Ilustrasi Windows (Sumber gambar: Unsplash/Windows)

Microsoft Hentikan Dukungan Layanan Windows 7 dan 8 Per Hari Ini

10 January 2023   |   19:32 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Microsoft mengumumkan penghentian dukungan untuk layanan Windows 7 dan Windows 8 per 10 Januari 2023. Artinya, per hari ini Microsoft sudah tidak memberi dukungan dalam hal teknis dan pembaruan untuk dua layanan tersebut.

Dilansir dari situs Microsoft, terhentinya dukungan tersebut bukan berarti komputer dengan sistem layanan Windosw 7 dan 8 tidak bisa digunakan. Komputernya masih bisa digunakan seperti biasa, tetapi Microsoft tidak bisamenjamin soal keamanan dan kesesuaian perangkat lunak.

Microsoft pun menyarankan agar pengguna Windows 7 dan 8 segera melakukan pemutakhiran Windows yang lebih baru khususnya Windows 11 sebagai layanan operasi terbaru.

Baca juga: Begini Cara Menunda & Menonaktifkan Update Windows 11 

“Microsoft tidak akan menawarkan program Pembaruan Keamanan Diperpanjang (ESU) untuk Windows 8.1. Terus menggunakan Windows 8.1 setelah 10 Januari 2023 dapat meningkatkan paparan organisasi terhadap risiko keamanan atau memengaruhi kemampuannya untuk memenuhi kewajiban kepatuhan,” tulis pernyataan Microsoft.

Artinya meski pengguna masih bisa menggunakan layanan Windows 7 dan 8, Microsoft memberi peringatan jika PC kamu akan lebih berisiko lebih besar untuk terkena virus dan malware. Micorsoft menyarankan untuk menggunakan Windows 11 yang diklaim lebih aman mencakup perlindungan internet dari anti virus, firewall, dan lainnya.

Selain itu, pengguna yang masih menggunakan Windows 7 dan 8 juga tidak bisa melakukan pembelian aplikasi baru lagi setelah 10 Januari 2023. Namun aplikasi lain yang sudah terunduh sebelum tanggal tersebut masih bisa dijalankan. Karena pembaruan Windows 7 dan 8 ini tidak tersedia, maka kemungkinan kualitas dan kegunaan aplikasinya juga mengalami penurunan.

Berhentinya layanan dari Windosw 7 dan 8 ini juga sekaligus menandai rilisnya Microsoft Edge versi 109 yang mendukung sistem operasi layanan lama. Sebagaimana dikutip dari Microsoft, Microsoft Edge versi 109 nini rencananaya akan dirilis pada 12 Januari 2023 yang merupakan versi browser terakhir yang dapat mendukung Windows 7 , Windows 8, dan Windows 8.1.

Untuk tetap terdukung dengan sistem operasi Windows, Microsoft merekomendasikan penggunanya membeli PC baru dan langsung mengguankan sistem operasi Windows 11. Pertimbangan untuk membeli komputer baru tersebut dikarenakan teknologi komputer yang diperkirakan sudah usang dan berusia sekitar 10 tahun.

Windows terbaru hadir dengan perangkat lunak dan perangkat keras yang lebih inovatif dan mendukung kebutuhan pengguna saat ini. Misalnya, teknologi kemanan dengan pengenalan wajah dan sidik jari yang lebih kompatibel dan aman untuk komputer pribadi. Ada juga fitur lebih mutakhir untuk perlindungan internet dan firewall.

Sebelumnya, Microsoft memang sudah mengingtkan penggunanya tentang perhentian dukungan untuk Windows 7 pada 2020 lalu. Namun dukungan tersebut diperpanjang hingga akhirnya resmi berakhir bersama dengan Windows 8 per hari ini. Selamat tinggal Windows 7 dan Windows 8.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Perhatikan Kekurangan dan Kelebihan Berinvestasi ORI, Salah Satunya Enggak Cocok untuk Jangka Pendek

BERIKUTNYA

Aktor Choi Hyun Wook Dilaporkan bakal Bermain di Serial Deserter Pursuit Musim Kedua

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: