023, Dota TI hingga Valorant Champions Tour

08 January 2023   |   10:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype penyuka permainan video game, tentu tidak sabar menyambut 2023 dengan rangkaian pertandingan olahraga elektronik. Yup, setelah 2022 jadi tahun penuh dengan keseruan kompetisi, sepanjang tahun ini juga akan berlangsung banyak event esports terbesar dan paling ditunggu loh Genhype.

Pada tahun lalu, Indonesia juga menjadi sejarah dan saksi atas gelaran event esports kelas dunia yaitu IESF 14th World Esports Championship di Bali. Nah tahun ini, Indonesia juga didapuk sebagai tuan rumah dari gelaran Dota Pro Circuit, salah satu turnamen penting untuk membuktikan siapa yang melaju ke event Dota yang lebih besar yaitu The International 2023 nanti.

Untuk informasi lebih lengkap, yuk cek beberapa rangkaian acara esports terbesar yang akan hadir selama 2023 dalam ulasan berikut ini. 

Baca jugaAsyik, Bali Resmi Jadi Salah Satu Lokasi Turnamen Major Dota Pro Circuit 2023


1. M4 World Championship

Awal tahun baru langsung dibuka dengan turnamen dari gim Mobile Legends: Bang Bang tingkat internasional nih Genhype. M4 World Championship berlangsung di Jakarta pada 1-15 Junuari 2023, mempertemukan 16 tim esports dari seluruh dunia. Bisa dikatakan jika M4 World Championship ini jadi perebutan gelar paling bergengsi untuk para pemain profesional gim tersebut. 


2. The International 2023

Yup, setelah sukses dengan gelaran The International 2022, tahun ini Valve kembali mempertandingkan olahraga elektronik dari game Dota dengan format 18 tim, dimulai dari group stage hingga double elimination nanti. Sebanyak 12 tim di antaranya diambil dari kualifikasi pemenang Dota Pro Circuit, yang salah satunya akan berlangsung di Bali. Akan ada enam regional kualifikasi yakni Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa Barat, Eropa Tiimur, dan China & Asia Tenggara.


3. Valorant Champions Tour 2023

Ajang bergengsi selanjutnya datang dari gim Valorant. Riot Games mengumumkan tahun ini akan menjadi turnamen resmi ketiganya. Valorant Championship Tour 2023 akan berlangsung dalam berbagai turnamen mulai dari Valorant Challengers dan VCT 2023 di beberapa regional kualifikasi seperti Korea Selatan, Brasil, Turki, Indonesia, Italia, Thailand, dan masih banyak lagi. 


4. DreamHack 2023

DreamHack juga termasuk salah satu event terbesar yang paling dinantikan oleh kalangan gamers. Festival untuk pencinta gim ini akan berlangsung di 7 negara dengan 9 kota utama, di antaranya San Diego, Chiba, Melbourne, Valencia, dan lainnya mulai 7 April 2023. Menjadi sebuah acara komunitas gamers di dunia, DreamHack akan menyajikan festival yang memungkinkan para pemain gim mengeksplorasi arena dan terhubung langsung dengan penyuka gim di seluruh dunia.


5. IESF 15th World Esports Championship

Federasi Esports internasional, IESF menunjuk Romania sebagai tuan rumah dari gelaran IESF 15th World Esports Championship selanjutnya. Ajang ini akan mempertandingan tim esports dengan berbagai judul gim pilihan seperti Tekken, Dota 2, hingga Mobile Legends: Bang Bang. IESF juga membuka divisi untuk tim esports perempuan yang mewakili negara masing-masing. 

Baca juga10 Tim Esports Terpopuler di Dunia 2022: Ada EVOS, ONIC & RRQ dari Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Didominasi Idol K-Pop Generasi 4, Cek Daftar Lengkap Pemenang Golden Disk Award 2023

BERIKUTNYA

4 Game Rilis Januari 2023 yang Wajib Kalian Punya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: