Contoh outfit saat berkunjung ke Eropa. (Sumber gambar : Freepik)

10 Outfit Wajib Saat Traveling ke Negara Bersalju

15 January 2023   |   14:38 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Awal tahun menjadi waktu favorit untuk berwisata bersama keluarga atau orang tercinta. Tidak sedikit yang memilih untuk berlibur ke wilayah musim dingin seperti Eropa Amerika, dan Asia Timur. Selain melepas penat untuk mengisi energi baru, para pelancong ingin mendapatkan pengalaman traveling dengan bermain salju yang tidak bisa ditemui di Indonesia. 

Kendati demikian, melancong pada musim dingin tidak bisa asal ya, Genhype. Terutama jika kamu selama ini hidup di negara tropis yang selalu disinari matahari sepanjang tahun. Perlu persiapan matang sebelum berangkat, termasuk dalam pemilihan outfit atau pakaian. Tentu saja, kamu tidak bisa hanya memakai kaos oblong atau celana pendek sekalipun berada di tengah kota. Bisa-bisa tubuh kamu membeku terpapar udara dingin. 

Nah, buat Genhype yang sudah menjadwalkan libur ke negara musim dingin di awal tahun, berikut outfit yang perlu kamu siapkan.

Baca jugaIni Wisata Bersalju Terbaik di Dunia, Yuk Simak
 

1. Lapisan Dasar

Ini adalah pakaian yang bersentuhan langsung dengan tubuh untuk mempertahankan suhunya. Pilih pakaian dalam termal atau long jhon  yang bisa menahan panas tubuh di tengah cuaca dingin. Pakaian dalam termal juga bisa memindahkan keringat tubuh ke luar atau ke lapisan kedua, tetapi menjaganya tetap kering bahkan saat seharian dipakai. Pilih bahan yang elastis dan pas di badan ya. 


2. T-Shirts Lengan Panjang atau Pendek

Setelah pakaian dalam termal, kenakan t-shirt terutama sebagai lapisan atas berikutya. Pilih bahan yang lembut, ringan, mudah kering, dan nyaman seperti fleeceFleece merupakan imitasi bahan wol karena tekstur bahan yang hampir mirip namun lebih ringan. Selain bisa menyerap keringat, bahan ini sekaligus menahan panas tubuh dan menghalau udara dingin menyentuh langsung ke kulit. Kaus dengan bahan ini juga ringkas dan mudah dilipat. 


3. Mantel dan Jaket

Item ini penting untuk dibawa ke negara yang sedang mengalami musim dingin. Setidaknya kamu harus bawa 2 mantel atau jaket sebagai cadangan jika salah satunya basah terkena hujan salju.

Trench and teddy coats sangat bagus untuk tampilan yang bergaya, sementara jaket bulu angsa paling cocok untuk kamu yang tidak akan dingin. Namun demikian, pilih mantel atau jaket yang tahan air dan tahan angin ya.  


4. Jeans atau Bawahan Berlapis Wol 

Untuk perjalanan cuaca dingin di daerah perkotaan, siapkan celana atau legging, rok setengah panjang, dan celana ketat berlapis wol yang hangat. Jeans juga bagus untuk perjalanan musim dingin, meskipun tidak ideal jika dikenakan saat salju turun. 


5. Syal

Jika kamu bepergian ke puncak musim dingin, pastikan bawa satu atau dua syal ke dalam koper. Untuk diketahui, kepala, leher, tangan, dan kaki merupakan area yang paling cepat merasakan dingin. Oleh karena itu, syal menjadi opsi terbaik untuk menghangatkan tubuh terutama di area leher maupun kepala. 


6. Topi dan sarung tangan

Kamu bisa membawa topi wol atau yang memiliki bahan campuran wol ketika berkunjung ke negara musim dingin. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kepala menjadi salah satu area tubuh yang cepat merasakan udara dingin. Jadi, tutupi kepala kamu dengan topi berbahan wol tersebut ya.


7. Boots dan Sneakers

Untuk perjalanan cuaca dingin, pilih sepasang sepatu bot tahan air dan berwarna netral yang cocok digunakan dengan semua pakaian yang kamu bawa. Kamu juga bisa memakai sepatu boots kulit untuk cuaca bersalju. 

Pilihlah sepasang sepatu boots hiking dengan sol luar yang lebih kuat. Selain itu, bawa sepatu kets atau sepatu olahraga sebagai cadangan untuk dipakai saat salju tidak lagi turun atau ketika ingin berjalan di tengah kota. Jangan lupa bawa 4-5 pasang kaus kaki tebal.


8. Sarung tangan

Kemas sepasang atau dua pasang sarung tangan yang dapat dipakai pada siang hari. Sarung tangan wol tipis bekerja dengan baik di iklim sedang, sedangkan sepasang sarung tangan kulit cocok untuk tampil modis di cuaca yang sangat dingin.


9. Jas Hujan 

Jika kamu mengunjungi destinasi hujan di musim dingin, sebaiknya siapkan jas hujan berkualitas baik. Pilih jas hujan tebal yang bukan menghindari kamu dari salju yang meleleh di badan tetapi juga melindungi kamu dari hawa dingin.


10. Kacamata hitam 

Jika kamu bepergian ke tempat bersalju, bawalah kacamata hitam terpolarisasi untuk melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari. Matahari musim dingin duduk lebih rendah di langit, yang dapat merusak penglihatan kamu jika digabungkan dengan putihnya yang memantulkan cahaya.

Baca juga4 Inspirasi Outfit yang Kece Abis ala Aktor & Aktris Film & Serial

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Fakta Junk Sleep, Pola Tidur yang Buruk & Cara Mencegahnya 

BERIKUTNYA

Cara Reservasi & Daftar Anggota di Perpustakaan Umum Taman Ismail Marzuki Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: