Vokalis Radiohead, Thom Yorke. (Sumber gambar: Official Instagram)

Hiatus 5 Tahun, Radiohead Bakal Reunian Awal 2023

11 January 2023   |   17:53 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype penggemar lagu-lagu alternative rock ada kabar gembira nih buat kalian. Pasalnya grup band legendaris Radiohead bakal comeback setelah lima tahun vakum dan tidak mengeluarkan karya baru. Drumer Phil Selway mengonfirmasi band asal Inggris itu akan segera berkumpul tahun ini.

Radiohead terakhir kali mengeluarkan album studio bertajuk Moon Shaped Pool pada 2016. Sementara konser tur terakhir mereka terakhir kali terjadi pada 2018. Meski grup ini sempat merilis ulang album Kid A dan Amnesiac pada 2021, tapi Radiohead belum juga menunjukkan kabar akan turun kembali menyapa penggemar.

Baca juga: Band Indie Men I Trust Sapa Penggemar Indonesia Maret 2023

Sementara itu, pada 2023 kali ini juga akan menandai dua dekade LP 'Hail To The Thief' mereka. Dari sinilah Selway berbicara dengan Spin tentang rencana band tersebut dan apakah mereka akan merayakan album itu dengan edisi ulang tahunnya yang keduapuluh kali ini.

Menurutnya setelah mereka fokus menggarap ulang keseluruhan album Kid A/Amnesiac, dia pun sampai pada sebuah kesimpulan. Yaitu bersama personel lainnya akan kembali membuat penerbitan ulang karya Hail To The Thief serta menciptakan skenario komposisi musik baru yang sedang dipikirkan.

"Kami akan berkumpul di awal [2023], dan saya yakin kita akan mulai mencari ide lain untuk apa yang akan terjadi selanjutnya. 'Hail To The Thief' - sudah lama sejak rekaman itu, bukan," papar Phil Selway dikutip dari laman NME.

Pada musim panas lalu, gitaris Radiohead, Ed O’Brien, juga sempat membahas masa depan band tersebut dan mengatakan ada kemungkinan berkumpulnya 5 personel grup band legendari itu bakal segera terjadi “Itu mungkin terjadi, tetapi hal lainnya adalah… kemungkinan tidak. Dan apakah itu penting?," paparnya sambil bercanda.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Radiohead (@radiohead)


Sejak album terakhir mereka, sang vokalis, Thom Yorke dan Jonny Greenwood gitaris, bersama drummer Sons of Kemet Tom Skinner, juga telah membentuk band baru bernama The Smile. Tiga sejoli itu juga telah merilis album debut mereka, yakni A Light For Attracting Attention musim panas lalu dan berangkat ke tur 2022 yang cukup ramai.

Radiohead dibentuk pada 1985 dari anak-anak muda yang bersekolah di Abingdon School, Oxfordshire, Inggris. Pada awal dibentuk band ini bernama On a Friday yang diambil dari jadwal latihan mereka di setiap hari Jumat di sekolah. Dekade 1990-an band ini kemudian diganti menjadi Radiohead bertepatan dengan saat mereka dikontrak label rekaman EMI.

Lebih dari tiga dekade melanglang di Industri musik dunia, Radiohead setidaknya telah mengeluarkan lebih dari sembilan album yang fenomenal. Bahkan lima album Radiohead juga telah dinominasikan untuk Mercury Prize, yang membuat band tersebut menjadi artis yang paling banyak dinominasikan dalam sejarah penghargaan bergengsi itu. 

Beberapa album terkenalnya adalah, Pablo Honey (1993), The Bends (195), Ok Computer (1997), Kid A (2000), dan In Rainbows (2007). Adapun, beberapa hit yang terkenal dari album itu adalah Creep, No Surprises, Thinking About You, High and Dry, dan Lift.  

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Berharga Fantastis, Intip Ragam Koleksi Fashion Louis Vuitton x Yayoi Kusama

BERIKUTNYA

4 Fakta Menarik Film Titanic Versi Remaster yang Bakal Dirilis Ulang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: