Treasure saat membawa pulang piala penghargaan Golden Disk Award 2023 (Sumber gambar : Twitter/GDA2023)

Didominasi Idol K-Pop Generasi 4, Cek Daftar Lengkap Pemenang Golden Disk Award 2023

08 January 2023   |   07:29 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Acara penghargaan bergengsi bagi musisi K-Pop Golden Disc Awards (GDA) 2023 baru saja rampung. Pada edisi ke-37 yang berlangsung di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand ini, pemenangnya didominasi boy group dan girl group Korea Selatan generasi keempat, lho Genhype

Untuk kategori Best Group, dimenangkan oleh Treasure, grup pria asuhan YG Entertainment. Grup ini memang menjadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir. 

Kendati ditinggalkan dua membernya yakni Ye Dam dan Mashiho, pada tahun lalu, mereka tetap eksis. Lagu-lagunya yang easy listening dengan bit yang membuat semangat pun menarik perhatian para penggemar musik K-Pop.

Treasure juga memberi penampilan terbaik pada saat GDA. Begitu pula ENHYPEN dari BigHit Entertainment dan WeDemBoyz, kru dance jebolan program Street Man Fighter. 

Baca jugaDaftar Lengkap Pemenang MBC Entertainment Awards 2022

Idol generasi keempat berikutnya yang mendapatkan penghargaan dalam GDA 2023 yakni IVE. Grup wanita asuhan Starship Entertainment itu memenangkan Song Of The Year Daesang alias hadiah utama di GDA 2023 untuk lagu viral mereka Love Dive.

Selain itu, girl group tersebut juga membawa pulang piala Best Rookie Artist bersama dengan kelompok idola generasi keempat lainnya, NewJeans dan Le Sserafim sebagai Artis Rookie Terbaik tahun ini.

IVE dan NewJeans juga membawa piala Best Digital Song. Dalam kategori ini, pemenang lainnya adalah Lim Young Woong, (G)-IDLE, Jay Park, Psy, and Kim Minseok.

Pada kategori Most Popular Artist, piala diserahkan kepada Stray Kids. Grup yang digawangi Bang Chan sebagai leader ini telah membuat banyak sejarah Billboard pada 2022. Penyanyi Tomboy, (G)-IDLE juga memenangkan penghargaan dalam kategori ini.

Stray Kids turut membawa pulang piala Best Album (Bonsang/Main Prize) bersama BTS, NCT 127, NCT Dream, Seventeen, Blackpink, dan Enhypen. Adapun Best R&B/HipHop Award dimenangkan rapper kelahiran 2 Juni 2003, Song Dong-hyeon yang terkenal dengan nama panggung Big Naughty.

Selanjutnya, beberapa kategori dibawa pulang artis K-Pop generasi 2 dan 3. Psy, solois yang berasal dari generasi ke-2 mendapat penghargaan sebagai Artist of The Year. Lagunya duetnya bersama Suga BTS, That That, meledak di pasaran.

Selain itu, ada BTS, musisi yang menjadi langganan penerima penghargaan. Artis K-Pop global ini memenangkan Album Of The Year Daesang untuk album mereka sebelum hiatus, Proof. Member BTS J-hope turut membawa pulang piala penghargaan Thai Fans Support With Baoji di GDA 2023.

Grup K-Pop generasi ketiga, Seventeen memenangi Best Thai K-Pop Artist untuk pengaruh besar mereka di negara tersebut. Grup beranggotakan 13 orang ini juga membawa pulang piala Best Performance Award di GDA 2023. 

Seventeen diketahui memiliki beberapa lagu yang hits sejak awal debut. Pada 2022, single EP mereka dari album Face The Sun, Hot sangat disukai para penggemar musik K-Pop dan memenangkan beragam penghargaan. 

Untuk kategori Best Solo Artist, penghargaan diberikan kepada Younha and BE’O. Sementara penghargaan Best Producer jatuh kepada Seo Hyun Joo, PD dari Starship Entertainment.

Baca jugaMembanggakan, Lyodra Ginting Berhasil Sabet Penghargaan Asia Artist Award 2022

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

5 Lokasi Pre-Wedding Ciamik di Sentul

BERIKUTNYA

5 Event Esports Terbesar yang Digelar 2023, Dota TI hingga Valorant Champions Tour

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: