Salah satu adegan dalam film Avatar : The Way of Water (Sumber gambar : tangkapan layar laman IMDb /diolah)

Avatar: The Way of Water Menjadi Film Terlaris Sepanjang 2022

08 January 2023   |   19:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film Avatar: The Way of Water berhasil mengalahkan film Top Gun: Maverick, dan menjadi yang terlaris sepanjang 2022. Film yang mendapatkan arahan dari sutradara James Cameron itu berhasil meraih US$1,558 miliar atau Rp24,2 triliun (asumsi Rp15.531,95 per US$).

Berdasarkan laman Box Office Mojo, saat ini, pendapatan Avatar: The Way of Water lebih tinggi sekitar US$69 juta dari film Top Gun: Maverick yang memiliki pendapatan sebesar US$1,488 miliar.

Baca juga: Pendapatan Avatar: The Way of Water Diyakini Akan Melampaui Top Gun: Maverick

Avatar : The Way of Water hanya membutuhkan waktu 24 hari atau 3 minggu untuk menggeser film Top Gun: Maverick yang bertengger di puncak daftar Box Office Worldwide 2022.

Film ini mampu mengalahkan Top Gun: Maverick lantaran mampu menarik pasar internasional meskipun pasar domestik tidak terlalu besar. Tercatat, kontribusi terbesar pendapatan film Avatar: The Way of Water berasal dari pasar internasional, yakni sebesar 69 persen atau sekitar US$1,075 miliar.

Sejumlah pasar internasional seperti China, Prancis, dan Inggris mampu memberikan pendapatan berkisar antara puluhan sampai dengan ratusan juta. China adalah negara pemberi kontribusi terbesar dari pasar internasional dengan penjualan tiket sekitar US$169 juta.

Dominasi pendapatan pasar internasional terhadap total pemasukan film Avatar: The Way of Water tidak jauh berbeda dengan kinerja Avatar yang rilis pada 13 tahun silam.

Box Office Mojo mencatatkan bahwa Avatar (2009) juga mampu menarik pasar internasional. Saat itu, penjualan tiket film Avatar di pasar Internasional mencapai US$1,993 miliar. Sementara itu, pendapatan dari pasar Amerika Serikat atau pasar domestik hanya mencapai US$749,77 juta. Secara keseluruhan, penjualan original release Avatar mencapai US$2,74 miliar.

Avatar : The Way of Water menjadi film yang paling ditunggu-tunggu kemunculannya setelah dirilis pertama kali pada 2009 tersebut. Banyak pencinta film penasaran dengan kelanjutan dan teknologi yang digunakan dalam film bergenre  action, adventure, fantasy, dan sci-fi tersebut.

Untuk diketahui, sebelumnya, pengamat film Yan Widjaya menilai bahwa pendapatan film Avatar : The Way of Water dapat melampaui film Top Gun: Maverick dan Avatar (2009). Menurutnya, para pencinta film menonton Avatar : The Way of Water lantaran penasaran dengan cerita lanjutan dari Avatar, serta efek atau teknologi yang digunakan dalam film ini. "Rasa penasaran itu, akan berlanjut sampai dengan part selanjutnya," katanya. 

Sampai saat ini, dalam data Box Office Mojo, Avatar menjadi film dengan pendapatan terbesar sepanjang masa. Avatar mengungugguli film seperti Avengers: Endgame yang rilis pada 2019.

Pada Saat itu, film Avengers: Endgame memiliki perkiraan pendapatan kotor secara keseluruhan mencapai US$2,797 miliar. Sementara di posisi ketiga ditempati oleh Titanic yang rilis pda 1997 dengan total pendapatan sebesar US$2,2 miliar.

Di posisi 4, 5, 6, 7, dan 8 masing-masing diduduki oleh Star Wars: Episode VII – The Force Awakens (2015), Avengers: Infinity War (2018), Spider-Man: No Way Home (2021), Jurassic World (2015), dan The Lion King (2019).

Film Avatar: The Way of Water menjadi film terlaris sepanjang masa kesembilan dalam daftar Box Office untuk sementara. Film ini mampu mengalahkan The Avengers (2012) di posisi kesepuluh dan Furious 7 (2015) di posisi ke-11.

Baca juga: Animasi Avatar Siap Tayang 2025, Animator Sempat Senggol Avatar Versi James Cameron

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cara Mengatur Proxy WhatsApp di Smartphone, Tak Perlu Takut Kehabisan Kuota Saat Kirim Chat

BERIKUTNYA

Resep Kue Lapis Legit yang Manis dan  Mengenyangkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: