Ilustrasi perpustakaan (sumber gambar Unsplash/Ryunosuke Kikuno)

Rekomendasi 5 Perpustakaan Estetik di Jakarta, Koleksinya Lengkap & Bikin Betah

17 October 2022   |   16:27 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Perpustakaan selalu identik dengan bangunan yang kaku dan membosankan. Tapi itu dulu, karena sekarang banyak perpustakan dengan desain yang unik dan bikin betah saat dikunjungi. Kini, pengelola perpustakaan berlomba-lomba menambah koleksi buku dan fasilitas agar banyak yang datang berkunjung dan gemar membaca.

Salah satu hal yang ditonjolkan adalah bentuk desain bangunannya yang estetik dan ruangannya yang nyaman. Hal ini bertujuan untuk menggaet anak-anak muda agar menjadikannya sebagai latar untuk berfoto. Nah, bagi yang sedang mencari lokasi membaca buku dengan suasana tenang tapi tetap bisa membuat feed menarik di media sosial, simak 5  perpustakaan estetik di Jakarta berikut ini, yuk! 

Baca juga: Menengok Perpustakaan Jakarta di Taman Ismail Marzuki, Tempat Baca yang Asyik & Berdesain Kekinian
 

1. Perpustakaan Goethe Institute

Perpustakaan pusat kebudayaan Jerman di Indonesia ini bisa jadi pilihan pertama tempat membaca buku atau mencari arsip dengan koleksi yang lengkap dan nyaman untuk dikunjungi. Berbeda dengan perpustakaan mainstrem di Jakarta, tempat ini tak hanya menghadirkan koleksi buku saja loh. Genhype juga bisa belajar melalui film, CD musik, board game, bahkan gim video.

Bagi yang ingin meminjam buku syaratnya pun cukup mudah. Kalian hanya perlu menyerahkan kartu identitas dan membayar biaya Rp50.000 untuk setahun. Tapi, keanggotaan ini hanya untuk masyarakat yang berdomisili di Jakarta.
 
 

2. Perpustakaan Erasmus Huis

Perpustakaan milik pusat kebudayaan Belanda ini juga memiliki atmosfer nyaman sekaligus hangat. Interiornya punya desain minimalis dengan aksen dominan putih. Tempat baca ini juga punya koleksi dan majalah hingga 22.000 unit, yang sebagian besar berbahasa belanda. Tapi jangan khawatir, di sini ada juga kok buku berbahasa Indonesia dan Inggris. 

Perpustakaan ini terbuka untuk umum dan gratis. Bila ingin mendaftar jadi anggota, biayanya berkisar antara Rp15.000-Rp60.000, tergantung status apa yang dipilih.
 
 

3. Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta

Perpustakaan ini hadir sebagai tampilan baru dari wajah Taman Ismail Marzuki dalam meningkatkan budaya literasi dengan koleksi 38.000 buku umum hingga anak-anak. Fasilitas di perpustakaan ini juga lengkap, seperti ruang multifungsi, ruang bermain, ruang baca privat, bilik cerita, ruang podcast, bahkan ruang ke-Jakarta-an yang identik dengan koleksi sejarah. 

Terletak di lantai 4-6 Gedung Panjang TIM, perpustakaan Jakarta hanya menerima 300 orang per harinya dengan jam operasional mulai pukul 09.00 WIB.
 
 

4. Perpustakaan Kemendikbud

Kementrian Kebudayaan juga memiliki perpustakan yang ciamik dengan koleksi buku mencapai 200.000 judul dari berbagai bentuk, baik digital maupun hardcover. Bukan hanya ruang baca, di sini juga ada berbagai fasilitas yang mendukung untuk menajamkan literasi. Mulai dari ruang teater mini, audio visual, koleksi anak, bahkan layanan fotokopi dan akses internet gratis.

Tak hanya itu, perpustakaan Kemendikbud juga menerapkan sistem canggih bernama SLiMS (Senayan Library Management System), yakni sistem automasi perpustakaan sumber terbuka (open source) berbasis web. 
 
 

5. Perpustakaan Nasional

Perpustakaan dengan konsep green building ini tentu jadi tempat favorit mahasiswa yang sedang mencari bahan penelitian atau arsip-arsip langka yang tidak ditemukan di tempat lain. Memiliki 27 lantai, Perpustakaan Nasional memiliki  koleksi buku langka, manuskrip Nusantara, lukisan, peta, rekaman suara, film, dan masih banyak lagi serta dapat diakses secara gratis. 

Di sini kalian juga bisa membaca buku sambil menikmati Jakarta dari ketinggian. Bila perut keroncongan, gedung ini juga memiliki kantin dengan berbagai menu yang menggugah selera serta harga terjangkau.
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Destinasi Seru Liburan ke Eropa

BERIKUTNYA

10 Potret Busana Artis di Academy Museum Gala 2022, Hailey Bieber & Selena Gomez Tampil Mengejutkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: