Poster iklan minum kopi (Sumber gambar: Pexels/ Iselene Kei Borromeo Marzan)

Syarat Membuat Poster, dari Warna hingga Gambar

09 January 2023   |   19:42 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada berbagai cara bagi kalian yang ingin menyebarkan pesan kepada banyak orang atau masyarakat. Salah satunya adalah dengan menggunakan media poster yang ditempelkan di sejumlah tempat umum atau pusat keramaian.

Agar pesan yang ada di dalam poster sampai kepada masyarakat, ada sejumlah cara yang harus diperhatikan.

Baca juga: Profil Henri de Toulouse-Lautrec, Ahli Gambar & Pelukis Poster Legendaris Prancis

Berdasarkan laman Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), poster adalah karya seni yang memuat unsur huruf dan gambar yang biasanya berisi sebuah pengumuman atau iklan.

Ketika membuat sebuah poster, kalian tidak bisa sembarang menempatkan huruf dan gambar. Genhype harus memenuhi sejumlah syarat agar poster menarik masyarakat dan pesan, yang ada di dalamnya sampai sesuai dengan yang diinginkan.

Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut syarat dalam membuat poster yang harus dipenuhi agar menarik dan membuat pesan sampai.


Warna

Kalian tidak dapat memasukkan sembarang warna ke dalam poster yang akan disebar, termasuk pada warna yang disuka tanpa mempertimbangkan faktor lainnya.

Warna yang harus ada di dalam poster adalah yang mudah ditangkap oleh mata di tempat keramaian, yang mungkin tidak akan pernah memperhatikan poster dan sibuk dengan aktivitas sendiri.

Selain itu, warna poster yang tersemat juga dapat disesuaikan dengan tujuan dari poster yang akan disebarkan oleh kalian. Apakah untuk iklan, layanan masyarakat, atau sebagainya.


Huruf

Selain warna, jenis huruf adalah elemen yang perlu menjadi perhatian bagi para pembuat poster. Hal ini penting agar poster menjadi menarik dan pesan yang terkandung sampai ke khalayak umum.

Jenis huruf yang dapat menjadi pilihan adalah tipe huruf yang dapat dengan mudah dibaca oleh masyarakat. Tidak hanya itu, jenis huruf yang digunakan juga harus sesuai dengan karakteristik dari pesan yang ingin disampaikan.

Selain jenis, ukuran huruf dalam poster yang akan dituliskan juga perlu menjadi perhatian bagi para pembuat poster.


Kalimat Singkat & Jelas

Syarat lainnya yang perlu menjadi perhatian dalam membuat poster adalah kalimat yang digunakan. Kalimat di dalam poster haruslah singkat lantaran sangat kecil kemungkinan orang-orang di tempat keramaian atau pun di jalan berhenti berlama-lama hanya untuk membaca poster.

Jadi, buat kalimat poster yang singkat. Namun, tetap dapat dipahami oleh masyarakat yang lewat dalam beberapa detik saja. Jangan sampai kalimat yang berada di dalam poster membuat orang yang membaca menjadi bingung karena memiliki arti ambigu.  


Gambar

Syarat penting lainnya dalam membuat poster agar dapat menarik perhatian adalah gambar. Tidak bisa dipungkiri bahwa gambar dapat menjadi senjata bagi pembuat poster untuk menarik masyarakat untuk datang dan melihat poster yang dibuat. Jadi, selain kalimat yang jelas, jenis dan ukuran huruf, serta warna, jangan lupakan untuk menyematkan gambar di dalam poster yang akan dibuat.

Baca juga: Desain Poster Lawas Top's Collection Kembali Naik Daun

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

4 Ide Lauk yang Mudah Dimasak dan Ramah di Kantong Buat Anak Kos

BERIKUTNYA

Cek 4 Game Strategi yang Seru Buat Main Bareng Teman!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: