permainan yoyo memilki banyak manfaat, beberapa di antaranya adalah melatih ketangkasan hingga konsentrasi otak. (sumber gambar Pexels)

Melatih Konsentrasi & Ketangkasan, Begini Teknik Bermain Yoyo Untuk Pemula

07 January 2023   |   15:35 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan permainan latto-latto yang viral dan banyak dimainkan orang tua maupun anak-anak di Indonesia. Latto-latto sendiri bukanlah permainan baru, popularitasnya juga sempat booming pada era 90-an beriringan dengan permainan yoyo yang sempat digemari masyarakat.

Sepintas, dua jenis permainan itu memang mirip karena menggunakan tali sebagai medium untuk mengikat benda yang dimainkan dengan tangan. Tapi, jika yoyo dimainkan dengan cara dilontarkan, maka latto-latto dimainkan dengan mengadu bola secara berirama sehingga terdengar bunyi yang ritmis.

Baca juga: 5 Tip Bermain Cello Otodidak agar Cepat Mahir untuk Pemula

Nah, bagi Genhype yang sudah bosan atau terganggu dengan bunyi latto-latto yang sekarang hampir bisa didengar di setiap tempat, sebenarnya bisa juga loh beralih sejenak dengan mencoba bermain yoyo. Sebab, permainan  tersebut juga memiliki banyak manfaat, beberapa di antaranya adalah melatih ketangkasan hingga konsentrasi otak.

Sebagai salah satu jenis permainan tradisional tertua di dunia, yoyo pun terus mengalami transformasi, terutama dari penggunaan bahan hingga trik yang digunakan oleh para pemain. Daripada penasaran, berikut tip dan trik yang bisa dijadikan panduan untuk bermain yoyo.


1. Masukkan lingkaran ujung tali pada jari tengah

Penggunaan jari tengah untuk pengait tali yoyo berfungsi untuk memudahkan kalian dalam mengontrol gerak yoyo. Meski kamu bisa menggunakan jari manis atau telunjuk, tapi koordinasi permainan  tersebut bakal lebih sulit karena posisinya tidak berada di tengah dan bakal menyulitkan saat menggerakkan yoyo.

Tak hanya itu, Sebaiknya belitkan lingkaran ujung yoyo pada sendi jari pertama yang terletak di bagian paling pangkal. Selain mengantisipasi tali terlepas, dengan menautkan tali di ujung sendi juga akan lebih mudah dalam menggerakkan yoyo.


2. Cek dan lilitkan tali ke poros penggerak yoyo

Sebelum memainkan yoyo kamu juga harus mengecek tali yang ditautkan di antara dua cakram yang berfungsi sebagai poros tempat berputarnya yoyo saat dimainkan. Belitkan tali dengan baik dan teliti, usahakan juga agar tidak terlalu kencang atau kendor. Sehingga saat dimainkan yoyo dapat berputar dengan sempurna.


3. Lontarkan yoyo dengan mantap

Melontarkan yoyo juga tidak dapat dilakukan sembarangan. Kamu perlu teknik khusus dan rasa percaya diri untuk mendapatkan putaran yoyo yang bagus. Caranya adalah dengan memegang cakram yoyo dengan telapak tangan. Setelahnya kamu bisa menekukkan lengan dan melontarkan yoyo dengan gerakan jari-jari membuka yang dipanjangkan.

Lakukan teknik melontarkan yoyo tersebut hingga siku tangan membentuk sudut 90 derajat. Jika daya pegas yang kalian gunakan tepat, maka yoyo dapat berputar dengan sempurna. Tapi, jika lemparan belum berhasil, jangan menyerah untuk mencoba mengulanginya lagi.


4. Buat hentakan untuk mengambil yoyo

Yoyo yang kamu mainkan juga dapat diambil kembali ke genggaman tangan dengan melakukan hentakan ketika tali yoyo sudah terulur maksimal dan cakram berputar sempurna. Tapi, jangan lakukan hentakan dengan kasar. Lakukanlah hentakan dengan halus tetapi tajam sehingga yoyo dapat kembali sendiri ke tangan Genhype dengan mantap.


5. Ulangi semua proses hingga mahir

Kamu juga tidak perlu khawatir jika gagal dalam percobaan pertama. Tetaplah fokus untuk terus  mencoba lagi dan lagi. ulangi terus sampai Genhype  benar-benar mahir dalam melontarkan yoyo baik ke arah bawah, samping, atau depan.

Baca juga: Sejarah Permainan Latto-latto yang Kini Viral di Medsos

Tak hanya itu, seiring dengan teknik teknik dasar tersebut, kamu juga bisa mengkombinasikan berbagai trik seperti memutar tali di bagian tengah atau menciptakan kreasi lain sesuai keinginan kalian. Trik tersebut tentu akan semakin mudah dipraktikkan jika sudah mengenali irama, kecepatan yoyo, dan posisi tangan yang baik.

Jadi, selamat mencoba Genhype.

Editor: Fajar Sidik


 

SEBELUMNYA

Intip Keindahan & Harga Tiket Masuk Wisata Cimincul di Subang yang Lagi Viral di Medsos

BERIKUTNYA

5 Fakta Unik Menara Saidah Jakarta, Gedung Mewah yang Disebut Angker

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: