re-release poster Titanic (Sumber gambar: rilis/diiolah)

4 Fakta Menarik Film Titanic Versi Remaster yang Bakal Dirilis Ulang

11 January 2023   |   22:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kalian penggemar box office pasti mengenal film Titanic. Karya yang mendapatkan arahan dari sutradara James Cameron ini akan di-remaster dan ditayangkan ulang di bioskop pada Februari tahun ini sebagai bagian dari perayaan 25 tahun karya film drama percintaan itu dirilis pertama kali pada 1997.

Dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, versi remaster film pemenang multi-Academy Award itu diperankan oleh Leonardo Dicaprio dan Kate Winslet. Setelah dirilis, film tersebut mampu menjadi juara box office global dengan posisi pertama sepanjang masa, dan menjadi film terlaris ketiga di seluruh dunia. Tidak hanya itu, film ini juga tercatat telah memenangkan banyak penghargaan.

Baca jugaJames Cameron Siapkan Dokumenter Titanic, Patahkan Debat Soal Peluang Hidup Jack & Rose

Di ajang Academy Awards pada 1998 silam, Titanic mampu membawa pulang 11 Piala Oscar untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik, penyuntingan Film Terbaik, Penyutradaraan Seni - Penyutradaraan Set Terbaik, Desain Kostum Terbaik, Skor Drama Asli Terbaik, Lagu Asli Terbaik, Suara Terbaik, Efek Suara Terbaik, Pengeditan, dan Efek Visual Terbaik.

Sebelum menonton versi remaster Titanic, berikut sejumlah fakta yang perlu kalian ketahui dari berbagi sumber yang dirangkum Hypeabis.id.


1. Kualitas Gambar

Kalian yang pernah menonton Titanic yang rilis pada 1997 silam tentu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika menyaksikan versi remaster saat perilisan ulang di bioskop. Kondisi ini dapat terjadi lantaran remaster film ini adalah ke dalam kualitas 3D, 4K, HDR, dan high frame rate.

Dengan melalui proses remaster, kualitas gambar film yang memperoleh 126 penghargaan dan masuk dalam 83 nominasi itu akan lebih tajam jika dibandingkan dengan versi awal. Gambar yang tersaji akan terasa lebih tajam jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Titanic bukan film pertama yang mendapatkan remaster. Sejumlah film di dunia juga pernah melalui proses remaster.


2. Cerita Kemungkinan Sama

Berbeda dengan reboot atau remake, proses remaster cenderung tidak mengubah alur dan cerita film awal. Jadi, Genhype yang akan pernah menonton film Titanic versi pertama tentu tidak akan mendapatkan kejutan saat menonton versi remaster.

Sementara itu, film ini tentu akan membuat penonton terpana dengan cerita dan tentunya kualitas gambar dan suara yang tersedia bagi para pecinta film yang baru pertama kali menyaksikan kisah roman penuh penuh aksi ini.


3. Pendapatan Bertambah

Saat ini film Titanic adalah film terlaris ketiga sepanjang masa dengan perkiraan pendapatan kotor dari seluruh dunia sebesar US$2,2 miliar. Selisih pendapatan antara Titanic dengan Avengers: Endgame yang berada di posisi kedua adalah sebesar sekitar US$595,85 juta.

Sementara itu, selisih dengan film Avatar yang berada di peringkat pertama daftar film terlaris sepanjang masa adalah mencapai sekitar US$721,27 juta.

Dengan rilis ulang, maka perkiraan pendapatan film Titanic akan bertambah dari pendapatan yang diperoleh saat ini. Jika mampu memperoleh lebih dari US$800 juta, Titanic akan mengalahkan Avatar (2009) yang berada di puncak.


4. Empat kali perilisan ulang

Penayangan kembali film Titanic pada Februari 2023 bukan lah yang pertama kali. Film ini tercatat telah dirilis ulang dalam beberapa kali, yakni pada 2017, 2012, dan 2020.

Dari beberapa kali penayangan ulang, film ini pernah satu kali ditayangkan ulang dalam format 3D, yakni pada 2012. Kemudian, di antara seluruh penayangan, original release adalah yang memperoleh pendapatan terbesar, yakni US$1,84 miliar. Kemudian, rilis pada 2012 sebesar US$350,45 juta, 2017 sebesar US$7,65 juta, dan 2020 yang hanya US$71.352.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Hiatus 5 Tahun, Radiohead Bakal Reunian Awal 2023

BERIKUTNYA

Jakarta Fashion Trend 2023 Hadirkan Perpaduan Fesyen, Kosmetik & Nature

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: